Berbicara tentang hujan tentu kita juga ingat tentang pelangi. Kamu pasti pernah melihat  lukisan indah Sang Pencipta tersebut.

Bahkan tentang pelangi sudah diajarkan saat kita masih di Taman Kanak-kanak melalui sebuah lagu. Masih ingatkah kamu tentang lagu Pelangi-pelangi?

“Pelangi-pelangi alangkah indahmu, merah kuning hijau di langit yang biru…” Itulah cuplikan lagu Pelangi-pelangi. Memang indah saat kita melihat garis lengkung dengan warna-warna yang menawan di langit.

Pelangi biasanya muncul saat rintik-rintik hujan yang diterpa sinar matahari atau bisa dibilang saat hujan akan reda dan muncul matahri dibalik awan.

Dibalik keindahannya pelangi memiliki fakta-fakta yang menarik untuk kita ketahui. Berikut fakta tentang pelangi.

1Fakta Pertama

puskomdasemarangraya.files.wordpress.com

Apakah pelangi itu? Banyak orang mendefinisikan tentang pelangi. Tentu mereka mempunyai pendapat yang berbeda dengan pandangan berbeda.

Apalagi jika kamu bertanya pada anak kecil berumur 6 tahun, dia pasti memberikan penjelasan yang unik dan polos seseuai dengan apa yang dia lihat.

Mungkin ini sedikit gambaran tentang definisi pelangi.

Pelangi merupakan barisan warna yang terbentuk karena pantulan dan pembiasan dari sinar matahari di dalam air hujan.

Jadi warna-warna dalam pelangi tersebut disebabkan karena adanya pantulan dan pembiasan sinar matahari.

2Fakta Kedua

www.theinquirer.net

Tahukah kamu, kita dapat meilhat pelangi karena adanya cahaya yang dibiaskan. Cahaya tersebut dibiaskan dari medium yang berbeda, yakni medium udara melewati medium air hujan.

Sebenarnya warna matahari yang digabungkan adalah putih. Namun ketika dibiaskan warna tersebut menjadi berwara-warni indah seperti yang kita lihat.

3Fakta Ketiga

www.anakcemerlang.com

Pernahkah kamu mengamati saat melihat pelangi apakah kamu juga melihat matahari? Tanpa kamu sadari jika kamu melihat pelangi, tentu saat itu hujan dan matahari berada di belakang kita sedangkan hujan di depan kita.

Lengkungan pelangi berada tepat di seberang atau berlawanan dengan matahari.

4Fakta Keempat

imgur.com

Kita selama ini melihat pelangi berbentuk busur (setengah lingkaran). Namun, tahukah kamu ternyata bentuk pelangi yang sebenarnya adalah bulat penuh.

5Fakta Kelima

colango.blob.core.windows.net

Saat kamu duduk dibangku sekolah di pelajaran IPA, kamu pernah disuruh gurumu untuk menghafal warna pelangi. Teknik mudah mengahfalnya dengan menggunakan akronim “MeJiKuHiBiNiU”.

Yup, “MeJiKuHiBiNiU” adalah akronim yang digunakan orang Indonesia untuk mengahafal warna pelangi yang merupakan kepanjanga dari Merah, Jingga, Kuning, Hijau,Biru, dan Ungu.

Tentu berbeda dengan orang barat. Mereka menggunakan akronim “Roy.G.Biv” yang artinya Red, Orange,Yellow, Green, Blue, Indigo, Violet. Menarik bukan?

6Fakta Keenam

aspal-putih.blogspot.com

Selama ini kita mengetahui bahwa warna pelangi ada 7. Tapi, sebenarnya wana pelangi ada banyak, yaitu seluruh warna yang ada di dunia ini.

Namun mata kita terbatas untuk bisa melihatdan membedakannya.

7Fakta Ketuju

resmakurosaki12.blogspot.com

Apakah ada ujung pelangi? Mungkin kamu pernah mendengar cerita tentang pelangi. Digambarkan di sana bahwa jika ada seseorang yang mencapai ujung pelangi yang menempel di tanah makan ia akan menemukan sekotak emas.

Mungkin kamu sering melihat dalam cerita tersebut ada anak kecil berseluncur dengan ceria di atas pelangi dan ia tiba samapi di ujungnya, di sana ia melihat kilauan emas dalam kotak.

Yah, itu hanyalah dongeng anak-anak saja. Sebenarnya jika kita bergerak ke arah pelangi maka seaka-akan pelangi tersebut menjauh seseuai jarak kita melangkah.

Nah, itulah beberapa fakta tentang pelangi yang sangat menarik. Memang sangat indah lukisan Sang Maha Kuasa tersebut. Jika hari ini hujan, apakah kamu ingin melihat pelangi dan mengabadikannya dalam sebuah potret foto?