Akhir abad ke-20, dunia film Indonesia sempat mengalami hambatan. Hanya sedikit judul film dengan genre yang sama dirilis pada masa itu. Namun, film horor yang dibintangi Almh.Suzanna merupakan film terlaris. Sayangnya, film tersebut selalu mempertontonkan adegan panas.

Genre film tersebut ternyata tidak bertahan lama. Awal tahun 2000-an muncul pemikiran dan ide yang lebih kreatif di dunia film. Sutradara-sutradara muda mulai berdatangan untuk melahirkan genre-genre baru yang lebih segar.

Hasilnya, film karya sutradara muda di era 2000-an tetap dinilai menarik sepanjang masa. Film-film horor berbau pornografi tidak lagi menjadi favorit para penikmat film. Kini, orang-orang lebih memilih menonton film yang penuh inspirasi.

Ingin tahu film apa saja yang paling keren di era 2000-an? Simak deh, ulasan berikut ini.

1Ada Apa Dengan Cinta

photobucket.com

Film remaja yang dirilis tahun 2002 ini merupakan karya besar dari Rudi Soedjarwo. Film tersebut terbilang paling keren sepanjang masa. Sampai sekarang, masih menjadi fenomenal. Bahkan, kabarnya akan segera tayang film lanjutan, Ada Apa Dengan Cinta 2.

Film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) menceritakan tentang kisah Rangga dan Cinta. Dian Sastro dan Nicholas Saputra sukses memerankan dua karakter tersebut. Idiom, adegan, scene sampai dengan tokoh, hingga kini masih menjadi tren.

Nama besar Dian Sastro kian melambung setelah melakoni peran Cinta. Mulai dari gaya rambut sampai kata-kata yang dilontarkannya diikuti oleh banyak remaja kala itu.

2Eiffel I’m In Love

youtube.com

Beranjak ke tahun 2003, muncul film drama romantis bertajuk Eiffel I’m In Love. Film ini pun meraih kesuksesan yang nyaris sama dengan film AADC. Samuel Rizal dan Shandy Aulia menjadi sorotan para remaja di masa itu karena berhasil memerankan Radit dan Tita.

Film Eiffel I’m In Love menyedot lebih dari 2 juta penontong yang ditayangkan di bioskop. Saking suksesnya, film ini sampai punya versi theatrical dan versi extended khusus DVD.

3Laskar Pelangi

leomovies.com

Kehadiran Andrea Hirata dengan novel Laskar Pelanginya membawa warna baru di dunia film Indonesia. Film ini merupakan karya sutradara Riri Riza. Penontonnya mencapai lebih dari 5 juta orang.

Laskar Pelangi bercerita tentang 12 anak dari Belitung yang berusaha menggapai mimpinya. Kisahnya sangat menarik dan menginspirasi jutaan penduduk di Indonesia. Bahkan, mancanegara pun turut memuji kesuksesan film ini.

Meskipun tidak terlalu sejalan dengan isi novelnya, namun film ini dicintai jutaan penikmat film. Sampai sekarang film Laskar Pelangi masih menyandang sebagai film terlaris sepanjang masa.

4Pasir Berbisik

wikimedia.org

Film Pasir Berbisik merupakan salah satu film yang tak pudar sepanjang masa. Film tersebut mengisahkan tentang seorang gadis dusun yang mencari jati diri. Sementara ibunya mengalami kelelahan batin karena terlalu mengkhawatirkan sang putri.

Sosok gadis dusun bernama Daya sukses dibintangi oleh Dian Sastro. Daya adalah seorang gadis yang memberontak dalam kekangan hidup akibat cinta yang berlebihan dari sang ibu. Di sinilah Daya mulai bertarung melawan sepi di padang pasir yang menjadi tempat hidupnya.

5Gie

adenosekai.wordpress.com

Sutradara Riri Riza kembali menelurkan karya laris manis dan menginspirasi yang diangkat dari catatan harian mahasiswa era 60-an. Mahasiswa inspiratif yang bernama Soe Hok Gie. Film Gie dirilis berdasarkan kisah nyata dalam buku Catatan Seorang Demonstran.

Film Gie akhirnya sukses meraih tiga penghargaan sekaligus. Penghargaan tersebut yaitu, kategori film terbaik, aktor terbaik dan piñata sinematografi terbaik.