Tahukah kamu, bahwa apapun yang kita lakukan dalam hidup diatur oleh otak? Baik ketika kita berbicara, berjalan, mengambil sesuatu atau kegiatan yang terkait proses berpikir seperti belajar.

Jadi, peran otak bagi kehidupan kita sangatlah penting. Peran otak ini tidak bisa digantikan oleh bagian lain dari tubuh kita. Ibarat sebuah mobil, otak adalah mesinnya. Apabila mesin ini rusak, maka mobil tidak bisa berjalan. Begitupula dengan manusia.

Mungkin di antara kamu pernah mendengar bahwa ada orang yang meninggal akibat pecahnya pembuluh darah di otak? Jika pembuluh darah itu pecah dibagian hidung, paling parah kita mengalami mimisan. Tapi kalau di kepala menyebabkan kematian.

Dengan begitu pentingnya peran otak bagi kehidupan, maka kamu wajib tahu mengenai fakta-fakta tentang otak. Apa saja fakta tentang otak? Yuk, langsung saja kita baca!

1Use It Or Lose It

craftsy.com

Secara alami, otak kita akan memangkas informasi-informasi yang tidak kita butuhkan dan tidak kita pakai. Jadi, jangan pernah heran jika kamu sudah lupa caranya mengerjakan soal logaritma ketika SMA dulu.

Hal ini wajar dan berlaku bagi semua orang. Kenapa? Ini dikarenakan otak kamu akan menghapus memori jika memori itu sudah tidak kamu pakai lagi. Kecuali kalau kamu menggunakan konsep logaritma untuk kehidupanmu.

Jadi, kalau kamu mau memahami terus suatu ilmu, maka kamu mau tidak mau harus memakainya atau mempelajarinya secara terus menerus.

2Banyak Folder Penyimpanan di Otak

Fathanmubinahidayatullah.wordpress.com

Saat kamu belajar, baik itu dibangku sekolah maupun bangku perguruan tinggi, maka kamu harus mengetahui fakta bahwa otak kita menyimpan informasi di dalam folder-folder yang terpisah.

Siapa yang mengklasifikasikan folder tersebut? Klasifikasi tentunya sudah otomatis dilakukan oleh otak berdasarkan apa yang masuk melalui kelima panca indra kita.

Jadi kalau kita membaca, maka informasi tentang apa yang kita baca dan lihat masuk ke lobus untuk menyimpan memori yang berasal dari penglihatan kita. Begitupula dengan indra yang lainnya, masuk ke lobus-nya masing-masing.

Oleh karena itu, saat belajar, usahakan untuk memakai sebanyak-banyaknya alat indra. Misalnya menggabungkan antara mendengar, menulis maupun melihat dalam setiap proses belajar kita.

3Benteng Pertahanan Otak

brainfacts.com

Otak kita punya benteng pertahanan, namanya amygdala. Bagian otak yang satu ini akan bekerja jika kita merasa terancam.

Pada saat terancam amygdala akan meresponnya dengan salah satu dari tiga hal ini, yaitu fight (melawan), freeze (diam terpaku tak berdaya) atau flight (lari dari masalah).

4Otak Butuh Nutrisi

panduanhidupsehat.com

Pernah nggak sih, kamu merasa buntu ketika sedang mengerjakan tugas? Atau otakmu serasa berasap setiap kali kamu sedang ujian? Jika iya, maka sadarilah bahwa otakmu butuh nutrisi untuk menghadapi badai kehidupan ini.

Nutrisi otak itu apa? Nutrisi otak bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi air yang cukup, makan-makanan yang mengandung protein dan jangan lupa untuk rajin berolahraga, agar suplai oksigen ke otak terpenuhi.

5Menguap Itu Menyuplai Oksigen ke Otak

isigood.com

Kalau kamu mengantuk saat sedang kuliah atau bekerja, maka itu adalah salah satu indikasi kalau otak kamu kekurangan oksigen. Tahukah kamu apa solusinya? Solusinya adalah dengan menguap.

6Otak Selalu Memilih yang Paling Menarik

farrayroom.blogspot.com

Kalau kamu belajar sesuatu tapi nggak nangkep-nangkep, maka itu adalah salah satu indikasi bahwa pelajaran itu tidak menarik dan tidak bermakna buat kamu.

Kalau sesuatu tidak bermakna, jangankan paham, untuk melirik catatannya saja kita malas. Hal ini akan bertolak belakang apabila kita disodorkan foto bayi lucu seperti di atas. Tentunya kita akan betah berlama-lama melihatnya, karena bayi selalu punya daya tarik.