Tujuh puluh tahun yang lalu kemerdekaan Indonesia di proklamirkan. Menyatakan diri sebagai negara merdeka. Tahukah kamu banyak hal-hal yang belum kita ketahui terkait proklamasi kemerdekaan Indonesia tujuh puluh tahun lalu?

Yang paling kita tahu adalah bapak proklamasi, Soekarno dan Hatta. Mungkin kamu juga pernah dengan soal bendera sang saka merah putih yang dijahit oleh Fatmawati, dan ternyata kain itu diambil dari tukang soto. Waw! Ternyata begitu.

Atau tentang Soekarno yang sedang sakit saat membacakan teks proklamasi. Soekarno dan Muhammad Hatta adalah dua tokoh legendaris di Indonesia. Nah, masih banyak fakta-fakta unik legendaris lainnya terkait proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Mau tau? Yuk simak,

1Djiaw Kie Siong

malesbanget.com

Kamu kenal? Pasti kamu ngerasa asing dengan nama tokoh yang satu ini. Tapi peristiwa Rengasdengklok tentu tau kan? Dimana Soekarno diculik oleh pemuda-pemuda yang sudah tidak sabar lagi ingin memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Nah, dirumah bapak Djiaw Kie Siong inilah mereka diinapkan bersama-sama dengan Fatmawati dan Guntur Soekarno Putra. Dirumah ini jugalah teks proklamasi dirumuskan. Dari tanggal 14 sampai 16 Agustus 19945.

Nama petani kecil keturunan Tionghoa ini lenyap begitu saja ditelan sejarah. Bahkan rumput yang bergoyang juga mungkin tak tahu jawabannya. Hehehe.

2Dr. Soeharto

histeriaid.com

Menjelang proklamasi, Soekarno dilanda sakit demam tinggi akibat malaria. Pagi hari jam 8 dokter kesayangan Soekarno yang bernama Soeharto memberinya obat chinineurethan intramusculair dan pil brom chinine.

Seperti biasanya, obat memang akan memberikan efek ngantuk. Jadilah Soekarno tertidur satu jam. Lalu jam 10 beliau memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Wah, makasih pak Harto. Yang juga berjasa dibalik kemerdekaan Indonesia dan ternyata juga yang akan meneruskan pemerintahan di era berikutnya.

3Joesoef Ronodipoero

malesbanget.com

Kamu tau, siapa dibalik rekaman suara Soekarno saat membacakan teks prolamasi? Yap! Dialah Joesoef Ronodipoero. Orang yang berperan penting dalam penyebaran informasi kemerdekaan melalui radio Hoso Kyoku.

Setelah menggunakan bahasa Indonesia seperti yang tertera di teks, langsung diterjemahkan ke bahasa Inggris supaya negara-negara tetangga bisa denger. Padahal radio itu dijaga oleh tentara Jepang loh.

Wah, Joesoef gentleman banget! Karena keberaniannya itu seluruh staff radio disiksa oleh tentara Jepang. Ternyata Joesoef adalah pendiri Radio Republik Indonesia. Yang sekarang kantornya ada disebrang Monas situ loh. Wah wah.

4Frans Mendur

malesbanget.com

Foto yang sering kamu lihat ini adalah foto dimana Soekarno membacakan teks proklamasi. Nggak mungkin ada foto kalau ngga ada fotografernya kan?

Yup! Frans Mendur ini adalah tokoh dibalik kamera yang mengabadikan momen berharga tersebut bersama abangnya Alex Mendur. Tentara Jepang memaksa frans untuk menyerahkan negatif foto tersebut. Tapi Frans ngeles. Hahaha. God job Frans!

5Tanda Tangan

malesbanget.com

Ada beberapa tokoh yang ikut hadir dalam proklamasi. Baik itu dari golongan tua dan muda. Seperti Ahmad Soebardjo , Soekarni, Sayuti Melik, Wikana, Chaerul Saleh.

Sebenernya, Hatta mengusulkan mereka hadir untuk turut menandatangani teks proklamasi. Tapi sayang, usulnya ditolak oleh Soekarni. Yah, begitulah hidup. Niat kadang tidak berbalas dengan kenyataan. Hiks, hiks.

6Mesin Tik

malesbanget.com

Anak 90an masih kenal dong sama istilah mesin tik. Sayuti Melik dikenal sebagai tokoh yang mengetik naskah proklamasi.

Nah, tau ngga sih kalau mesin ini didatangkan dari dari Kantor Kepala Perwakilan Angkatan Laut Jerman, Mayor (Laut) Dr. Hermann Kandeler. Lebih tepatnya pinjam tapi ngga bilang. Hohoho.

7Tong Sampah

nganarasa.com

Perjalanan naskah proklamasi ternyata ngga semulus yang kita bayangkan. Doi pernah mampir sebentar di tong sampah. Aduh! Tepatnya tong sampah dirumah Laksamana Maeda. Tapi langsung diamankan oleh wartawan B.M. Diah.

Diah adalah wartawan yang  selalu setia menemani Sayuti Melik dalam proses pengetikan naskah proklamasi. Sayuti mungkin berfikir naskah asli itu ngga penting, akhirnya naskah tersebut diamankan oleh B.M.Diah.

Pada tahun 1992 Diah menyerahkan naskah asli itu kepada pemerintah setelah ia simpan selama 46 tahun.

Gimana? Ternyata ada banyak hal yang masih belum kita tahu soal sejarah kemerdekaan Indonesia kan? Nah, itu tadi beberapa yang harus kamu tau. Yang tau lebih banyak dan mau berbagi boleh nambahin dikolom komentar ya.