ikhwanowsky.blogspot.com

Wow, Musim Gugur di Indonesia Berwarna Kuning!

Posted on

Musim gugur adalah musim yang banyak ditunggu. Warna dedaunan yang berubah cerah menjadi daya tarik tersendiri pada musim ini di negara-negara yang dengan empat musim.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia yang terletak di sekitar khatulistiwa selama ini hanya mengenal dua musim, yakni hujan dan kemarau.

Tapi, di sejumlah daerah, warna-warni musim gugur lengkap dengan hamparan kuning di tanah juga ada di Indonesia lho.

Pohon Peneduh Jalan dengan Banyak Nama

edisumarnoblog.blogspot.com
edisumarnoblog.blogspot.com

Pohon angsana adalah jenis pohon yang sering dipilih sebagai pohon peneduh. Pohon ini ditanam di kanan dan kiri jalan untuk memberikan kesejukan pada saat suasana terik.

Tapi bunga yang mekar dari pohon ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri.

Pohon yang memiliki berbagai nama di sejumlah daerah seperti Asan (Aceh), Sona (Batak), Sana kembang (Minangkabau), Candana (Bugis), Lana (Buru) dan lain-lain, mekar di awal musim hujan.

Atau biasanya pada penghujung bulan Oktober dan awal bulan November.

Angsana, si Kuning Penghias Musim Gugur di Indonesia

blackclaw.wordpress.com
blackclaw.wordpress.com

Bunga angsana mekar di awal musim hujan dalam beberapa hari saja. Setelahnya, bunga-bunga berwarna kuning itu akan berguguran.

Jumlahnya yang banyak biasanya memenuhi tanah dan jalanan, menimbulkan sensasi musim gugur. Meski warnanya cantik, sayangnya aroma bunga angsana tidak terlalu sedap.

Selain itu, jika telah mengering, kelopak bunga angsana akan berubah warna menjadi kecoklatan. Inilah saatnya untuk membersihkan kelopak angsana yang bertebaran.

Dalam Satu Musim Mekar, bisa Mekar lebih dari Sekali

blackclaw.wordpress.com
blackclaw.wordpress.com

Meski merupakan bunga yang mekar tahunan, bunga angsana bisa mekar lebih dari satu kali dalam satu musim. Hal ini terjadi pada rentang waktu yang pendek dan jarang.

Ada kalanya dalam satu area yang ditanami pohon angsana, bunganya tidak mekar bersamaan.

Sehingga waktu untuk menikmati hamparan angsana yang kuning di atas pohonnya serta serupa hamparan karpet di tanah bisa lebih lama dari biasanya.

Daun Angsana juga Bermanfaat untuk Obat

ikhwanowsky.blogspot.com
ikhwanowsky.blogspot.com

Selain sebagai pohon peneduh, angsana juga dapat digunakan sebagai obat. Menurut penelitian, daun angsana bersifat deuretik atau memperlancar air seni.

Itu artinya, daun angsana dapat digunakan sebagai obat pelancar air seni.

Duh, Romantisnya Berjalan di bawah Pohon Angsana

ikhwanowsky.blogspot.com
ikhwanowsky.blogspot.com

Bergugurannya bunga angsana ternyata juga dimanfaatkan sejumlah orang lho. Kamu bisa mengajak orang terkasih untuk berjalan-jalan di bawahnya.

Menikmati teduhnya pohon angsana dengan hawa sejuknya. Selain itu di depan kamu telah terhampar karpet berwarna kuning cerah yang cantik.

Menikmati teduhnya pohon angsana bisa membuat kamu betah berlama-lama berada di bawahnya.

Karpet Bunga Angsana bisa Jadi Obyek Foto yang Keren

ikhwanowsky.blogspot.com
ikhwanowsky.blogspot.com

Bagi kamu yang tidak punya pasangan, jangan khawatir. Kamu masih tetap bisa kok menikmati romantisnya berada di bawah pohon angsana bersama teman-teman.

Hamparan kuning bunga angsana bisa jadi latar belakang foto yang keren. Kamu tinggal datang bersama teman-temanmu dan jangan lupa siapkan kamera terbaik kalian.

Oh ya, karena di bawah pohon angsana biasanya teduh dan agak gelap, pilihkan tempat yang lebih terang agar hasil foto yang kamu buat tetap keren.

Jadi, masih bisa kan menikmati musim gugur ala Indonesia yang keren? Jangan takut kalah keren deh dengan musim gugur di negara empat musim.

Karena hamparan angsana kuning ini kadang berubah jadi tempat wisata dadakan yang sayang untuk dilewatkan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *