Tidak diketahui dengan pasti kapan pertama kali food typography pertama kali muncul. Namun, teknik menghias makanan menjadi berbagai bentuk tulisan dan hiasan yang indah ini telah populer saat ini.

Food typography kini menjadi pilihan alternatif yang cerdas untuk industri makanan maupun restoran sebagai media branding dan pengenalan produk dalam berbagai iklan. Sebuah pilihan yang cantik, anggun dan menggiurkan.

curated.stampede-design.com
curated.stampede-design.com

Sebuah studio desain di Sheffield, Inggris, menawarkan branding dan typography pada berbagai produk yang ingin kamu pasarkan. Studio bernama Side by Side ini dikelola oleh 4 desainer kreatif. Benar, hanya empat orang.

Dave Greasley, Oliver Booth, Luke O’Brien dan Fera Baybutt mengenalkan bahwa Side by Side dengan taglinesmall in size, big in ideas”. Nah, berikut ini beberapa karya food typograhy mereka.

Khusus untuk produk Side by Side dalam food typography, mereka mendapat tantangan dari Sainsbury’s, sebuah toko bahan makanan online dalam sebuah proyek Twist Your Favorites.

Mari nikmati food typography beberapa bahan makanan dasar biasa yang akan membuatmu ngiler luar biasa.

1Coffee

side-side.co.uk

Tentu saja kopi adalah salah satu produk yang paling dicari dunia, dengan penjualan dan perdagangan lintas negara yang paling besar dan menghasilkan. Lebih dari 70 negara di dunia mengembangkan tanaman kopi.

Tentu saja yang paling terkenal dari Indonesia adalah kopi luwak. Kopi termahal di dunia yang membuat heran banyak pecinta kopi dunia. Hal ini karena kopi luwak memang biji kopi yang didapat dari kotoran luwak.

boredpanda.com
boredpanda.com

Biji kopi yang tidak tercerna oleh luwak ini kemudian dijadikan kopi berkualitas tinggi dan menjadi jenis kopi yang termahal di dunia. Kamu bisa bayangkan bagaimana jika biji kopi luwak dibuat menjadi food typography?

Nah, kalau kamu tidak terlalu suka dengan kopi, pikirkan lagi setelah melihat food typography di atas. Sekarang bagaimana pendapatmu tentang kopi?

2Dark Chocolate

side-side.co.uk

Semua orang suka coklat, tapi yang manis. Nah kalau dark chocolate yang asli tentu saja tidak manis. Bahkan kamu akan merasakan sensasi pahit dari dark chocolate. Namun tetap saja bahwa coklat memang sangat populer di dunia.

Coklat dibuat dari biji buah kakao. Komoditas ini ternyata mempunyai sejarah yang sangat panjang. Bahkan dikatakan bahwa telah ditemukan bukti bahwa coklat dikonsumsi oleh peradaban yang berumur sangat tua, suku Maya dan Aztecs.

boredpanda.com
boredpanda.com

Nah, negara produsen coklat terbesar didunia, menguasai lebih dari setengah produksi coklat di dunia adalah Pantai Gading. Indonesia sebenarnya juga berpotensi menjadi produsen coklat yang besar.

Sayang sekali, banyak perkebunan coklat di Indonesia yang bangkrut karena tidak didukung oleh industri dalam negeri yang mampu mengolah coklat. Jadilah biji kakao hanya diekspor mentah dengan keuntungan yang sedikit.

Barangkali rasa pahit itulah yang menjadi antitesis pada desain food typography di atas. Kamu sama sekali akan lupa dengan pahitnya dark chocolate dan membayangkan betapa manisnya coklat yang mencair lembut di mulutmu.

3Honey

side-side.co.uk

I love you , Honey! Semua orang suka madu. Makanan yang berasal dari nektar bunga ini diproduksi dalam skala industri oleh koloni lebah yang menakjubkan. Bukan hanya lebah madu yang dapat memprouksi madu.

Di Indonesia kamu akan menemukan banyak sekali jenis madu dari berbagai jenis lebah. Mulai dari lebah madu biasa, hingga lebah hutan yang liar tanpa melalui pembiakan dengan bantuan sistem peternakan lebah oleh manusia.

Indonesia memang surganya madu. That’s why I love you, Honey.