Jika kita belajar dari penulisan sejarah, maka kita akan menemukan banyak versi sejarah dari satu pristiwa yang sama. Banyaknya versi sejarah ini, terkadang membuat kita bingung, sebenarnya yang benar itu versi yang mana?

Untuk mencari kebenaran dari salah satu versi sejarah, mungkin akan sangat sulit sekali. Jadi sampai kapan pun kita tidak bisa membenarkan salah satunya secara mutlak dan menyalahkan salah satunya secara mutlak juga.

Kenapa sulit mencari mana yang benar? Ini dikarenakan, sejarah tentang satu peristiwa ditulis oleh orang yang berbeda-beda dengan sudut pandang yang berbeda pula. Bukankah apa yang kita lihat dari belakang, dari samping, dari depan, dari bawah dan dari belakang itu berbeda-beda?

Nah, salah satu bukti bahwa sudut pandang itu berperan besar terhadap persepsi orang akan sesuatu, maka ada baiknya kita lihat foto-foto berikut ini.

Back

1. Foto Pertama

Ketika melihat foto ini sekilas, mungkin kita akan berpikir bahwa apa yang dilakukan oleh orang di dalam foto ini berbahaya sekali. Pasalnya untuk bergelantungan seperti itu saja sangat beresiko sekali. Apalagi jika harus menahan beban sepeda di salah satu tangannya.

Namun, benarkah seberbahaya itu untuk mendapatkan foto seperti ini? Bagaimana jika kita melihat foto ini secara terbalik? Jika dilihat terbalik, ternyata objek fotonya tidak dalam kondisi menggantung di dinding seperti tadi, namun ternyata, objek fotonya berpose di jalanan.

Dari foto pertama saja, kita bisa lihat bahwa perbedaan cara melihat saja akan membedakan kesan ketika kita melihat sesuatu. Jadi, ketika kita berbeda pendapat dengan orang lain atas peristiwa tertentu, maka kita perlu ingat bahwa sudut pandang tiap kita itu berbeda. Jadi jangan keburu baper ya!

boredpanda.com
Back