Alam yang begitu luas ini tersimpan begitu banyak misteri. Tak jarang banyak fenomena-fenomena alam sering muncul dan menimbulkan tanda tanya. Bahkan beberapa di antaranya dianggap sebagai hal yang aneh dan tak mungkin terjadi.

Mungkin ada yang mengiranya hanya rekayasa teknologi yang kini semakin canggih saja. Akan tetapi, sebenarnya beberapa fenomena alam yang terjadi itu dapat dibuktikan dan dijelaskan dengan cara ilmiah oleh para ilmuwan.

Berikut ini adalah beberapa fenomena alam yang dianggap “aneh” oleh masyarakat.

1Spherical Boulders

www.reddit.com

Lihatlah gambar di atas. Itu bukanlah bola besar yang sengaja diciptakan oleh manusia, melainkan sebuah benda bulat yang murni terbentuk di alam ini selama 60 juta tahun lamanya.

Awalnya, bola ini berada di dasar laut lho. Tetapi, karena terjadinya erosi pantai, makan, bola besar ini pun dapat terlihat di daratan saat ini.

2The Everlasting Storm

www.revereradionetwork.com

The Everlasting Storm, peristiwa alam yang cukup menyeramkan ini terjadi di Venezuela. Terjadinya petir-petir ini karena putaran awan unik yang ada di sungai Catatumbo.

Kenapa dinamakan The Everlasting Storm? Karena, petir-petir ini terus saja terjadi hingga 160 hari dalam satu tahun selama 10 jam per hari dan 280 kali per jamnya.

3Underwater Rivers

brainberries.co

Ini adalah fenomena yang sungguh mengherankan namun benar-benar ada. Fenomena yang terjadi di Cenote Angelita, Mexico ini memang sulit untuk dipercaya.

Di Cenote Angelita, ditemukan sungai bawah laut. Hal ini terjadi karena adanya beberapa zat seperti hidrogen sulfur menyatu dengan sebagian air. Air yang telah tercampur itu akhirnya jatuh dan membentuk aliran yang terpisah di dalam laut.

4Bioluminescence

www.independent.co.uk

Mungkinkah kamu mengira bahwa ini adalah sebuah potongan dari salah satu gambar di sebuah judul film? Atau mengiranya sebuah lukisan karya seorang seniman profesional yang cukup terkenal?

Salah semua guys, ini memang sebuah karya yang mengangumkan, tapi bukan dibuat oleh manusia, melainkan oleh Allah swt. Yang kamu lihat ini adalah air yang menyala berwarna biru.

Fenomena yang kerap disebut bioluminescence ini merupakan sebuah emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup di dalam laut karena adanya reaksi kimia tertentu. Dan bioluminescence sudah ditemukan pada bakteri serta organisme di perairan.

5Morning Glory Clouds

dropbears.com

Pernahkah kamu melihat awan yang berbentuk seperti di atas? Kemungkinan itu pasti sangat kecil, karena awan yang dinamakan Morning Glory Clouds ini sangat jarang sekali terlihat, hingga dapat dikatakan langka.

Morning Glory Clouds ini berbentuk memanjang ini pun dapat merenggang hingga 1.000 km dan berada di ketinggian mencapai 2 km. Bukertown, Queensland, Australia cukup sering nih mengalami fenomena awan ini.

Hampir di tiap musim semi, awan ini akan muncul di langit Bukertown sana. Lagi-lagi, para pilot harus waspada jika Morning Glory Clouds sudah muncul, karena ia bisa menyebabkan turbulensi hebat pada pesawat yang sedang kamu kemudikan.

6Lenticular Clouds

www.aviationcv.com

Percayakah kamu bahwa bentuk awan ini benar-benar ada? Ya, kamu harus meyakini bahwa itu ada. Lenticular Clouds adalah awan yang berlapis-lapis dan terbentuk karena adanya udara lembab yang dipaksa mengalir ke atas sekitar puncak gunung.

Nah, untuk para pilot, mereka sebisa mungkin tidak terbang menembus awan itu atau sekedar berada di dekatnya. Karena, si Lenticular Clouds ini akan memicu terjadinya turbulensi yang kuat pada pesawat mereka.

7Crop Circles in Water

youtube.com crop

Beberapa wktu lalu sempat heboh dengan adanya crop circles di salah satu daerah di Indonesia. Biasanya, crop circles  tergambarkan di sawah maupun ladang jagung. Namun, tidak dengan crop circles yang satu ini.

Di salah satu laut perairan Jepang, ditemukan beberapa crop circles dengan pola berbeda di sana. Temuan ini benar-benar mengejutkan. Pasalnya, pola-pola unik di perairan Jepang ini dibuat oleh ikan-ikan kecil dengan panjang tak lebih dari 5 inci.

Para ikan itu menciptakan pola-pola crop circles ini bermaksud untuk menarik pasangan.

8Finnish Lapland

www.suggest-keywords.com

Gambar ini diambil di Lapland, Finlandia saat musim dingin tiba. Dalam gambar di atas, kamu akan melihat banyak sekali patung putih yang tak berbentuk bahkan bisa dikatakan aneh.

Namun, patung tersebut nyatanya adalah beberapa benda biasa, seperti pohon yang diselimuti tebalnya salju. Sehingga, menjadikan mereka nampak begitu aneh dan tak berbentuk.

9Waterspouts

www.climatecentral.org

Siapa sangka bahwa gambar di atas adalah tornado yang terbentuk di atas air? Tornado ini dinamakan waterspouts. Waterspouts bisa mencapai kecepatan hingga 305 km/jam.

10The Gateway to Hell

feel-planet.com

Satu lagi fenomena aneh yang ada di dunia ini, tepatnya terjadi di Turkmenistan. The Gateway to Hell merupakan tempat keluarnya gas alam melalui celah-celah bebatuan. Ketika ada pemicu, tempat yang penuh gas ini pun terbakar.

Alhasil disebutlah fenomena ini sebagai The Gateway to Hell.