Manusia modern semakin tidak bisa lepas dengan yang namanya foto dan kamera. Belum lepas dengan fenomena mendunia selfie, lalu muncul tongsis alias tongkat narsis yang membantu selfie dari jarak jauh.

Kini dengan semakin majunya teknologi, dan juga semakin mudahnya teknologi itu diakses oleh masyarakat umum, dunia fotografi juga semakin berkembang. Yang paling digemari dan mengagumkan hasilnya saat ini adalah foto drone.

Keberadaan drone sebenarnya bukan barang baru, sudah ada semenjak bertahun-tahun yang lalu. Hanya saja saat itu penggunanya terbatas pada profesional dan ditujukan untuk keperluan tertentu.

Semisal digunakan media massa untuk merekam peristiwa dari ketinggian, atau untuk syuting film-film layar lebar yang membutuhkan gambar terbaik dari atas. Namun saat ini, penggunaan drone secara massal juga menggeser fungsi sebelumnya.

Drone di tangan para pecinta fotografi, para traveller, jadi hanya sebatas hobi atau gegayaan saja.

Melihat fenomena ini Alex Duplin yang sudah lama menggemari foto drone berinisiatif membuat wadah komunitas online untuk menampung hasil foto drone terbaik dari seluruh dunia. Wadah itu berupan jejaring sosial dengan alamat dronestagr.am.

Inisiatif itu pun disambut antusias dari pelaku foto drone, terbukti dengan begitu banyaknya foto masuk ke jejaring sosial milik Alex. Dari semua foto yang masuk ada beberapa yang terbaik menurut Alex Duplin.

Dan berikut kita pilihkan 10 foto drone terbaik yang diambil ketinggian.

1Mana Unta Sebenanya?

Dronestagr.am

Ayo, mana posisi unta yang sebenarnya? Sekilas kamu kan melihat bayangan hitam unta adalah unta sebenarnya, dan posisi kamera ada di sampingnya. Tapi ternyata itu hanya bayangan dari unta yang di foto dengan drone dari ketinggian.

Dengan memoto unta dari atas, di waktu posisi matahari membentuk bayangan sama lurus dengan obyek aslinya. Jadilah foto istimewa ini. Mungkin ini tangkapan foto drone terbaik dilihat dari teknik dan hasil gambarnya.

Foto drone di atas sendiri diambil saat berlangsung lomba balap unta Al Marmoun yang rutin diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab.

2Sarang Burung Menggantung

Dronestagr.am

Kalau ini obyek gambarnya yang begitu spesial kala diambil dari drone. Jika biasanya sarang burung berada di pohon-pohon, kalau yang ini sangat unik karena sarang burung tersebut dibuat di antara kabel-kabel listrik yang ada di Polandia.

Jadi kalau dibidik dari kamera drone, sarang burung ini tampak seperti menggantung di ketinggian. Tidak takut jatuh apa si burung ini?

3Selfie Dari Jauh

Dronestagr.am

Jadi selfie yang keren di jaman sekarang itu kalau bisa ambil gambar dari ketinggian dengan menggunakan drone. Berarti tongsis udah nggak jaman dong?

Tampak seeorang pria berfoto diantara tanaman hijau di Xiwei Reservoir, Zoucheng, Shandong, Cina. Dia mengendalikan drone dari jarak jauh untuk mengambil gambar cantik dari atas drone milikinya.

4Selfie di Pulau Cantik

Dronestagr.am

Lagi-lagi selfie jarak jauh rame-rame di pulau yang cantik. Semakin cantik dengan teknik pengambilan gambar yang apik dari kamera drone.

5Kota di Pulau Pasang Surut

Dronestagr.am

Ini adalah sebuah lokasi terkenal, yakni Mont Saint Michel, di Normandia, Perancis. Dari kejauhan tampak beberapa bangunan tinggi yang berdiri di pulau pasang berbatu.

6Perbandingan Ukuran Manusia dan Paus

Dronestagr.am

Kamera drone membidik obyek manusia yang sedang berenang dengan seekor paus. Tampak jelas sudah perbandingan ukuran tubuh manusia dengan paus.

7Negeri di Atas Awan

Dronestagr.am

Bukan hanya sebuah lagu, ternyata negeri di atas awan dibuktikan dengan kamera drone canggih ini. Kabut yang menglilingi langit kota ini tampak seperti awan sungguhan ya!

8Sawah Berundak di Bali

Dronestagr.am

Bukan hanya obyek di luar saja yang keren, di Indonesia juga banyak obyek keren yang dapat difoto dari drone. Contohnya seperti sawah berundak yang ada di Tegallalang, Bali.

Kontras sekali nampaknya antara lingkungan alami yang langsung berbatasan dengan jalan perkotaan.