Anak adalah karunia Tuhan yang selalu menjadi kebahagiaan bagi setiap orang tua. Namun, bagaimana jika anak terlahir dalam keadaan berkebutuhan khusus? Tentunya semua sudah digariskan oleh sang pencipta dan tidak ada yang perlu disesali.

Mereka anak-anak dengan disabilitas atau berkebutuhan khusus tetap berhak mendapatkan kasih sayang, bahkan lebih dari anak biasa.

Walaupun orang tua biasanya tidak siap pertama kali menyadari anaknya tidak seperti anak lainnya. Tapi naluri orang tua akan membuat mereka selalu menyayangi darah dagingnya sendiri.

Seperti yang dialami oleh Ceridwen Hughes, ia baru menyadari bahwa anaknya mengidap sindrom langka di usia 8 bulan. Putrinya Isaac mengidap apa yang dinamakan Sindrom moebius.

Sedih dan frustasi, Ceridwen Hughes beruhasa keras untuk mengusahakan treatment medis semaksimal mungkin kepada anaknya. Namun Hughes akhirnya menyadarinya, bahwa memiliki putri berkebutuhan khusus juga merupakan berkah.

Bahkan kini Hughes berusaha untuk mengajak seluruh orang untuk melihat anak-anak berkebutuhan khusus lebih dalam lagi. Melihat sisi personal mereka katimbang hanya melihat kondisi fisik mereka.

Hughes mengumpulkan para orang tua lain yang situasinya sama dengan dirinya, lalu mendirikan komunitas agar mereka merasa tidak sendiri.

Komunitas ini juga ingin menyampaikan kepada orang-orang yang tidak tahu tentang anak difabel, bagaimana memperlakukan mereka semestinya.

Cara yang dipakai Hughes adalah dengan mengambil gambar anak-anak berkebutuhan khusus ini dengan menampilkan sisi personalia masing-masing. Bahwa setiap dari mereka tetap punya karakter dan personal yang unik, seperti hal anak-anak lainnya.

Berikut ini adalah beberapa gambar yang telah dihasilkan Ceridwen Hughes. Semoga bisa membuat kita lebih memahami dan memperlakukan mereka lebih baik lagi.

1Matthew

boredpanda.com

Matthew yang mengalami sindrom crouzon dan memiliki implan koklea, tak menghalanginya untuk jatuh cinta pada sepak bola. Sepak bola benar-benar membuat hari-hari Matthew lebih bergairah

Sindrom crouzon merupakan penyakit autosomal dominan dengan gejala yang bervariasi yang disebabkan oleh mutasi gen pertumbuhan FGFR2 (Fibroblast Growth Factor Receptor 2) pada kromosom.

2Elisabeth

boredpanda.com

Elisabeth lahir sebagai kembar pada kehamilan 23 minggu 4 hari. Saat itu hanya berbobot 1 lb 4,5 ons. Setelah 3 bulan orangtuanya baru menemukan bahwa dia telah mengalami hydrocephalus (air di otak) yang mungkin disebabkan oleh pendarahan otak kecil.

kondisi itu tak menghalangi Elisabeth untuk mengembangkan bakat dan hobinya. Dia sangat suka menari dan baru-baru ini Elisabeth telah masuk dalam kursus balet.

3April

boredpanda.com

April  adalah anak yang berani, tapi memiliki karakter yang sangat ramah dan unik. Setiap orang yang bertemu dengan dia akan terpesona dan menyukainya. Tidak terlihat bahwa ternyata April mengalami sindrom hurler.

Sindrom hurler adalah kelainan genetik yang mengakibatkan penumpukan glycosaminoglycans. Masalah utama dalam sindrom hurler adalah bahwa individu tidak bisa melampaui gula.

4Tomos

boredpanda.com

Seperti kebanyakan anak laki-laki lainnya, Tomos memiliki mimpi suatu hari nanti bisa bermain sepak bola untuk klub besar Manchester United. Anak yang mengalami spina bifida ini adalah fans berat dari klub kesayangannya itu.

5Grace

boredpanda.com

Grace adalah anak yang mengidap sacral agenesis, a heart murmur, PVL, dan misplaced spleen. Disabilitas itu tidak mengurangi keceriannya sebagai anak-anak.

Grace sangat menyukai segala sesuatu yang berkaitan dengan Walt Disney, terutama pada karakter kartun Mickey.

6Faith

boredpanda.com

Faith adalah anak yang penuh kasih sayang, menyenangkan, sedikit cerewet tapi hangat. Gadis berusia 14 tahun ini memenuhi dunianya dengan rasa humor.

Ia dilahirkan dengan penghapusan kecil pada the short arm of chromosome 11, atau yang dikenal sebagai sindrom WAGR.

7Heidi

boredpanda.com

Menikmati pergi ke bioskop, makan di luar, mendandani bonekanya sebagai putri Disney, dan Heidi juga sangat menyukai binatang. Itulah aktivitas dari anak pengidap sindrom ehlers danlos jenis 3, tidak ubahnya seperti anak gadis lainnya.