Demi membuat blockbuster Hollywood, tentu saja dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Memang, biaya produksi yang besar tidak menjamin bakal menghasilkan film yang jadi hit, namun sebagian besar film sukses biasanya butuh biaya paling banyak.

Di industri film Hollywood bahkan saat ini ongkos film bisa lebih dari USD 100 juta. Dengan biaya sebesar itu, memang ada beberapa film yang akhirnya merajai box office dan mendapat pemasukan yang besar.

Nah berikut ini daftar film dengan ongkos produksi paling mahal dalam sejarah

1Pirates of the Caribbean: At World’s End

www.dan-dare.org

Film yang dibuat tahun 2007 ini menghabiskan biaya produksi hingga Rp 4,6 triliun. Dalam film ini yang menarik.

Setelah credit, ada adegan tambahan yang menunjukkan Will, ayahnya, dan Flying Dutchman kembali ke pulau, tempat Elizabeth sedang menunggu bersama anak William Turner III yang berusia 9 tahun.

2Cleopatra

www.ischia.it

Film ini mahal karena beragam kostum yang harus dipakai sang bintang Elizabeth Taylor. Bayangkan  hanya kostumnya saja menghabiskan biaya Rp 2,6 miliar.

Ini merupakan harga termahal untuk kostum seorang pemain film. Taylor mengenakan 65 kostum, termasuk sebuah gaun yang terbuat dari benar emas 24 karat.

Hal itu dilakukan karena memang teknologi film yang dibuat pada 1963 tersebut belum secanggih saat ini. Total film ini menghabiskan biaya produksi Rp 4,6 triliun

3Titanic

www.hdwallpapers.in

Film legendaris yang dibuat pada tahun 1997 ini menghabiskan biaya produksi sampai Rp 4 triliun. Ada satu fakta yang unik dalam film Titanic.

Ternyata, tangan yang menggambar Rose (Kate Winslet) bukanlah tangan Leonardo DiCaprio, melainkan tangan sang sutradara James Cameron. Pada post-production Cameron yang kidal, memutarbalikkan hasil syuting sehingga sang seniman akan terlihat seperti DiCaprio.

4Spider-Man 3

www.youtube.com

Film ini diproduksi hingga biaya Rp 4 triliun pada tahun 2007.Penayangan “Spider-Man 3” berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 272 miliar dalam 30 hari, lebih cepat daripada format 2D.

5Tangled

www.kiss1031.ca

Tangled adalah film kartun termahal yang pernah dibuat Disney hingga saat ini. Pembuatan film animasi ini menghabiskan biaya produksi Rp 3,8 triliun. Film yang dibuat tahun 2010 ini menceritakan tentang putri Disney Rapunzel.

6Harry Potter and the Half-Blood Prince

tinoschaedler.com

Sekuel film Harry Potter yang dibuat tahun 2009 ini termasuk sukses sekaligus mahal. Biaya produksinya mencapai Rp 3,7 triliun

Film “Harry Potter and the Half-Blood Prince” menjadi satu-satunya film “Harry Potter” yang masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Cinematography.

7Waterworld

www.theverge.com

Biaya produksi yang mencapai Rp 3,7 triliun pada tahun 1995 jelas angka yang amat fantastis waktu itu. Namun ada satu fakta unik dalam film ini.

Pemeran utama Kevin Costner rela menginvestasikan uang pribadinya sebesar Rp 300 miliar untuk pembuatan film ini.

SHARE