Mati merupakan fase yang harus dialami semua manusia, itulah yang menjadi akhir kehidupan di dunia manusia. Harta yang banyak, keluarga besar dan semua yang ada di dunia mau tidak mau harus ditinggalkan begitu saja.

Hal ini merupakan yang paling ditakuti hampir di sebagian besar manusia di dunia, terbukti mereka yang ditinggal mati keluarga atau saudaranya begitu sedih dan duka yang mendalam.

Padahal mati hilangnya ruh tersebut hanyalah awal dari kehidupan yang panjang. Berikut fakta tentang  kematian yang perlu kita tahu

1Rasa Sakit yang Amat Dahsyat

keperawatanreligionayuwidyastuti.wordpress.com

Mati merupakan proses sakit yang tiada duanya, proses sakaratul maut ini memang seperti tertusuk sebuah jarum, akan tetapi jarum tersebut mengenai seluruh tubuh, mulai dari kaki, tangan, badan, kepala hingga otak kita.

Bahkan urat nadi, persendian, otot dan semuanya seakan ditarik-tarik layaknya manusia sedang diambil kulitnya secara paksa. Proses Sakaratul maut juga lebih sakit daripada tusukan pedang, gergaji, atau sayatan gunting bahkan silet sekalipun.

Sedangkan suara dan jeritan orang yang mengalami proses ini terputus karena rasa sakit yang amat dahsyat dan memuncak, sehingga tidak ada lagi tenaga.

Rasa sakit itu juga  akan melumpuhkan akal, membuat lidah terdiam, melemahkan semua raga, semua anggota tubuh lemah Orang yang menemui sakratul maut sangat ingin sekali meratap, berteriak, dan menjerit meminta tolong tapi tidak ada lagi daya untuk berteriak.

Saking dahsyatnya rasa sakit tersebut, warna kulit manusia juga akan berubah, kecoklatan seperti tanah, kembali ke asalnya.

Hingga bola matanya terbelalak ke atas kelopaknya, bibirnya tertarik ke belakang, lidahnya mengerut, kedua buah zakar naik, dan ujung jemari berubah warna menjadi hitam kehijauan.

2Ditutupnya Buku Catatan Pahala dan Dosa

kompasiana.com

Malaikat menutup buku catatan amal kita, di stempel dan dikunci rapat siap di presentasikan di hari pengadilan. Kita tidak bisa melihat bagaimana raport dari malaikat itu.

Termasuk dosa kita yang entah seberapa banyaknya, nanti akan ditimbang, lebih berat mana antara pahala dan dosa.

Tapi ALLAH memang maha Bijaksana, ada pahala kita yang bisa terus bertambah walau kita sudah mati, ada 3 macam, yaitu ilmu yang terus mengalir manfaatnya, sedekah jariyah yang terus mengalir dan doa anak yang sholeh.

3Siap Menghadapi Pertanyaan Malaikat

lifeschool.wordpress.com

Setiap orang yang mati akan didatangi oleh malaikat super sangar dan seram. Mereka akan betanya kepada orang dalam kubur tersebut.

Pertanyaan yang ditanyakan adalah siapa tuhanmu? Siapa Nabimu? Siapa Imammu? Dimana kiblatmu? Siapa saudaramu?

Pertanyaan yang sederhana tapi dialam kubur berbeda dengan alam dunia, di dunia kita bisa berbohong dan dengan mudah menjawab tapi kalau di alam kubur hanya amal sholeh yang mampu menjawabnya.

Jika seorang tidak bisa menjawab pertanyaan itu maka akan di hancurkan dengan gada malaikat yang dahsyat, semua tulang remuk redam dan tidak hanya sekali, tapi berulang kali. Seperti mengalami rasa sakit mati yang berlipat ganda.

4Mendapat Siksa atau Nikmat Kubur

callmeai.wordpress.com

Sudah jelas jika amalan kita buruk, tidak bisa menjawab pertanyaan malaikat, tentu setelah disiksa oleh malaikat akan mendapat azab kubur yang juga tidak kalah dahsyat.

Disempitkan kuburnya, sampai tulang-tulang rusuknya saling bersilangan, dan didatangi teman yang buruk wajahnya dan busuk baunya. Dan itu terjadi terus menerus hingga menunggu hari kiamat.

bintang.com
bintang.com

Berbeda dengan orang yang banyak pahalanya, orang yang semasa hidupnya beriman dan bertaqwa pada ALLAH akan mendapat nikmat di alam kubur dan ia merasa bahagia hingga menunggu kiamat tiba.

Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu bertobat dan semoga bermanfaat.