Alam selalu mampu memberi peringatan. Memberi peringatan bahwa hidup itu untuk saling menjaga dan bahwa hidup itu untuk bisa berguna bagi orang lain di sekitar kita. Kita bisa belajar dari bentukan alam yang sederhana hingga fenomena alam terbaru.

Fenomena alam terbaru merupakan fenomena alam yang belum pernah kita saksikan dikehidupan kita yang lalu-lalu, atau dikehidupan nenek moyang kita. Fenomena ini bisa dibilang aneh atau bisa pula dibilang ajaib.

Bagi kamu yang belum pernah tahu fenomena alam terbaru itu seperti apa, pasti akan terkesima bercampur takut melihat fenomena yang jarang kita temui ini. Fenomena-fenomena apa sajakah itu? Yuk langsung kita lihat bersama-sama.

1Sungai di Dalam laut

mgi.esdm.go.id

Jika kita menggunakan logika kita, mungkin kita tidak akan percaya bahwa ada sungai di bawah lautan. Soalnya kan laut itu memiliki kadar garam yang tinggi sedangkan sungai kan berupa air tawar, bagaimana bisa bersatu?

Tapi, tentu saja logika kita pada akhirnya terpatahkan dengan ditemukannya sungai di dalam laut ini. Dan ternyata, fenomena seperti ini sudah dijelaskan oleh Allah di dalam Alquran Lho!

2Lenticular Clouds

atmospheric-phenomena.blogspot.com

Wah, apa itu yang bergulung-gulung di angkasa? Jika kita melihat awan seperti ini, mungkin kita sudah memikirkan hal yang aneh-aneh, seolanya bentuknya nggak lazim. Tapi sebenarnya itu apa ya?

Oh, ternyata itu adalah awan yang berlapis-lapis di sekitar pegunungan. Lapisan awan ini disebabkan karena adanya udara lembap yang dipaksa naik ke atas, dan hal ini terjadi di sekitar gunung.

Jika ada pesawat di sekitar sini, maka perlu hati-hati jika tidak mau terjadi turbulensi.

3Finnish Lapland

dhspublications.wordpress.com

Jangan buru-buru kaget atau takut saat kamu melihat gambar di atas. Bentuk-bentuk aneh yang kamu lihat tidak ada hubungannya dengan yang berbau gaib kok.

Foto tersebut adalah foto yang diambil di Lapland, salah satu daerah terluas di Finlandia. Bentuk-bentuk aneh serupa patung itu sebenarnya adalah pohon-pohon ataupun bebatuan yang tertutup salju.

Namun, karena salju yang menutupi benda-benda itu terlalu tebal, maka jadilah benda-benda itu menyerupai benda yang aneh. Nah, setelah tau kamu jadi tidak takut lagi kan, soalnya ini hanya fenomena alam biasa saja.

4Morning Glory Clouds

wikipedia.org

Apakah yang bergulung-gulung pada gambar di atas? Wah, ternyata itu adalah awan lho? Kok bisa begitu ya? Iya, ini merupakan salah satu jenis awan yang paling langka dan hanya terjadi di Burketow, Queensland, Australia.

Awan ini paling sering terjadi pada musim semi. Awan ini pun dapat menyebabkan turbulensi yang luar biasa bagi pesawat terbang, sehingga sebaiknya tidak melakukan penerbangan saat fenomena ini terjadi.

5The Everlasting Storm

revereradionetwork.com

Kalau kita lihat petir pada gambar, tampak sangat mengerikan sekali ya? Tapi apakah sungguh ada petir seperti ini? Wah ternyata ini kejadian yang nyata terjadi lho!

Petir ini terjadi di Venezuela. Awan-awan yang berputar-putarlah yang membuat terjadinya petir. Dinamakan Everlasting karena petir ini terjadi selama 160 hari dalam satu tahun.

6The Gateway to Hell

huffingtonpost.com

The Gateway to Hell ini terjadi di Turkmenistan. Penampakannya sungguh mengerikan memang, pantas saja dinamakan seperti itu. Tapi sebenarnya fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Fenomena ini terjadi karena ada gas yang keluar dari celah-celah batu. Munculnya sumber api tentunya terjadi karena ada pemicunya. Wah, kalau sudah tau penyebabnya jadi nggak berpikir macam-macam ya!