Jika kamu merupakan orang awam dalam dunia fotografi, kamu mungkin mengira bahwa foto-foto yang menakjubkan hanya bisa diambil menggunakan kamera khusus. Dan tentu saja oleh fotografer handal.

Kamu mungkin perlu melakukan pemikiran ulang tentang itu. Perkembangan dunia teknologi sangat pesat. Saat ini bahkan telah tersedia berbagai smartphone dengan fitur kamera yang tak kalah kualitasnya dibandingkan kamera khusus.

Jika kamu tidak percaya, mari lihat beberapa foto yang dihimpun lewat iPhone Photography Awards tahun 2015. Foto-foto indah ini hanya diambil menggunakan kamera iPhone, iPod atau iPad.

Para pendaftar lomba ini bahkan berasal dari 120 negara berbeda, tanpa edit menggunakan photoshop atau sejenisnya.

1Photographer of the Year, 1st Place

ibtimes.co.uk

Foto yang menakjubkan ini dikirimkan oleh Michal Koralewski asal Kozieglowy, Polandia. Foto ini diambil di salah satu kawasan perbelanjaan di Warsawa.

Menurut Koralewski, kamu seakan-akan membaca sebuah buku cerita kehidupan si pemain akordion hanya dengan melihat wajahnya saja. Wajah yang penuh cerita.

2Photographer of the Year, 2nd Place

ibtimes.co.uk

David Craik, asal Surrey, Inggris menempati peringkat kedua dengan foto burung yang sedang melebarkan sayapnya dengan sangat indah.

3Photographer of the Year, 3rd Place

ibtimes.co.uk

Menurut Yvonne Lu asal New York, Amerika Serikat, pasangan ini seakan tidak membutuhkan apapun di dunia ini. Cukup untuk berdua. Hanya untuk berdua.

4Kategori Animals, 1st Place

ibtimes.co.uk

Sephi Bergerson asal Goa, India mempunyai selera gambar hewan sangat cantik.

5Kategori Seasons, 1st Place

ibtimes.co.uk

Barang kali si fotografer, Heather Goss asal Grand Haven, Amerika Serikat ini ingin para penikmat fotonya mengalami sensasi beku yang mematikan. Rasa beku yang tanpa akhir, hingga ujung perjalananmu, kamu tetap akan membeku.

6Kategori Sunset, 1st Place

ibtimes.co.uk

Suasana ‘akhir’ sangat kental pada foto milik Robert Radesic asal Pula, Kroasia ini. Cahaya yang mulai meredup di ujung kota yang tenang. Gambar yang sangat menggugah.

7Kategori Landscape, 1st Place

ibtimes.co.uk

Pemandangan yang pas, tidak kurang, tidak lebih. Paduan antara pantai, pegunungan, sunset dan sepakbola. Foto ini dikirim oleh Chris Belcina asal Cooper City, Amerika Serikat.

8Kategori Children, 1st Place

ibtimes.co.uk

Afrika selalu menjadi ironi bagi anak-anak. Kamu akan banyak menemukan artikel dan foto tentang kondisi anak-anak di daratan Afrika. Mulai dari kelaparan, perang suku, hingga perang masif dengan kepentingan politik.

Fotografer asal Washington, Amerika Serikat, bernama Jeremy Kern sepertinya ingin mengingatkan pada kita, bahwa Afrika belum selesai. Masih banyak anak-anak yang membutuhkan pertolongan.

Demi masa depan Afrika, demi masa depan dunia, demi masa depan rasa kemanusiaan manusia.

9Kategori Travel, 1st Place

ibtimes.co.uk

Tidak hanya kehidupan masa lalu kerajaan Mesir yang menarik dengan Piramida dan berbagai peninggalan kuno lainnya. Namun kreativitas serta desain rumah di Mesir juga sesuatu yang akan membuatmu betah untuk berkunjung disana.

Ahmed Saeed asal Kairo mengirimkan salah satu kenampakan rumah yang sangat eksotik aksesori dan desain dindingya.

10Kategori Trees, 1st Place

ibtimes.co.uk

Pada sebuah padang kering yang seolah tanpa ujung, berdiri sebatang pohon gagah. Yang hampir saja kalah oleh alam, oleh angin. Tetapi ia masih tegak. Ia masih bisa tumbuh.

Begitupun harusnya manusia, mestinya lebih mampu bertahan dan survive dari keterasingan dan masalah apapun. Ruairidh McGlynn asal Edinburg, Inggris menawarkan pada kita potret sebuah keteguhan dalam keterasingan dan ketiadaan.

11Kategori Nature, 1st Place

ibtimes.co.uk

Alam sungguh saling bersahabat dan bersaudara. Bahkan embun tidak tega untuk meruntuhkan sarang laba-laba. Embun hanya rela menjadi sumber kehidupan sang laba-laba untuk sekedar menghilangkan dahaga. Hanya sekedar itu saja.

Kamu tertarik untuk mengikuti iPhone Photography Awards? Ikut iPhone Photography Awards tahun depan!