Hey sob. Keberagaman Indonesia memang nggak terkira ya. Termasuk kreatifitas anak bangsa dalam meluncurkan film-film boneka di Indonesia. Luar biasa! Seberapa banyak sih yang kamu tahu soal film-film boneka yang berada di Indonesia?

Kita akan sedikit nostalgia dengan film-film boneka di Indonesia yang sangat menghibur ini.

1Si Unyil

luminestudio.com

Kenal ngga? Wah, gawat kalo kamu udah lupa sama Unyil. Ituloh, boneka lucu yang super aktif dan pinter. Bahkan banyak orang dewasa yang juga terkesima oleh tingkah unik si Unyil.

Karakter Unyil emang Indonesia banget. Empunya Si Unyil adalah Drs Suryadi. Pasti kamu ngga kenal, iyalah kamu kenal nya Pak Raden kan? Yap! Drs Suryadi adalah nama asli Pak Raden.

Makasih Pak Raden, sudah hadirkan Si Unyil untuk anak negeri ini.

Film Si Unyil juga memiliki kekhasannya tersendiri. Selain pengisi suara nya yang unik, film ini juga mengajari penonton untuk bertoleransi karena di film itu hadir berbagai tokoh dari etnis yang berbeda.

2Si Titik

okvideofestival.org

Si koma ada ngga yah? Hehehe. Film unik yang satu ini di produksi oleh PPFN atau Pusat Produksi Film Negara. Baru tau ya? sama dong kita. Ups! Hehehe. Karakter boneka perempuan ini sempet booming ditahun 80an.

Kamu udah lahir belom?

Si Titik ini ceritanya lagi naik pesawat, dan mengalami kecelakaan lalu jatuh ke hutan. Dihutan, Titik bertemu dengan banyak binatang lalu mereka menjalin pertemanan. Wah wah, Titik berani banget!

Titik juga mengajari binatang-binatang dihutan menulis dan membaca. Jadi film ini seolah memberikan pelajaran bagaimana negara mendidik masyarakat pedalaman pada masa itu.

3Si Komo

budibanbadu.com

Macet nya Jakarta siapasih yang ngga tau? Sekarang kalo macet yang disalahin ya pemerintah. Jaman dulu kalo macet yang disalahin si Komo. Akankah Komo hadir kembali? Jadi pemerintah ngga tersalahkan terus. Hehehe.

Tokoh Komo yang diciptakan oleh Kak Seto ini sebenernya bukan Komodo loh. Tapi boneka Naga yang dirombak. Terus pas jaman orba ada gossip kalau Komo ini menggambarkan tokoh Soeharto.

Gara-gara dilagu macet lagi Komo selalu disalahkan. Wwaaduh.

4Susan

youtube.com

Boneka ini emang unyu dan lucu abis deh! Suaranya ituloh. Ngegemessin banget. Dibalik lucunya si Susan ternyata ada the Ria Enes, mami nya Susan mungkin yah. Susan ini dikenal dengan karaktenya yang agak tengil dan logat nya yang jawa timur banget.

Susan ini boneka yang umurnya 5 tahun, tapi kalo udah ngomongin sesuatu Susan kayak orang dewasa. Ria Enes emang keren deh.

5Boncu Show

malesbanget.com

Boncu Show adalah acara komedi yang berisi banyak karakter boneka. Boncu Show juga kadang bikin lagu yang berkesan maksa. Tapi okelah ya. Boncu juga menyisipkan bahasa-bahasa asing di lagu-lagunya. Kayak bahasa Cina, Jepang dan lain-lain.

6Tongki

malesbanget.com

Kenal mas Gatot Soenjoto ngga? Seniman yang legendaris dan juga pencipta boneka Tongki ini pernah hits banget ditahun 70an. Untuk mengisi suara Tongki, Gatot menggunakan suara perut. Waaaah. Nggak masuk angin mas? Xixixix.

Lagu-lagu Tongki ini keren loh, mengingatkan adik-adik untuk selalu cuci tangan dan berdoa sebelum makan, dan masih banyak lagi.

7Cepot

deviantart.com

Jawa Barat! Yap. Boneka Cepot ini asalnya dari Jawa Barat. Akang Cepot ini emang ngga di desain buat anak-anak. Tapi ngga jarang anak-anak yang suka sama karakter cepot.

Cepot yang didalangi oleh Kang Asep Sunarya ini memang super kreatif urusan mengkritisi pemerintah. Cepot juga terkenal ceplas-ceplos kalo lagi ngebela kebenaran. Kadang-kadang juga Cepot ngeselin.

Nah, itu tadi film-film boneka Indonesia yang ngga boleh kamu lupain. Kenapa? Karena karakter boneka-boneka itu dibuat ngga hanya sekedar untuk menghibur, tetapi juga selalu disisipi oleh pesan-pesan moral untuk memperbaiki karakter negeri.

SHARE