Apa film kesukaanmu? Apakah kamu menyukai film yang di dalamnya terdapat bagian penting dari pengetahuan alam terutama seperti matematika, fisika, kimia ataupun biologi, astronomi dan ilmu sains lainnya?

Kalau ya, tentu kamu tidak asing lagi dengan 5 film fiksi ilmiah terbaik sepanjang sejarah ini. Atau kamu justru belum tahu? Kalau belum, yuk kita cek film keren apa sajakah itu?

1Interstellar

flickeringmyth.com

Interstellar disebut-sebut sebagai film science fiction terbaik sepanjang sejarah. Dengan kedalaman pengetahuan yang mendekati realitas dalam penyajian alur ceritanya. Tak hanya itu, film ini pun menjadi film yang mengundang banyak pujian dari ilmuwan di dunia.

Teori fisika tentang lubang cacing, gravitasi dan dimensi lima menjadi sangat menarik perhatian bagi pelajar fisika, astronomi atau masyarakat awam dan ilmuwan dunia.

Sehingga tak heran film 2014 lalu ini, yang dibintangi Anne Hathaway masuk dalam daftar Box Office dan berada diurutan ke 22 film terbaik dan terpopuler sepanjang masa dengan rating 8,6 dari 10.

2Gravity

universetoday.com

Tahun 2013, film Science-Fiction fenomenal Gravity yang dibintangi Sandra Bullock menjadi film paling ramai diperbincangkan bukan hanya saja oleh kalangan awam namun juga ilmuwan dunia.

Film ini mendapatkan rating 7,9 dari 10 namun tetap menjadi salah satu film terbaik dari science-fiction. Bahkan Sandra Bullock kembali masuk nominasi Oscar sebagai aktris utama.

3Apollo 13

en.wikipedia.org

Apollo 13 tayang tahun 1995 bulan Juni dibintangi salah satu aktor terbaik dunia, Tom Hanks dan disutradarai oleh Ron Howard.

Film ini mengisahkan tentang astronot dari Apollo 13 yang dibatalkan penerbangannya untuk misi ke bulan karena terjadi kerusakan sistem.

Film ini diadaptasi dari buku karangan astronot Jim Lovell dan Jeffrey Kluger dengan judul Lost Moon: The Perilous Voyage of Apollo 13.

Film ini memperoleh rating 7,6 dari 10 di imdb. Angka yang cukup membuktikan film ini menjadi film yang layak diacungi jempol bahkan terbukti memperoleh dua piala oscar dari 9 kategori yang dinominasikan.

4The Day After Tomorrow

youtube.com

Film ini memang mendapatkan rating terbilang biasa saja hanya 6,4 dari 10 berdasarkan imdb.

Film yang juga dibintangi Jake Gyllenhaal ini berkisah tentang isu dunia yang masih diperbincangkan saat ini yakni Global Warming dan perubahan iklim dunia.

Film ini memang lebih dominan hiburan menarik dan mendebarkan dari kejadian yang digambarkan ketika perubahan iklim mencapai puncak dibandingkan teroinya. Meskipun demikian film ini sangat menarik dan keren.

5Edison, The Man

thebigwigz.wordpress.com

Dari judulnya sudah pasti film ini mengisahkan ilmuwan fisika ternama Thomas Alva Edison. Mendapatkan rating 7,1 di imdb, menjadikan film ini harus ditonton bagi para pecinta fisika dan ilmu pengetahuan.

Film ini meraih satu penghargaan oscar dalam kategori Best Writing, Original Story. Tentu sudah pasti ceritanya menarik meskipun bergenre drama. Film ini tayang tahun 1940, diperankan oleh Spencer Tracy sebagai Alva Edison.