Apa yang selama ini ada dalam benakmu mengenai sebuah titel berjuluk Ibu Rumah Tangga? Terbesit bayangan seorang wanita yang telah menjadi istri dan ibu, bekerja di rumah, berpakaian lusuh dan banyak berkutat di dapur.

Pasti membosankan jika membayangkan mereka yang pekerjaannya setiap hari menyuapi anak, mencuci baju, memasak, membersihkan rumah, dan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh pembantu rumah tangga.

Lalu kemudian banyak cemoohan datang pada para wanita yang telah sekolah tinggi dan mendapat gelar sarjana bahkan master ataupun doctor memilih tak bekerja di kantoran atau tak berkarier demi fokus di rumah sebagai ibu rumah tangga.

Cemoohan yang datang antara lain karena sayang sekali sekolah tinggi-tinggi kemudian hanya bekerja mengurus rumah, atau pekerjaan ibu rumah tangga tak pantas untuk wanita cerdas di masa modern sekarang.

Hmm, padahal jika banyak orang tahu tentang fakta mengenai sosok seorang ibu rumah tangga sejati, maka siapapun termasuk kamu pasti akan sangat hormat pada mereka, karena pekerjaan ini jauh lebih mulia dibanding pekerjaan apapun.

Bangun Paling Pagi Tidur Paling Malam

bangun-tidur
www.wovgo.com

Seorang ibu rumah tangga sejati adalah dia yang selalu memastikan keluarganya berkecukupan terhadap segala kebutuhan rumah dan persiapan untuk bekerja atau beraktivitas di luar rumah.

Sehingga ketika semua masih tertidur dengan nyaman, seorang ibu rumah tangga akan berusaha bangun lebih awal untuk melakukan pekerjaan rumah sebelum memulai aktivitasnya di luar rumah.

Dia akan memasak, mencuci baju, membersihkan rumah, dan mempersiapkan kebutuhan suami dan anak-anaknya untuk aktivitas harian mereka. Dan setelah itu baru dia akan tenang memenuhi kebutuhannya sendiri seperti mandi atau berdandan.

Dan pada malam hari, ibu rumah tangga tak akan tidur sebelum suaminya pulang, tak akan tidur sebelum anak-anaknya tidur, tak akan tidur sebelum suaminya makan malam, dan tak akan tidur sebelum semua persiapan untuk keluarganya esok hari beres.

Hafal Seluruh Isi Rumah

12DCF3DA-8DC2-41DF-BBA8-5CAD9CC5EE2E_mw1024_n_s
mommiesdaily.com

Menjadi ibu rumah tangga berarti harus siap teliti, karena anak-anak masih belajar untuk mulai memahami apa yang menjadi kebutuhan mereka dan rata-rata para ayah atau suami kurang peka terhadap sekeliling bahkan kebutuhannya sendiri.

Maka jika kamu mau memperhatikan, pasti kamu akan kagum bagaimana seorang ibu bisa dengan mudah menemukan gunting yang sudah hampir satu jam dicari ayah, kemudian dengan tenang dia akan mengomeli ayah karena tidak teliti.

Tak hanya masalah barang-barang di rumah, namun para ibu rumah tangga sejati akan begitu hafal terhadap kebiasaan masing-masing anggota keluarganya. Dan saat akan bepergian maka ayah dan anak-anak akan tenang karena sang ibu sudah rapi mempersiapkan perlengkapannya.

Walau Sakit Tetap Memasak

Ibu-Jago-Masak,-Masih-Perlukah
www.ummi-online.com

Masalah memasak, bisa atau tidak bisa, enak atau tidak enak, seorang ibu rumah tangga tetap ingin melakukannya demi mengurangi kebiasaan jajan di luar suami dan anak-anaknya.

Mengapa demikian? Karena selain anggaran rumah tangga bisa membengkak karena terlalu sering jajan di luar, juga karena tak semua makanan di luar sehat untuk dikonsumsi.

Ketakutan dan kekhawatiran itu kemudian mendorong seorang ibu rumah tangga untuk selalu berusaha memasakkan makanan bagi suami dan anak-anaknya, walau dalam keadaan sibuk atau sakit sekalipun.

Maka jika sampai detik ini kamu masih beranggapan bahwa pekerjaan ibu rumah tangga itu ‘enggak banget’, segera buang jauh-jauh deh anggapan itu, karena anggapan itu salah dan kuno banget!