Barangkali memiliki anak yang tidak beruntung dan mengalami down syndrome bukanlah takdir yang diinginkan orang tua manapun di dunia ini.

Tetapi apa yang akan kamu lakukan untuk mewarnai dan mengisi hari-hari anakmu jika memang hal itu terjadi?

Down syndrome adalah kelainan genetik yang terjadi pada kromosom nomor 21. Selain pertumbuhan fisik yang terlambat, ciri wajah yang identik juga terjadi pada anak, bahkan IQ rata-rata pada anak dengan down syndrome hanyalah pada level 50.

Namun, fakta ini tidak membuat hidup Sebastian Luczywo atau Seb hancur. Sebagai ayah dari anak perempuannya yang mengidap dwon syndrome, fotografer profesional ini justru memberikan kisah yang inspiratif bagi kita.

Berikut adalah kisah Seb dengan anaknya, Kaja.

1The Duel

boredpanda.com

Inilah wajah Kaja, dalam beberapa foto selanjutnya, foto yang diberi keterangan ©SEB di bagian kanan atas berarti merupakan jepretan sang ayah. Sedangkan foto dengan keterangan ©KAJA adalah karya si anak, Kaja.

boredpanda.com
boredpanda.com

Seb adalah fotografer amatir 5 tahun lalu, kini ia telah menjadi fotografer profesional. ia berasal dari Polandia dan objek umum yang sering dijadikan model dalam karya Seb adalah istrinya, anaknya dan ternak-ternak miliknya.

2Kabut

boredpanda.com

Seb tidak pernah mengajarkan Kaja tentang fotografi, tetapi Seb tahu bahwa Kaja memiliki ‘mata’ dan taste yang bagus dalam hal fotografi. Bahkan ide ‘pertarungan’ fotografi ini dicetus oleh Kaja sendiri, bukan oleh Seb.

boredpanda.com
boredpanda.com

Bagaimana menurut kamu? Dari foto bangunan yang menjulang tinggi berkabut ini, karya siapa yang lebih makjubkan? Kaja punya potensi yang besar sebagai fotografer profesional, sudah pasti.

3Hutan Hujan Kabut

boredpanda.com

Foto-foto karya Seb dan anaknya ini diunggah oleh Seb sendiri lewat laman website Boredpanda. Seb mengatakan bahwa ia merasa sangat bahagia dan justru ingin belajar lebih banyak lagi tentang fotografi.

boredpanda.com
boredpanda.com

Seb belajar dari anaknya, sungguh sebuah kenyataan yang mengharukan bukan? Kehidupan memang penuh misteri dan rahasia, seperti hutan yang dihujani kabut di Polandia.

Pagi hari yang gelap dan senyap oleh kabut yang seolah mengikat erat pepohonan.

4Air Kehidupan

boredpanda.com

Karya foto dengan topik air yang satu ini membutuhkan sense of art yang tidak main-main. Kombinasi warna yang cantik dan memukau akan muncul dari pantulan air yang tenang, jika kamu bisa memilih angle yang tepat pada jepretan kamu.

boredpanda.com
boredpanda.com

Seb mengambil foto pantulan anaknya yang sedang bermain dengan anjing. Sedangkan Kaja mengambil foto siluet ayahnya yang sedang memotret anjing. Kamera yang mereka gunakan di­-setting dalam mode auto dengan lensa yang sama.

5Sapi yang Bebas?

boredpanda.com

Dalam foto yang satu ini, Seb dan  Kaja mengambil sapi ternak milik Seb sebagai objek model duel fotografi mereka. Masih dengan kabut pagi hari yang hangat diterjang sinar matahari.

boredpanda.com
boredpanda.com

Seb ‘menceritakan’ dalam fotonya bahwa sapi seolah hidup bebas di alam rerumputan yang luas. Sementara Kaja justru ‘mengatakan’ sebaliknya, sapi-sapi ini ‘dikekang’ oleh pagar berduri yang berbahaya. Mana yang terbaik menurut kamu?

6Salju dan Matahari

boredpanda.com

Salah satu sensasi hidup di negara yang ‘disinggahi’ salju dari langit adalah seperti yang dijepret oleh Seb dan Kaja dalam foto ini. Kemesraan salju dan matahari pagi.

boredpanda.com
boredpanda.com

Salju yang seolah telah menyatu dengan semak liar menjadi ‘duri-duri’ putih yang indah, perlahan akan mulai cair dan meng-air. Menjadi air, menjadi kesuburan bagi semak itu.

Tidak, sama sekali tidak, salju tidak menyiksa si semak sama sekali.