Hawa Oscar sudah semakin terasa. Pada 28 Februari 2016, para bintang film dunia akan berkumpul di Dolby Theater di Los Angeles guna menghadiri malam puncak Academy Awards ke-88.

Untuk tahun ini, rekor film yang mendapatkan nominasi Oscar terbanyak diraih oleh The Revenant, sebanyak 12 kategori. Namun jumlah ini belum bisa mengalahkan kedigdayaan Titanic.

Tahun ini, The Revenant dengan 12 nominasi dan Mad Max: fury Road dengan 10 nominasi memiliki peluang untuk disejajarkan dengan kesuksesan Titanic.

Berikut ini 10 film dengan nominasi Oscar terbanyak sepanjang masa

1Titanic

www.hdwallpapers.in

14 nominasi, Menang 11 kategori

Sutradara James Cameron berhasil membawa Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet ke puncak ketenaran. Titanic sangat sukses di penghargaan Academy Award dengan mendapatkan 14 nominasi dan membawa pulang 11 piala Oscar salah satunya Best Picture pada tahun 1998.

Biaya film Titanic pun dikabarkan lebih mahal daripada kapal Titanic nya sendiri.

2All About Eve

howlmag.com

14 nominasi, Menang 6 kategori

All About Eve merupakan film drama yang dirilis pada tahun 1950, disutradarai oleh Joseph L. Mankiewicz,dan diproduseri oleh Darryl F. Zanuck.

Film ini berdasarkan cerita pendek The Wisdom of Eve karya Mary Orr ditahun 1946. All About Eve sukses di Academy Awards tahun 1951 dengan memenangkan 6 kategori.

3Gone With The Wind

www.npr.org

13 nominasi, Menang 8 kategori

Gone With The Wind merupakan film historical-romansa yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Margaret Mitchell tahun 1936.

Film ini memenangkan 8 kategori di Academy Awards tahun 1940. Film ini pun memiliki durasi cukup lama, yaitu 234 menit.

4From Here to Eternity

www.youtube.com

13 nominasi, Menang 8 kategori

Film From Here to Eternity merupakan film drama karya Fredd Zinnemann. Film yang memenangkan 8 kategori di Academy Awards ini diadapatasi dari novel yang berjudul sama karya Sam Jones.

Penyanyi Frank Sinatra hadir di film ini dan memenangkan kategori Best Supporting Actor.

5Shakespeare in Love

www.pastposters.com

13 nominasi, Menang 7 kategori

Shakespeare In Love merupakan karya John Madden dan dibintangi oleh Gwyneth Paltrow dan Joseph Fiennes. Film drama romantis ini berhasil menyabet 7 kategori Academy Awards di tahun 1999 dan Gwyneth Paltrow mendapatkan piala Oscar di kategori Best Actress.

6Forrest Gump

10carderj.wordpress.com

13 nominasi, Menang 6 kategori

Film yang dibintangi Tom Hanks ini disutradarai oleh Robert Zemeckis. Forrest Gump diangkat dari karya novel Winston Groom yang berjudul sama.

Film ini sukses mendapatkan 6 piala Oscar, salah satunya Best Actor In a Leading Role yang diterima Tom Hanks pada Academy Awards tahun 1995.

7Chicago

gallerytheimage.com

13 nominasi, Menang 6 kategori

Film bertemakan musical komedi ini disutradarai oleh Rob Marshall, film ini menceritakan tema selebriti, skandal, dan korupsi di Chicago selama Zaman Jazz 1920-an.

Film ini berhasil memenangkan 6 kategori di Academy Awards tahun 2003. Chicago menjadi film musikal pertama yang memenangkan Best Picture sejak film Olive! tahun 1968.

8Mary Poppins (1964)

disney.wikia.com

13 nominasi,Menang 5 kategori

Mary Poppins merupakan film musical-fantasi karya Robert Stevenson persembahan dari Disney.Film ini mendapatkan 13 nominasi dan 5 piala Oscar pada Academy Awards tahun 1965.

Lagu Chim Chim Cher-ee dari Richard M. Sherman dan Robert B. Sherman memenangkan Best Original Song.

9Who’s Afraid of Virginia Woolf?

www.youtube.com

13 nominasi, Menang 5 kategori

Film yang disutradarai oleh Mike Nichols ini mendapatkan 13 nominasi dan menang 5 piala Oscar pada Academy Awards tahun 1967.

Pada tahun 2013, film drama-komedi ini dipilih untuk pelestarian di National Film Registry Amerika Serikat oleh Perpustakaan Kongres sebagai “budaya, historis, atau estetis signifikan”.

10The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring

winwallpapers.tumblr.com

13 nominasi, Menang 4 kategori

Film fantasi karya Peter Jackson ini sukses di Academy Awards tahun 2002 dan berhasil membawa pulang 4 piala Oscar, salah satunya Best Cinematography.

Film ini merupakan seri pertama dari The Lord of the Rings The Series diikuti The Two Towers (2002) dan The Return of the King (2003). Film ini diadaptasi dari novel klasik karya penulis Inggris John Ronald Reuel Tolkien atau J. R. R. Tolkien.

SHARE