Kamu mungkin selama ini menganggap bahwa bos dan pemimpin itu sama, di mana bos adalah pemimpin dan pemimpin adalah bos. Tapi apakah benar demikian? Apakah bos itu selalu menjadi pemimpin dan pemimpin itu selalu jadi bos?

Ternyata eh ternyata, selama ini kita salah kaprah memahami beda antara bos dan pemimpin. Kalau pemimpin, ia lebih dekat kaitannya kepada sebuah peran yang diemban, sedangkan kalau bos lebih tepat jika dikategorikan kepada bentuk sifat seseorang. Sifat ini bisa dimiliki oleh pemimpin dan bisa dimiliki oleh seseorang yang tidak memiliki peran sebagai pemimpin.

Namun, sebagai sebenar-benarnya pemimpin, tentunya dia tidak boleh memimpin layaknya bos, tapi memimpinlah selayaknya pemimpin. Nah, daripada kamu semakin bingung dengan definisi antara bos dan pemimpin, mungkin lebih baik jika langsung kamu lihat saja perbedaan antara bos dan seorang pemimpin itu seperti apa.

Back

1. Bos Itu Seringkali Memanfaatkan Orang Lain, Sedangkan Pemimpin Memberdayakan Orang Lain

Jika kamu punya atasan yang suka memanfaatkan orang lain, misalnya saja menyuruh bawahannya melakukan A, B, C untuk kepentingan dirinya sendiri, maka sesungguhnya atasan kamu itu bukanlah seorang pemimpin, tapi bos.

Namun, jika kamu punya atasan yang suka menantangmu melakukan pekerjaan A, B, dan C dengan tujuan untuk melatihmu agar lebih terampil, maka atasanmu memiliki sifat seorang pemimpin. Di mana seorang pemimpin akan memberdayakan bawahannya agar lebih terampil dalam melakukan banyak pekerjaan.

yukbisnis.com
Back