Untuk seorang penggemar olahraga sepakbola, salah satu momen persebakbolaan dunia yang paling ditunggu selain Piala Dunia, Piala Eropa dan Liga Champion adalah penghargaan pemain terbaik dunia FIFA Ballon d’Or.

Penghargaan yang nama resminya berubah dari Ballon d’Or menjadi FIFA Ballon d’Or pda tahun 2010 ini telah cukup untuk membentuk sebuah skuad impian berisi para pemain terbaik dunia sepanjang masa.

Mari kita nikmati permainan skuad terbaik dunia sepanjang masa.

1Kiper – Lev Yashin (1963)

twicsy.com

Yashin adalah legenda yang tak tertandingi. Sepanjang sejarah FIFA Ballon d’Or, ialah kiper satu-satunya yang pernah memenangi gelar ini di peringkat pertama. Lahir di Moskwa (sekarang Moscow) pada tahun 1929, saat itu masih Uni Soviet.

Dinamo Moskwa adalah tempat Yashin menghabiskan 22 tahun karir persepakbolaannya. Sepanjang karirnya Yashin pernah memenangi 78 buah piala. Ia juga pernah menjadi European Player of the Year pada tahun 1963.

2Defender – Fabio Cannavaro (2006)

eurosport.fr

Fabio menjadi pemain terbaik dunia saat berseragam Real Madrid. Pada tahun yang sama ia juga mengantarkan Italia menjadi juara Piala Dunia mengalahkan Perancis di laga final yang dramatis.

Cannavaro pernah memenangi 9 piala dan 9 penghargaan individual yang fenomenal.

3Defender – Matthias Sammer (1996)

francefootbal.fr

Sammer melakukan permainan terbaiknya saat bermain di akhir karirnya. Borussia Dortmund adalah tempatnya bermain sebanyak 115 kali dan berhasil mencetak gol hingga 21 gol.

Puncak karir Sammer terjadi pada tahun 1996 saat ia terpilih sebagai pemain terbaik dunia.

4Defender – Franz Beckenbauer (1972)

francefootbal.fr

Bersama Cannavaro dan Sammer, Beckenbauer adalah legenda yang tidak tergantikan. Mereka bertiga menjadi tiga defender spesial yang pernah meraih penghargaan FIFA Balllon d’Or.

Pemain berjuluk “Sang Kaisar” ini membawa pulang piala dunia ke tanah Jerman sebagai pemain pada tahun 1974 dan sebagai pelatih pada tahun 1990. Sebuah catatan istimewa yang akan sulit ditandingi oleh siapapun.

5Gelandang – Josef Masopust (1962)

wikipedia.org

Tidak akan banyak orang yang mengenal Josef Masopust. Ia bersama Gianni Rivera adalah dua orang gelandang tengah yang pernah menjadi peraih Ballon d’Or.

Dua orang fenomena diantara peraih lainnya yang umumnya seorang gelandang serang atau striker. Josef juga satu-satunya pemain berkebangsaan Cekoslowakia (sekarang Rep. Ceko) yang pernah menjadi pemain terbaik dunia.

6Gelandang Serang – Johan Cruijff (1971, 1973, 1974)

plus.google.com

Cruijff adalah seorang legenda yang akan selamanya menjadi inspirasi untuk anak-anak muda Belanda. Bayangkan, ia adalah pemain Belanda pertama yang meraih gelar pemain terbaik dunia.

Hal yang lebih mencengangkan, ia meraihnya sebanyak tiga kali. Sebuah capaian yang tidak terkalahkan sebagai seorang Belanda. Rekor itu hanya pernah sekali disamai oleh Marco van Basten kelak.

7Gelandang Serang – Michel Platini (1983, 1984, 1985)

roimichel.tumblr.com

Platini menjadi orang pertama dalam sejarah sepakbola dunia yang pernah menjadi peraih FIFA Ballon d’Or sekaligus menjadi Presiden UEFA. Hal yang lebih mengherankan lagi, Platini tidak hanya sekali memenangkannya, namun tiga kali.

Satu lagi hal yang akan membuatmu menggelengkan kepala adalah bahwa pada tahun yang sama dimana Platini meraih FIFA Ballon d’Or, ia juga mendapat gelar Pemain Terbaik Eropa. Sungguh seorang pesepakbola super.

8Gelandang Serang – Ronaldinho (2005)

bolaexpress.com

Meskipun hanya meraih FIFA Ballon d’Or satu kali, banyak orang akan berpendapat bahwa pemain dengan nama lengkap Ronaldo de Assis Moreira ini sebenarnya pantas untuk mendapatkan gelar itu sebanyak tiga kali.

Kamu bisa pilih sendiri alasannya. Banyak gelar, gol dan keindahan sepakbola modern yang tidak akan muncul tanpa adanya Ronaldinho.

9Striker – Marco van Basten (1988, 1989, 1992)

sport.gentside.com

Barangkali van Basten adalah pemain terbaik dunia yang paling cepat pensiun. Gol sebanyak 276 kali dalam usia 29 tahun bukanlah catatan kelas dua. Ia menyamai rekor Johan Cruijff dan Michel Platini.

Sayang sekali cederanya yang parah dan sering kambuh memaksanya membuat keputusan besar dengan pensiun dini pada usia 29 tahun. Seorang legenda muda yang akan selalu berjaya.

10Striker – Cristiano Ronaldo (2008, 2013, 2014)

youtube.com

Siapa tidak kenal Ronaldo, pemain sepakbola dengan pemasukan tertinggi diantara yang tertinggi ini adalah daya tarik sepakbola yang tidak akan pernah habis.

Ia menjadi legenda di Manchester United dan saat ini juga telah menjadi legenda di Real Madrid. Pemain terbaik dunia yang terpilih pada tahun lalu ini pernah terpilih juga pada tahun 2008 dan 2013.

Kini ia mengejar gelar FIFA Ballon d’Or keempatnya, berambisi untuk menyamai legenda terhebat sepakbola saat ini, Lionel Messi.

11Striker – Lionel Messi (2009, 2010, 2011, 2012)

golazoargentino.com

Messi adalah legenda yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Mengalami beberapa masalah kesehatan dan berkaitan dengan pertumbuhan tubuhnya tidak membuat Messi kalah dalam sepakbola.

Ia justru melesat jauh menjadi satu-satunya orang yang pernah meraih gelar Ballon d’Or sebanyak 4 kali berturut-turut. Bahkan Messi menjadi pemain termuda yang pernah meraih Ballon d’Or.

Usia sekira 22 tahun cukup bagi Messi untuk menjadi legenda. Kini, ia sedang berjuang membawa Barcelona kembali berjaya di Eropa. Hingga nantinya Messi dapat menggenapi gelar Ballon d’Or sebanyak 5 kali.