youtube.com

Fakta Penting! Inilah Perbedaan Antara Bos dan Seorang Pemimpin

Posted on

Kamu mungkin selama ini menganggap bahwa bos dan pemimpin itu sama, di mana bos adalah pemimpin dan pemimpin adalah bos. Tapi apakah benar demikian? Apakah bos itu selalu menjadi pemimpin dan pemimpin itu selalu jadi bos?

Ternyata eh ternyata, selama ini kita salah kaprah memahami beda antara bos dan pemimpin. Kalau pemimpin, ia lebih dekat kaitannya kepada sebuah peran yang diemban, sedangkan kalau bos lebih tepat jika dikategorikan kepada bentuk sifat seseorang. Sifat ini bisa dimiliki oleh pemimpin dan bisa dimiliki oleh seseorang yang tidak memiliki peran sebagai pemimpin.

Namun, sebagai sebenar-benarnya pemimpin, tentunya dia tidak boleh memimpin layaknya bos, tapi memimpinlah selayaknya pemimpin. Nah, daripada kamu semakin bingung dengan definisi antara bos dan pemimpin, mungkin lebih baik jika langsung kamu lihat saja perbedaan antara bos dan seorang pemimpin itu seperti apa.

Bos Itu Seringkali Memanfaatkan Orang Lain, Sedangkan Pemimpin Memberdayakan Orang Lain

yukbisnis.com
yukbisnis.com

Jika kamu punya atasan yang suka memanfaatkan orang lain, misalnya saja menyuruh bawahannya melakukan A, B, C untuk kepentingan dirinya sendiri, maka sesungguhnya atasan kamu itu bukanlah seorang pemimpin, tapi bos.

Namun, jika kamu punya atasan yang suka menantangmu melakukan pekerjaan A, B, dan C dengan tujuan untuk melatihmu agar lebih terampil, maka atasanmu memiliki sifat seorang pemimpin. Di mana seorang pemimpin akan memberdayakan bawahannya agar lebih terampil dalam melakukan banyak pekerjaan.

Bos Itu Seringkali Menyalahkan Kegagalan, Sedangkan Pemimpin Memperbaiki Kegagalan

quotesgram.com
quotesgram.com

Ketika perusahaan mengalami kegagalan tertentu, dan atasanmu menyalahkan kamu atas kegagalan tersebut, maka sesungguhnya ia adalah bos. Berbeda jika dia berperan sebagai pemimpin. Jika ada kegagalan, seorang pemimpin akan mengajak kamu berdiskusi untuk mencari solusi dalam memperbaiki kegagalan.

Karena seorang pemimpin menyadari bahwa yang namanya kerja tim, kegagalan dan keberhasilan harus dirasakan dan ditanggung bersama-sama. Jika gagal, ya diperbaiki, dievaluasi, agar ke depannya tidak mengalami kegagalan yang serupa kembali.

Bos Itu Senangnya Memerintah, Sedangkan Pemimpin Senangnya Bertanya

simonstapleton.com
simonstapleton.com

Kalau kamu punya atasan yang senangnya memerintah, maka ia menempatkan dirinya sebagai bos. Bagaimana dengan seorang pemimpin? Nah, jika atasanmu berperan sebagai pemimpin yang sebenarnya pemimpin, maka ia akan memintamu melakukan sesuatu dengan bertanya sebelumnya.

Jadi, yang namanya pemimpin itu memiliki ciri suka bertanya. Bertanya sebelum memberikan tugas kepada bawahannya dan bertanya selama proses pengerjaannya, bertanya mengenai kendala dan bertanya mengenai pencapaian yang telah diraih.

Bos Selalu Bilang “Saya” Jika Berhasil Melakukan Sesuatu, Namun Pemimpin Selalu Bilang “Kita”

modernservantleader.com
modernservantleader.com

Nah, pada banyak keberhasilan yang dilakukan oleh tim, biasanya seorang atasan yang berlaku sebagai bos akan bilang bahwa ini adalah kerja saya, namun seorang pemimpin akan bilang bahwa keberhasilan ini adalah keberhasilan bersama-sama. Keberhasilan pemimpin dan keberhasilan semua anggota tim.

Jika Bos Senangnya Menyuruh Orang Melakukan Sesuatu, Maka Pemimpin Lebih Senang Mengajak Melakukan Sesuatu

yukbisnis.com
yukbisnis.com

Atasan yang berlaku sebagai bos akan menyuruh bawahannya melakukan sesuatu tanpa memberikan contoh. Namun anehnya, jika bawahannya salah mengerjakan apa yang ia perintahkan, maka ia akan memarahi bawahannya.

Nah, beda dengan atasan yang nge-bos, atasan  yang berlaku sebagai pemimpin akan mencontohkan apa yang harus dikerjakan, dan ia lebih senang mengajak orang melakukan sesuatu bersamanya, ketimbang menyuruhnya begitu saja.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *