Anak mempunyai dunianya sendiri. Dalam mendidik anak tidak seharusnya dilakukan dengan cara pandang orang dewasa. Pendidikan anak diarahkan agar anak tetap merasa nyaman dan menyenangkan, sekaligus efektif dapat diterima.

Tidak jarang anak tidak dapat memahami pembelajaran orang dewasa, atau tidak mau memahami karena merasa tidak nyaman. Orang dewasa perlu masuk kedalam dunia anak jika ingin membuatnya nyaman.

Maka sebisa mungkin metode pembelajaran dilakukan dalam lingkup dunia anak. Semisal menyampaikan nilai-nilai etika dengan dongeng. Misal yang lain menggunakan media kartun, superhero idolanya dalam berhitung dan pengajaran lainya.

Jeff Friesen, seorang fotografer punya cara unik untuk mengajarkan anaknya fotografi dan seni diorama. Tanpa harus memikirkan banyak tema, diambil saja mainan kesukaan anaknya untuk menjadi obyek diorama, yakni dinosaurus.

Jadi si anak akan menyukai kegiatan dengan memakai mainan dinosaurusnya, tanpa terasa dia juga belajar tentang seni fotografi dan seni diorama. Diorama adalah benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau adegan.

Friesen juga berkreasi bersama anaknya membuat diorama dengan tema yang unik dan lucu. Pastinya akan menghibur setiap orang yang melihatnya gambar diorama tersebut

Ingin tahu seperti apa karya fotografi dan diorama dari Jeff Friesen dan anaknya? ini dia beberapa karyanya yang di unggah di boredpanda.com.

1Seni Primitif

boredpanda.com

Inilah pelukis jaman purba, seekor dinosaurus yang banyak menghasilkan karya karya hebat. Nampak dinoasurus dengan tatapan tajam dan ketrampilan tangan melukis alam di zaman purba.

Mungkin di zaman dulu dinosaurus ini setenar Leonardo Da Vinci, atau kalau di Indonesia sekelas Affandi.

2Menghias Pohon Natal

boredpanda.com

Ibu T.Rex tampak mengajari anaknya untuk menghias pohon natal. Pohon cemara dengan bola warna-warni di sekelilingnya dan bintang di pucuk cemara.

Tidak lupa kaos kaki digantungkan di dekat pohon cemara, berharap Santa Claus akan datang memberikan banyak hadiah di tengah malam. Kira-kira Santa Clausnya rupa dinosaurus atau rupa orang ya?

3Dinosaurus Remaja Gaul

boredpanda.com

Ternyata, para remaja dinosaurus zaman dulu juga gaul. Bermain skateboard, sepatu roda, atau juga sepeda BMX. Semuanya permainan yang memacu adrenalin anak muda.

Seekor dinosaurus muda nampak asyik sedang free styling skateboard di atas meja makan. Asal jangan sampai ketahuan ibunya saja kalau nggak mau kena omelan.

4Dinosaurus High Tech

boredpanda.com

Jangan pernah bilang kalau dinosaurus adalah makhluk primitif setelah melihat gambar ini. Dinosaurus juga ada yang melek teknologi seperti gambar di atas.

Dia nampak serius memainkan jari di atas keyboard komputer dan memandang Layar LCD. Saking seriusnya sampai dia lama nggak duduk dan berdiri terus. Mungkin karena buntutnya panjang dan kebesaran, jadi susah duduknya.

5Jagalah Kebersihan!

boredpanda.com

Dinosaurus ini sangat memerhatikan kebersihan terutama pada kebersihan diri. Jadi malu kalau kita manusia masih aja malas mandi. Dengan bathub kecilnya ia nampak sedang mencari posisi untuk berendam.

Kira-kira cukup nggak ya tubuh besanya di dalam bathup?

6Arsitek Zaman Purba

boredpanda.com

Tahukah kamu ternyata ilmu arsitektur sudah dimulai dari zaman dinosaurus? Lihat tu gambar, si dinosaurus sedang memasuki celah yang menjadi cikal bakal pintu.

Dinosaurus ini telah menggambar banyak desain arsitektur rumah yang cocok dihuni para dinosaurus. Kira-kira rumahnya tipe berapa ya? Kalau tipe 36 pasti nggak mungkin muat kan?

7Dinosaurus Bersepeda

boredpanda.com

Niatnya sih mau free styling pake sepeda BMX, tapi karena sepedanya terlalu kecil, jadi binggun si dinosaurus naikinnya.

8Nggak Tahan Godaan

boredpanda.com

Susahnya menjadi dinosaurus yang beradab dan tinggal di rumah seperti manusia. Lihat daun dikit di pot aja nggak tahan untuk langsung dimakan. Hhmm, kayaknya nggak perlu dapur buat masak makanan.

9Ini Baru Dinosaurus Berpendidikan

boredpanda.com

Saat yang lain dinosaurus lain makan tanaman di pot, dinosaurus ini justru memelihara tanaman dengan baik. Sepertinya dia sudah dapat pendidikan dengan baik tuh.