felixsiauw.tumblr.com

Felix Siauw Temukan Jawaban dari Tiga Pertanyaan Besar tentang Kehidupan di dalam Al-Qur’an

Posted on

Tiga Pertanyaan Besar dalam Hidupnya

ceramahideologis.wordpress.com
ceramahideologis.wordpress.com

“Jika kamu masih mempunyai banyak pertanyaan, maka kamu belum dikatakan beriman, Iman adalah percaya apa adanya, tanpa reserve”

Begitulah kira-kira sebuah pernyataan yang akan selalu ia ingat seumur hidupnya. Waktu itu, ia masih seorang penganut Kristen Katolik berusia 12 tahun dengan banyak sekali pertanyaan yang masih ia cari-cari jawabannya.

Diantara pertanyaan-pertanyaan itu, tiga pertanyaan yang paling besar adalah: Darimana asal kehidupan ini? Untuk apa adanya kehidupan ini, dan akan seperti apa akhir daripada kehidupan ini?

Dari tiga pertanyaan tersebut muncullah pertanyaan-pertanyaan turunan, kenapa tuhan pencipta kehidupan ini ada 3, tuhan bapa, putra dan roh kudus? Darimana asal tuhan bapa?

Mengapa tuhan bisa disalib dan dibunuh lalu mati, lalu bangkit lagi?

Dapat Jawaban Tak Memuaskan

sekolahdasar.ibnusina.com
sekolahdasar.ibnusina.com

Bagi Felix, pertanyaan-pertanyaan tentang hidup tersebut selalu akan mendapatkan jawaban yang mengambang dan tak memuaskan.

Ketidakpuasan itu lalu mendorongnya untuk mencari jawaban di dalam alkitab, kitab yang datang dari tuhan, yang ia pikir waktu itu bisa memberikan jawaban.

Sejak saat itu, mulailah ia mempelajari isi alkitab yang belasan tahun tidak pernah dibukanya secara sadar dan sengaja.

Ia terkejut bahwa ternyata penuli injil adalah manusia. Lebih terkejut lagi ketika ia mengetahui bahwa sisa kitab yang lainnya juga merupakan tulisan tangan manusia setelah wafatnya Yesus. Sederhananya, Yesus pun tidak mengetahui apa isi injilnya.

Pernah Jadi Manusia Tanpa Agama

twitter.com
twitter.com

Setelah proses pencarian jawaban di dalam alkitab itu, ia memutuskan bahwa agama yang dianutnya tidaklah pantas untuk dipertahankan atau diseriusi,

karena tidak memberikan jawaban atas pertanyaan mendasarnya, juga tidak memberikan pedoman dan solusi dalam menjalani hidup ini.

Sejak saat itu, ia memutuskan untuk menjadi seseorang yang tidak beragama, tetapi tetap percaya kepada Tuhan. Felix mengambil kesimpulan bahwa semua agama tidak ada yang benar, karena sudah diselewengkan oleh penganutnya seiring dengan waktu.

Titik Balik

bkim.lk.ipb.ac.id
bkim.lk.ipb.ac.id

Tetapi semua pandangan yang mengenai kehidupan dengan kacamata tanpa agama itu berubah 5 tahun kemudian ketika ia memasuki semester ketiga perkuliahan di salah satu PTN.

Lewat pertemuannya dengan seorang ustadz muda aktivis gerakan da’wah islam internasional, perkenalan Felix dengan al-Qur’an pun dimulai. Diskusi itu bermula dari perdebatannya dengan seorang teman tentang kebenaran.

Dia berpendapat bahwa kebenaran ada di dalam Al-Qur’an, sedangkan Felix belum mendapatkan kebenaran. Sehingga dipertemukanlah Felix dengan ustadz muda ini untuk berdiskusi lebih lanjut, namanya Ustadz Fatih Karim.

Pertanyaan Terjawab oleh Al-Qur’an

felixsiauw.tumblr.com
felixsiauw.tumblr.com

Akhirnya ketiga pertanyaan besar Felix selama ini terjawab dengan sempurna. Bahwa ia berasal dari Sang Pencipta dan itu adalah Allah SWT. Ia hidup untuk beribadah (secara luas) kepada-Nya karena itulah perintah-Nya yang tertulis didalam al-Qur’an.

Dan Al-Qur’an dijamin datang dari-Nya karena tak ada seorang pun manusia yang mampu mendatangkan yang semacamnya.

Setelah hidup ini berakhir, kepada Allah lah manusia akan kembali dan membawa perbuatan ibadahnya selama hidup dan dipertanggungjawabkan kepada-Nya sesuai dengan aturan yang diturunkan oleh Allah.

Tak pelak, Felix menemui banyak sekali tantangan ketika ia memutuskan hal ini, yaitu dengan menjadi seorang muslim.

Felix memiliki lingkungan yang tendensius kepada Islam dan ia pun meyakini bahwa keputusan ini tidak akan membuat mereka senang.

Setelah menemukan Islam, ia pun menemukan ketenangan sekaligus perjuangan. Ketenangan pada hati dan pikiran karena kebenaran Islam.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *