Belakangan ini Indonesia sedang digandrungi serial drama India. Beberapa stasiun televisi swasta yang menayangkan drama India, antara lain SCTV dan Indosiar. Jam tayangnya sekitar siang hingga sore hari.

Namun, para bintangnya tidak terlalu populer di mata penikmat film India di Indonesia. Lain halnya dengan tayangan film Bollywood yang dibintangi aktor dan aktris papan atas di India. Sebut saja Shahrukh Khan, Salman Khan, Aamir Khan, Kajol, Pretty Zhinta dan lain-lain.

Film-film Bollywood selalu laris manis di pasaran. Meskipun tayang perdananya sudah berlalu puluhan tahun lalu, tetap saja disukai jutaan mata di era digital ini. Kerennya, film Bollywood juga masih bertahan mendominasi Box Office.

Dari puluhan judul film Bollywood, enam film ini merupakan film terlaris dan terpopuler sepanjang masa. Film apa saja kah yang dimaksud? Cekidot!

1Kuch Kuch Hota Hai

fanpop.com

Siapa yang tidak kenal film Kuch Kuch Hota Hai. Mulai dari aktor, aktris sampai lagu-lagunya, hingga kini masih digemari masyarakat. Shahrukh Khan dan Kajol adalah bintang Bollywood yang sukses membintangi film tersebut.

Film Kuch Kuch Hota Hai dirilis pertama kali tahun 1998. Film ini berhasil meraih 12 penghargaan sekaligus rating terbaik IMDB. Hebatnya lagi, semua pemeran utama dan pendukungnya mendapatkan penghargaan.

2Diwale Dulhania Le Jayenge

youtube.com

Film Diwale Dulhania Le Jayenge dinobatkan sebagai film paling romantis di India. Shahrukh Khan dan Kajol sukses memerankan dua sejoli yang menempuh perjalanan cinta dalam film ini.

Diwale Dulhania Le Jayenge dirilis pada tahun 1995 sebelum Kuch Kuch Hota Hai. Film ini pun berhasil menggenggam 13 penghargaan dalam ajang kompetisi film di India. Rating yang didapatkan pun sangat bagus.

Nama besar Shahrukh Khan kian melambung setelah membintangi film ini. Ia pun berhasil meraih penghargaan sebagai Best Actor.

3Taare Zameen Par

youtube.com

Aamir Khan merupakan aktor yang sukses memerankan sosok guru dalam film Taare Zameen Par. Film ini sangat inspiratif bagi dunia pendidikan. Bisa jadi merupakan sindiran halus bagi para guru agar lebih memperhatikan murid-muridnya.

Film Taare Zameen Par berkisah tentang anak berkebutuhan khusus yang sebenarnya sangat cerdas. Aamir Khan yang berperan sebagai guru jeli menangkap bakat si anak. Lantas ia pun memperjuangkan anak tersebut agar dihargai di masyarakat.

Hampir semua orang yang menyaksikan film ini bercucuran airmata. Film Taare Zameen Par secara tidak langsung mengajarkan sebuah instansi pendidikan tentang cara memperlakukan murid-muridnya.

4My Name is Khan

phateos.com

Lagi-lagi Sharukh Khan yang dipercayai memerankan tokoh Khan dalam film My Name is Khan. Film ini memang sangat inspiratif. Tokoh Khan seolah memberitahukan pada dunia bahwa muslim bukanlah teroris.

Hasilnya, film My Name is Khan berhasil mendapatkan 9 penghargaan dan menjadikan Shahrukh Khan sebagai aktor terbaik. Selain itu, Kajol yang berperan sebagai istri Khan juga mendapatkan gelar penghargaan aktris terbaik.

5Krish 3

indicine.com

Film Krish merupakan film lanjutan dari Koi Mil Gaya dan seri Krish sebelumnya. Film Krish 3 memang kental akan science fiction. Semua adegan dan jalan ceritanya merupakan gambaran teknologi canggih di masa depan.

Film ini berhasil melambungkan nama besar Hrithik Rossan. Kabarnya, pendapatan bersih yang diraih film Krish mencapai 240 crore di pasar domestik India. Keren ya.

63 Idiots

hdmoviespoint.com

Film 3 Idiots merupakan film yang berkisah tentang persahabatan tiga orang mahasiswa. Masing-masing dari mereka hidup dengan bakat dan masalahnya yang unik. Aamir Khan adalah salah satu aktor yang turut mempopulerkan film ini.

Pertama kali rilis yakni di tahun 2009. Film 3 Idiots berhasil menempati urutan ke-113 dari 250 film terbaik sepanjang masa versi IMDB. Sebanyak 25 penghargaan dimenangkan oleh film ini, baik penghargaan dalam negeri maupun luar negeri.