Karya yang istimewa dan menakjubkan tidak pernah dihasilkan hanya dalam satu malam saja. Butuh pengalaman dan jam kerja panjang serta kerja keras untuk menghasilkan sesuatu yang ajaib.

Begitu pula seperti yang dilakukan oleh fotografer alam liar satu ini. Alan McFadyen sudah menjadi fotografer alam liar sejak 2009 silam.

Dia menghabiskan 6 tahun atau 4.200 jam dan melakukan 720.000 percobaan sebelum berhasil mengambil foto sempurna dari kingfisher atau burung pekakak yang tepat tengah terbang menuju air tanpa satupun percikan.

Menurut McFayden, foto yang diambilnya persis saat terjun langsung tanpa percikan, butuh tidak hanya tempat yang tepat dan keberuntungan tetapi juga burung itu sendiri untuk sempurna.

Bahkan McFayden pernah pergi dan mengambil 600an foto dalam satu sesi tanpa satupun yang menurutnya sempurna.

Tapi saat melihat lagi seberapa banyak foto yang telah diambil, McFayden menyadari jika dirinya telah bekerja sangat keras untuk mendapatkan foto luar biasa ini.

Berikut ini foto-foto luar biasa dari burung pekakak pemakan ikan yang berhasil diabadikan oleh McFayden selama 6 tahun terakhir.

1Foto Sempurna Selama 6 Tahun

boredpanda.com

Alan McFayden butuh 6 tahun, 4.200 jam dan 720.000 percobaan sebelum berhasil mengabadikan foto luar biasa ini.

Foto seekor burung pekakak yang tepat tegak lurus saat terjun ke air. Tidak ada sedikit pun percikan air di sekitarnya. Burung yang sempurna. Saking sempurnanya, foto ini justru jadi mirip cermin.

2Percikan Di Sekitar

boredpanda.com

Foto ini menunjukkan bagian paling alami yang terjadi saat burung masuk ke dalam air dan kemudian hendak terbang lagi. Kepakkan sayapnya menciptakan percikan air di sekitarnya yang luar biasa.

3Alan McFayden dan Kameranya

boredpanda.com

Inilah fotografer alam liar, Alan McFayden bersama kameranya. Butuh 6 tahun dan kerja keras luar biasa untuk bisa mendapatkan hasil foto yang sempurna. Tapi McFayden membuktikannya, tidak ada yang tidak mungkin.

4Melayang Turun

boredpanda.com

Foto ini diambil saat burung melayang turun menuju air. Kepakkan sayapnya melengkung sempurna sebelum tubuhnya tepat menyentuh permukaan air.

5Burung yang Sempurna

boredpanda.com

Foto ini diambil saat si burung turun ke air, kemudian ia bersiap untuk terbang lagi.

McFayden tidak berpikir untuk berhenti meski butuh waktu lama untuk mendapatkan hasil sempurna, asal dia menikmatinya dan akhirnya ia merasa bangga akan hasil-hasilnya.

6Bersiap Terbang

boredpanda.com

Untuk kembali terbang ke udara setelah turun ke air tidaklah mudah. Burung pekakak butuh tenaga ekstra untuk bisa kembali mengepakkan sayapnya yang sempat basah dan berat oleh air.

Tapi kepakkan yang tercipta menunjukkan sebuah gambaran luar biasa. Bahwa makhluk hidup selalu punya cara untuk bertahan dalam kondisi apapun.

7Private Fishing

boredpanda.com

Gambar seekor burung pekakak yang sedang berada di atas tanda bertuliskan ‘private fishing’. Tepat seperti apa yang dilakukannya. Burung ini memang melakukan perburuan makannya secara pribadi.

Tempat ini memang bukan tempat umum yang bisa didatangi semua orang. Tapi burung berbeda dengan manusia. Karena bagi mereka, semua tempat adalah tempat ‘private’ perburuan mereka.

Demikian tadi koleksi foto-foto luar biasa dari fotografer alam liar Alan McFayden yang berhasil mengabadikan momen burung pekakak atau kingfisher saat ia melayang turun tepat mengenai permukaan air.

Bagi McFayden, mengabadikan momen-momen luar biasa di alam liar adalah caranya untuk terus mencintai alam semesta.

Bagaimana dengan kamu? Apa yang sudah kamu lakukan untuk mencintai alam semesta atau paling tidak lingkungan di sekitarmu? Mungkin kamu bisa mencobanya dengan mulai beternak burung, agar populasi mereka semakin bertambah, terutama burung yang sudah terancam punah.