quotesgram.com

7 Film Paling Menginspirasi Sepanjang Masa

Posted on

Film apa yang biasanya kamu tonton? Apakah film dengan genre percintaan? Thriller? Biografi? Ataukah kamu termasuk penyuka film-film motivasi tentang kerja keras menggapai impian?

Kalau menonton film dengan genre motivasi, rasa-rasanya setelah keluar bioskop, hati langsung menggebu, bersemangat melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Nah, sekarang coba kita tengok, film apa saja yang laris manis dan menginspirasi banyak orang?

Laskar Pelangi

shabrinasafiraf.wordpress.com
shabrinasafiraf.wordpress.com

Film Laskar Pelangi merupakan film yang diangkat dari buku milik Andrea Hirata dengan judul yang sama.

Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini sukses besar dan mampu membawa masyarakat untuk mengunjungi Belitung yang merupakan setting dari film ini.

Film ini dipenuhi kisah tentang tantangan kalangan pinggiran, dan kisah penuh haru tentang perjuangan hidup menggapai mimpi.

Ditampilkan juga keindahan persahabatan yang menyelamatkan hidup manusia, dengan latar belakang sebuah pulau indah yang pernah menjadi salah satu pulau terkaya di Indonesia.

Negeri 5 Menara

tulismenulis.com
tulismenulis.com

Pertengahan tahun 1988 Alif akan lulus SMP. Bersama sahabatnya, Randai, mereka berharap bisa masuk SMA terkenal di Bukit Tinggi, lalu lanjut kuliah di ITB.

Namun Amaknya menginginkan Alif untuk masuk ke Pondok Madani, sebuah pesantren di sudut Ponorogo, Jawa Timur. Alif memberontak tapi akhirnya memenuhi pinta orangtuanya walau setengah hati.

Alif sering menyendiri. Seiring berjalannya waktu, Alif mulai bersahabat dengan teman-teman satu kamarnya, yaitu Baso dari Gowa, Atang dari Bandung, Raja dari Medan, Said dari Surabaya, dan Dulmajid dari Madura.

Suasana kian menghangat di kelas pertama, saat Alif disentak oleh teriakan penuh semangat dari sang Ustadz: Man Jadda Wajada! Arti kata itu adalah: Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.

Kalimat inilah yang menambah motivasi keenam anak itu bermimpi. Man Jadda Wajada Alif bergeser: dari niat untuk keluar dari pondok Madani, menjadi bersungguh-sungguh mengejar mimpi.

Sang Pemimpi

nyayufatimahzahroh.wordpress.com
nyayufatimahzahroh.wordpress.com

Film ini merupakan lanjutan dari Laskar Pelangi. Kisahnya akan membuat setiap penonton menjadi percaya pada apa itu cinta, percaya pada kekuatan mimpi dan pengorbanan.

Film ini akan membawa penonton berkelana menerobos sudut-sudut pemikiran dengan pandangan yang berbeda tentang nasib, intelektual, dan kegembiraan yang meluap-luap, sekaligus kesedihan yang mengharu biru.

Arti perjuangan hidup dalam kemiskinan yang membelit dan cita-cita yang gagah berani akan menuntun para penonton untuk merasakan hal yang sama, membangkitkan adrenalin, dan menjadi ikut bersemangat.

3 Idiots

indcritic.blogspot.com
indcritic.blogspot.com

Berbeda dengan film india yang lainnya yang syarat dengan kisah cinta, film ini lebih berkisah tentang perjuangan hidup seorang anak petani miskin yang mampu berjuang menjadi seorang milyader dengan cara yang cukup unik.

Kisahnya berawal dari sebuah universitas yang seperti sekolah pada umunya. Lebih menekankan pada cara belajar menghapal dan konvensional.

Lalu masuklah seorang pemuda cerdas yang dengan cara unik memahami secara konteks setiap ilmu yang dia dapatkan dan pengaplikasiannya bagi kehidupan.

Tentu saja hal ini menjadikannya musuh bersama bagi universitasnya. Pemuda tersebut lulus menjadi siswa terbaik namun anehnya dia menghilang.

Di akhir cerita, pemuda yang pada awalnya diketahui anak orang kaya ternyata adalah anak petani miskin. Dia bersekolah menggunakan jati diri anak tuan tanah kaya yang kemudian ijazahnya diberikan kepada anak tersebut.

Namun tanpa ijazah pemuda cerdas itu mampu membuktikan dan menjadi orang yang sukses.

October Sky

quotesgram.com
quotesgram.com

October Sky menceritakan tentang perwujudan mimpi dari Homer Hickam, seorang remaja yang hidup di desa pertambangan Coalwood.

Homer bukanlah seorang yang istimewa di lingkungannya.  Dia tidak jago matematika, dia juga tidak bisa bermain rugby.

Dia selalu berada di bawah bayang-bayang Jim, kakaknya yang populer. Yang lebih parah lagi, Homer sama sekali tidak tertarik untuk turun ke bawah tanah dan menekuni profesi kebanggaan desa: menjadi penambang.

Tapi Homer lebih tertarik melihat langit, membangun impian dengan roket yang akan ia ciptakan sendiri.

Terinspirasi oleh peluncuran roket Sputnik yang membuka mata dunia, juga dengan dukungan gurunya, Homer membangun mimpi untuk keluar dari dunianya yang sempit dengan cara membuat roket dan mengikuti lomba fisika yang berhadiah beasiswa  pendidikan lanjutan di kota.

Pursuit of Happyness

laurettaanselmi.wordpress.com
laurettaanselmi.wordpress.com

Pelajaran yang bisa diambil dari film ini yaitu jangan pernah menyerah dengan keadaan dan komentar negatif orang.

Dalam film ini, hampir seluruh penonton menangis. Will Smith berperan sebagai salesman Chris Gardner yang menjadi gelandangan. Film ini diambil dari kisah nyata Chris Hadner seorang pendiri perusahaan pialang saham.

Berkisah tentang seorang salesman yang menghabiskan seluruh tabungan keluarga untuk membeli franchise untuk menjual scanner tulang (Bone Density Scanner) portable.

Hingga akhirnya Keluarga kecil ini mulai terpecah ketika mereka menyadari bahwa mereka tak mampu membayar sewa rumah dan tagihan-tagihan yang semakin menumpuk.

Keadaan diperparah oleh kebiasaan Chris yang memarkir mobilnya sembarangan. Karena tak mampu membayar surat tilang, mobil Chris akhirnya disita. Puncaknya, Linda pergi meninggalkan Chris dan pergi ke New York City.

Dalam keadaan putus asa, Chris tak sengaja berjumpa dengan seseorang yang membawa Ferari warna merah.

Chris bertanya kepada orang itu, pekerjaan apa yang ia lakukan sehingga mampu membeli mobil mewah? Orang tersebut menjawab bahwa ia adalah seorang pialang saham.

Sejak saat itu Chris memutuskan untuk berkarier sebagai pialang saham. Chris menerima tawaran magang tanpa dibayar di sebuah perusahaan pialang Dean Witter Reynolds yang menjanjikan pekerjaan bagi peserta magang terbaik.

Dalam masa magang yang tak dibayar itu, Chris mulai kehabisan uang. Akhirnya ia diusir dari rumah sewanya dan menjadi tuna wisma.

Kemiskinan dan ke-tunawisma-an ini semakin mendorong tekad Chris untuk menjalankan tugas dengan giat dan mendapatkan pekerjaan di Dean Witter Reynolds.

Di akhir cerita, Chris berhasil menjadi peserta terbaik dan diterima bekerja di sana. Beberapa tahun kemudian, ia mendirikan perusahaan pialang sendiri, Gardner Rich.

Pada tahun 2006, ia menjual sebagian kecil sahamnya dan berhasil mendapatkan jutaan dolar dari penjualan itu

Film ini menunjukkan berbagai alasan mengapa Anda tidak boleh menyerah dan jangan pernah membiarkan lingkungan di sekitar menghancurkan mimpi-mimpi Anda.

Jangan biarkan orang lain mengatakan, Anda tidak bisa melakukan apapun. Kamu punya mimpi? Lindungi itu sebaik-baiknya. Jika ingin mencapainya, berusahalah sekuat tenaga.

Mestakung

stokdata.blogspot.com
stokdata.blogspot.com

Film ini, seperti juga dalam bukunya berkisah tentang perjuangan siswa-siswa Indonesia untuk merebut juara pada olimpiade fisika tingkat international.

Di filmnya, alur cerita lebih kepada perjuangan salah satu siswa dari pulau Madura yang sangat senang mempelajari fisika.

Baginya, fisika bukan sekedar kumpulan teori dan rumus tetapi ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Dengan beragam konflik, keterbatasan hidup, akhirnya sang anak mampu mewakili Indonesia dalam kompetisi fisika internasional di Singapura.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *