beritadunia.net

3 Fakta Tentang Terbentuknya Upil di dalam Hidung

Posted on

Hampir setiap hari manusia selalu membersihkan hidungnya. Kadang dilakukan secara tidak sadar ketika menganggur atau sadar karena mengganggu di hidung.

Nah, pernahkah terpikir olehmu bagaimana kotoran di hidung atau biaa disebut upil ini terbentuk? Apakah kamu tahu mengapa manusia memiliki kotoran hidung atau upil?

Membran Muscus

sumsel.tribunnews.com
sumsel.tribunnews.com

Upil terbentuk dari membran mucus atau membran lendir yang berada di hidung. Lendir yang dikeluarkan oleh membran mucus ini biasa disebut dengan ingus.

Fungsi dari ingus adalah sebagai sistem perlindungan tubuh terhadap infeksi. Ingus bertujuan untuk mencegah masuknya partikel-partikel berbahaya ke dalam paru-paru.

Tonton juga deh: Inilah Upil Terbesar Yang Pernah Dicabut Dari Hidung

Partikel yang Mengering

detik24.com
detik24.com

Partikel ini dapat berupa debu, bakteri, virus, dan serbuk. Ingus yang telah menyaring partikel-partikel tersebut akan menjadi mengering dan terbentuklah upil.

mybaby.co.id
mybaby.co.id

Proses pengeringan dan perubahan dari ingus menjadi upil ini sebenarnya terjadi di bagian hidung yang lebih dalam.

 

Posisi di Hidung Luar

republika.co.id
republika.co.id

Hanya saja untuk mempertahankan ruang bagi ingus untuk mencegah masuknya partikel lain, mekanisme hidung membuat upil menjadi berada pada posisi hidung luar dan dapat dapat dicapai dengan tangan.

Maka, tidak perlu heran kalau setiap orang akan mudah sekali mengupil karena posisi kotoran tersebut tidak dalam.

id.up-wallpaper.com
id.up-wallpaper.com

Hanya saja patut diingat bahwa upil mengandung banyak partikel dan bakteri sehingga selalu bersihkan tangan setelah mengupil.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati ketika membersihkannya agar tidak mengalami pendarahan di bagian hidung.

Tahukah kamu kalau bulu hidunglah yang berfungsi untuk menyaring virus dan bakteri yang ada di sekitar, yang tanpa sengaja kita hirup melalui udara?

Nah, bagi umat muslim, ada cara yang sangat ampuh, jitu, dan mudah sekali dilakukan untuk membersihkan hidung dari virus, bakteri, dan patogen, tanpa perlu sibuk mengupil.

Caranya? berwudhu dengan sempurna. Ini sunnah Rasulullah Saw lho. Selain dapat pahala, menyehatkan pula.

Pada saat wudhu, bersihkan hidung dengan cara menghirup airnya, lalu buang. Kalau hidungmu terasa perih, maka itulah reaksi awal.

Selanjutnya, hidungmu akan bersih dan kamu pun tidak akan mudah terserang flu atau penyakit polip. Keren, kan sunnah Rasul?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *