boredpanda.com

Foto-Foto Benih Tanaman Tercantik dari Joni Niemela

Posted on

Joni Niemela adalah seorang fotografer yang tekun. Ia rela menghabiskan waktu selama bertahun-tahun untuk memotret benih tanamana dengan teknik makro.

Teknik fotografi makro merupakan teknik memotret dengan jarak sangat dekat sehingga hasil yang diperoleh lebih detil. Teknik fotografi ini tidak memerlukan alat bantu pembesar objek, seperti mikroskop.

Rasio untuk teknik fotografi makro yakni 1 : 1, yang artinya besar gambar sama dengan ukuran benda aslinya. Pilihlah lensa makro untuk bisa menggunakan fotografi makro.

Untuk mendapatkan foto makro dengan biaya murah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, memakai filter close up. Filter ini adalah filter yang di depannya terpasang lensa yang berfungsi mirip kaca pembesar.

Filter digunakan untuk mendapatkan pembesaran fokus sesuai keinginan. Cara ini untuk mengantisipasi jika kamu tidak punya lensa makro.

Cara berikutnya yakni memakai reverse ring. Cara kerjanya dengan membalik lensa untuk bisa memperoleh foto makro. Sebenarnya, reverse ring merupakan alat bantu yang berfungsi menyatukan lensa yang dibalik dengan badan kamera.

Cara ketiga yaitu memakai makro extention tube. Bentuknya menyerupai pipa yang dipasang antara lensa dan badan kamera. Nantinya jarak fokus yang didapatkan lebih dekat sehingga bisa memotret benda yang lebih detil.

Salah satu perusahaan khusus yang memproduksi fotografi makro adalah Mascroscopic Solutions.

Fotografi makro tersebut digunakan untuk miniatur bahan, menjadi pioneer pekerjaan mikroskopis serta mengabadikan peristiwa natural di seluruh belahan dunia.

Daniel Saftner adalah pendiri Mascroscopic Solutions. Menurutnya, benda atau ornamen yang terlalu kecil seringkali sulit untuk ditangkap oleh penglihatan biasa.

Dia mendirikan perusahaan tersebut untuk menangkap fenomena, mengabadikan, dan mengekspos dalam sajian visual yang lebih detil. Menurutnya, itu memiliki nilai sains sekaligus seni yang luar biasa.

Ke depannya, perusahaan Daniel mengembangkan Macropod yang merupakan alat untuk menangkap gambar agar lebih jelas. Fokus yang dimiliki pun tinggi, sekitar 18-12 mega piksel.

Fokus yang mendetil membuat gambar makroskopis sains dapat ditangkap secara tajam. Seekor kumbang sampai sebutir benih tanaman pun dapat terlihat dengan jelas.

Sebagaimana foto-foto jepretan Joni Niemela yang berjudul Seeds. Ia bahkan mampu memotret benih tanaman hingga detil terkecil.

Yuk, langsung saja simak foto-foto cantiknya!

Butiran Daun di Permukaan Benih

boredpanda.com
boredpanda.com

Joni memotret sebuah benih tanaman sampai terlihat detil. Kombinasi warna yang nampak adalah hijau, coklat, dan putih.

Ujung benih menyerupai kuas putih bening. Seluruh permukaan benih terlihat jelas dijatuhi embun.

Benih yang Bercahaya

boredpanda.com

Tidak ada yang mengira bahwa gambar ini sebenarnya benih tanaman. teknik fotografi makro yang digunakan Daniel membuat detil warna dan bentuknya terlihat sangat jelas.

Benih tersebut seperti saputan bulu-bulu halus berwarna coklat yang diliputi ratusan cahaya. Indah sekali bukan?

Ternyata Kapas Itu Benih

boredpanda.com
boredpanda.com

Banyak yang menebak ini gambar helaian kapas. Padahal, gambar benih tanaman yang berlatar belakang warna biru. Dengan demikian warna putih lembutnya semakin menyala dan bercahaya.

Kawanan Embun yang Berkilau

boredpanda.com
boredpanda.com

Pernah melihat kecantikan embun dari dekat saat menempel di permukaan benih? Dari jauh, embun hanya terlihat serupa air saja. Tapi, ternyata lebih dari itu, guys. Tetesan air embun bening berkilau laksana kaca.

Sarang Laba-Laba

boredpanda.com
boredpanda.com

Sarang laba-laba ini menempel di deretan benih. Dari kejauhan, sama sekali tidak ada nilai keindahan yang terpancar. Tapi, setelah dipoles dalam teknik fotografi makro, justru sarang laba-laba dan benih terlihat eksotis.

Oranye Hitam yang Menawan

boredpanda.com
boredpanda.com

Pernah berpikir ini adalah gambar bayangan monster jahat? Ya, memang mirip. Namun, sebenarnya gambar tersebut adalah benih tanaman yang ditangkap dengan teknik fotografi makro.

Demikianlah, beberapa foto-foto hasil jepretan Joni Niemela. Bahkan benih tanaman yang biasa-biasa saja ternyata memiliki keindahan bentuk tiada tara.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *