Mungkin mendengar judul di atas, para netizen sudah membacanya dan berpikir yang nggak-nggak. Padahal bahasan tentang kesehatan alat reproduksi seperti sperma cukup penting, khususnya bagi kaum pria.

Selama ini banyak sekali mitos yang berkenaan dengan sperma. Entah dari mana datangnya yang pasti kebanyakan belum teruji secara klinis kebenarannya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan paparkan fakta sebenarnya dari sejumlah mitos tentang sperma. Berikut ulasannya.

1Seringnya Ejakulasi Akan Menurunkan Jumlah Sperma Pria?

youtube.com

Memang betul bahwa semakin sering ejakulasi akan semakin menurunkan volume sperma yang keluar. Namun itu tidaklah permanen, pada pria normal sperma akan terus diproduksi di dalam tubuh mereka dalam jumlah yang tak terbatas.

Menurut ahli endokrin reproduktif Carrie Wambach, M.D., dari Southern California Reproductive Center di Los Angeles, pria memang punya simpanan sperma.

Ibarat jika simpanan dikeluarkan terus maka simpanan akan menipis. Tapi setelahnya organ tubuh akan memproduksi kembali sperma dan mengisi simpanan itu.

2Suhu Bisa Mempengaruhi Jumlah Sperma Pria?

ngonoo.com

Kabar tentang suhu panas yang bisa mempengaruhi kesuburan sering kita dengar dari banyak orang. Kabar itu memang dibetulkan oleh urolog Harry Fisch, M.D, profesor terapi kesuburan di Weill Medical College of Cornell University.

“Jumlah sperma cenderung rendah di suhu panas dan tertinggi di suhu dingin,” ujarnya. Walaupun sebenarnya tidak langsung berkaitan pada kesuburan, tapi paling tidak jumlah sperma yang menurun akan berpengaruh pada kesuburan.

Yang dimaksud suhu panas di sini bukan hanya menyangkut cuaca tapi juga termasuk mendekatkan zat panas seperti memangku laptop atau mandi air panas.

Terutama pada berendam air panas, jika suhunya sampai 40 derajat bisa menurunkan sperma secara derastis. Bahkan efek penurunan itu bisa sampai berbulan-bulan lamanya, sebelum kembali normal.

Jadi bagi kamu yang segera memiliki momongan, hindari kebiasaan sauna, mandi air panas, atau mendekatkan organ reproduksi dengan zat panas lainnya.

3Gerak Cepat Sperma Setelah Keluar dari Tubuh?

obatazoospermia.com

Kabar ini juga dibenarkan oleh ahli urolog Harry Fisch. Menurutnya momen pertama ejakulasi mengandung sperma dengan konsentrasi yang paling tinggi. Bahkan kecepatan sperma bisa mencapai 40 km/jam saat keluar pertama.

Tetapi kecepatan itu terhenti saat menembus dinding rahim dan mendekati sel telur. Dengan kecepatan 0,3 cm/jam butuh 3-5 hari untuk bertemu dengan sel telur.

4Nanas Bisa Membuat Sperma Lebih Harum?

ibundacerdas.com

Kalau kabar ini memang didapat dari pengalaman orang-perorang. Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang menguji khasiat buah nanas terhadap sperma.

Sperma memang mengandung fruktosa (sejenis gula yang ada di dalam buah-buahan), tapi apakah kandungan itu bisa memengaruhi aroma dan rasa sperma? Belum ada pengujian terhadap asumsi itu.

5Sperma Bisa Hidup Lama Dalam Tubuh Wanita?

shutterstock.com

Jawabannya adalah betul. Sperma dapat hidup selama 48 jam di dalam tubuh wanita, setelah berhubungan seks. Dan sperma tetap ada di tubuh wanita selama lima hingga tujuh hari, tergantung seberapa bersahabatnya cairan serviks wanita.

Yang menarik cairan serviks akan melindungi sperma untuk hidup lebih lama di sekitar waktu ovulasi, yaitu saat wanita pada puncak kesuburannya. Sehingga sperma punya banyak waktu untuk mendekati sel telur pada wanita subur.

6Ada Wanita yang Alergi Terhadap Sperma?

gigisusu.net

Secara nalar sebenarnya kabar ini bisa terbantahkan, karena tidak mungkin organ reproduksi alergi dalam proses reproduksi yang alami. Jikapun ada, kasus itu sangat langka dan jarang terjadi.

Kasus itu yakni area vagina meradang dan kemerahan setelah menerima paparan sperma. Menurut Fisch bukan karena organ wanita yang alergi, tapi karena adanya infeksi jamur yang menjangkiti organ.

7Kesehatan Pria Memengaruhi Kualitas Sperma?

ngonoo.com

Kebiasaan seperti merokok, minum alkohol, narkotika, walaupun tidak langsung memengaruhi kualitas sperma, tapi sangat terkait dengan jumlah dan motilitas sperma.

Jadi bagi kamu yang ingin agar tetap subur dalam reproduksi, juga sehat dalam keseluruhan tubuh, pastikan untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut.