www.tipssehatmu.com

Inilah Penyebab Asma yang Perlu Kamu Waspadai

Posted on

Salah satu penyakit pernapasan yang  dialami oleh manusia adalah Asma. Asma merupakan suatu bentuk peradangan kronis yang terjadi pada slauran pernapasan.

Asma biasanya membuat penderitanya menjadi sesak napas dan sulit untuk bernapas karena terjadinya peradangan pada saluran pernapasann.

Serangan asma pun tidak mengenal waktu dan bisa terjadi kapan saja. Terdapat beberapa faktor penyebab asma antara lain faktor genetika, faktor lingkungan, stress, dan olahraga yang berlebihan.

Faktor yang paling sering menjadi penyebab kambuhnya asma dalah faktor genetik. Dengan kata lain, seseorang yang memiliki sakit asma adalah dari faktor bawaan.

Faktor genetik diturunkan oleh generasi sebelumnya. Memang asma yang diperoleh dari faktor bawaan sulit dihilangkan, namun jangan khawatir kambuhnya asma tersebut bisa dikurangi secara bertahap.

Penyebab asma selanjutnya bisa karena faktor lingkungan. Kita tahu bahwa lingkungan memiliki berbagai polutan yang dapat membuat saluran pernapasan menjadi iritaisi.

Banyak hal yang berkaitan dengan lingkungan yang menyebabkan kambuhnya asma antara lain debu, kondisi udara, dan alergi makanan.

Debu yang berada di sekitar kita tentu sangat berpengaruh pada pernapasan. Banyaknya debu yang terhirup bisa menyebabkan sesak napas. Kamu juga perlu hati-hati terhadap makanan dan kondisi udara.

Beberapa orang memiliki alergi terhadap makanan tertentu, pun juga pada mereka yang menderita asma. Misalnya makanan yang dapat menimbulkan alergi seperti jenis kacang-kacangan.

Begitu juga dengan kondisi udara, kondisi cuaca yang ekstrem seperti terlalu dingin, terlalu panas, atau perubahan suhu yang terjadi tiba-tiba dapat menyebabkan asma kambuh.

Tidak hanya itu, stres juga dapat menyebabkan asma. Orang yang merasa depresi, mengalami beberapa ganggunan kesehatan atau berada dalam tekanan, bisa memicu sesak nafas dan menyebabkan asma.

Faktor lainnya adalah olahraga, memang olahraga sangat baik bagi tubuh. Tapi justru jika berlebihan dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan apalagi bagi orang yang memiliki sakit asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *