Vampir yang satu ini sebetulnya lebih mirip zombie atau mayat hidup. Kenapa? Ya karena mereka sudah mati tapi hidup lagi seperti zombie. Hanya saja, vampir ini punya gerak terbatas, hanya bisa melompat-lompat.

Vampir ini juga tidak setampan vampir di Barat yang wajahnya melelehkan hati gadis-gadis. Namanya jiangshi. Mereka tidak minum darah sama sekali, hanya mengonsumsi qi (energi kehidupan) dari orang-orang yang masih hidup.

Qi berguna untuk para jiangshi ini bertahan (setengah) hidup. Lalu kenapa yang muncul di film-film adalah jiangshi yang menghisap darah manusia? Ada dugaan pengaruh barat pada akhirnya membuat jenis makanan jiangshi ini berubah.

Nostalgia lagi yuk, apa saja adegan atau sesuatu yang khas dari film-film China-Tiongkok ini. Masih ingatkah kamu?

1Pakaian Dinas Vampir

bizarreandgrotesque.com

Namanya Changshan. Vampir Tiongkok atau China ini mengenakan pakaian resmi yang dulu digunakan sebagai pakaian pegawai pemerintah zaman Dinasti Qing.

Bangsa Manchuria sempat mewajibkan para pejabat bangsa Han untuk memakai pakaian ini pada abad ke-17.

Biasanya, pakaian changshan digunakan dalam pernikahan, pemotretan, dan acara formal lainnya, termasuk pada jenazah yang akan dikuburkan.

2Kertas Jimat

coolasscinema.com

Kalau tidak pakai kertas kuning bertuliskan mantra seperti gambar di atas, maka vampir tidak akan bisa diam. Mereka akan terus memburumu ke manapun.

Kalau kertas ini ditempel di dahinya, maka seketika itu juga vampir akan diam tak bergerak sedikitpun dan tidur. Begitu kertasnya diambil, maka mereka akan langsung terbangun.

3Lompat-lompat

kungfuwithbraudel.blogspot.com

Cara berjalannya memang begitu, melompat-lompat dengan tangan diluruskan ke depan. Lucu, ya? Gerakan mereka memang sangat kaku, maka tidak bisa bergerak bebas.

Orang-orang yang sudah mati biasanya menjadi kaku begitu akibat rigor mortis, yaitu keadaan kaku yang menandakan jelas bahwa orang itu memang telah mati disebabkan perubahan kimiawi pada otot.

Pantas saja mereka tidak bisa menekuk tangan atau kaki. Kalau sedang tidur, tangannya tidak terentang lurus ke depan, tapi ke bawah. Kalau di Indonesia, mereka mirip sekali dengan pocong.

4Tahan Napas

coolasscinema.com

Kalau keberadaanmu tidak mau ketahuan oleh vampir, maka harus tutup hidung. Jiangshi mendeteksi keberadaan manusia melalui napasnya, maka adegan tahan napas ini sudah familiar sekali khususnya bagi generasi 90-an yang cukup sering menonton film ini.

Adegan lucu ini kemudian diadaptasi oleh anak-anak 90-an dalam bermain sehari-hari seperti kejar tangkap. Ada yang jadi manusia dan ada yang jadi vampirnya. Kalau ada dalam posisi terpojok, maka yang menjadi manusia bisa menutup hidung lalu lari kabur.

5Ba Gua

en.wikipedia.org

Ba gua ini adalah alat pengusir vampir. Biasanya di tengah ba gua ada cermin. Kenapa cermin? karena vampir itu sebetulnya takut oleh bayangan mereka sendiri.

Ba gua ini (Gua atau pa kua secara harfiah) artinya delapan trigram yang ditampakkan dengan adanya delapan simbol trigram atau tiga garis.

Delapan simbol trigram ini melambangkan delapan area hidup. Adapun pada bagian tengahnya melambangkan kamu.

6Lam Ching Ying

martialartsmoviejunkie.com

Pasti bagi kamu yang dulu sering menonton film vampir ini sudah tidak asing dengan wajah bapak-bapak yang berbaju putih di gambar. Yap, namanya Lim Ching Ying.

Dia selalu berperan sebagai guru yang ahli dalam membasmi vampir, yang paling paham bagaimana menenangkan jianshi yang lepas dan berubah jadi buas.

Lim Ching Ying ini juga biasa dibantu oleh murid-muridnya maupun asisten. Apakah kamu masih familiar dengan wajah mereka? Oh ya, yang sering menjadi asisten Lim ini biasanya diperankan oleh Ricky Hui dan Chin Siu Ho.