Kegiatan mendokumentasikan foto diri sendiri alias selfie bagi anak muda jaman sekarang seolah-olah seperti nafas kehidupan bagi mereka. Kapan pun, dimana pun, jika ada kesempatan pastilah akan dilakukannya. Mungkin kamu diantaranya.

Itu tidak masalah. Selain sebagai modal utama untuk posting di facebook dan sosial media lainnya, selfie-mu itu juga bisa sebagai pengingat hal-hal yang telah terjadi kemarin dan hari-hari sebelumnya.

Sayangnya, tidak semua orang bisa fotogenik, tampil menarik dan sempurna di selfie-nya. Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa membuatmu tampil menarik saat selfie lho. Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu lakukan saat ber-selfie sendirian atau bergantian bersama temanmu.

1Buang Jauh-jauh Distraksi Kamu

acommonobsession.com

Di jejaring sosial media seperti Facebook, Path, Thinder atau Instagaram pastilah frame pada gambar profil terlihat kecil. Karenanya disarankan foto yang kamu psoting harus netral dari distraksimu. Cukup menampilkan wajahmu saja.

Jika memang hendak memajang foto hewan peliharaan, peralatan hobi, dan lain sebagainya. Cukup posting di tempat lain selain gambar profil.

Jangan lupa juga untuk mendapatkan sisi wajah terbaikmu. Jangan ambil foto berkesan lebay. Kamu bisa menentukannya dengan terlebih dahulu berdiri di depan kaca. Bandingkan dulu sisi kanan dan kiri wajahmu. Coba juga untuk memiringkan kepala atau mengangkat dagu.

2Tersenyumlah dengan Gigi Terbuka

hatiwanita.com

Meski sangat sederhana, trik ini membuatmu terkesan tampak ramah dan terbuka. Dan semakin tinggi nilai approachability-mu, maka semakin kece dan oke foto profilmu. Selain senyum dengan gigi sedikit terlihat, caramu memandang juga penting. Hal ini akan meningkatkan approachability-mu.

3Pakai Baju Formal Saja, Jangan Neko-neko

lookbook.nu

Tahukah kamu, untuk mendapatkan kesan ‘cakep’ di mata para pengunjung akun media sosialmu. Gunakan baju formal seperti memakai atasan jas atau setelan satu paket. Saat kamu memakainya pasti terkesan lebih kredibel dan kece di foto profil akun media sosialmu.

4Pastikan Foto yang Terpasang Minimal 600 Piksel

cangcut.net

Dimensi yang bagus untuk foto profil akun media sosialmu minimal 600 piksel agar terlihat jelas dan apik. Memang beberapa jejaring media sosial menawakan ukuran foto profil dengan dimensi yang lebih rendah. Namun untuk dimensi yang bisa menampilkan foto yang bagus, minimal 600 piksel.

5Boleh Edit Foto, Asal Jangan Berlebihan

florabellablog.com

Kebanyakan orang mengedit hasil fotonya agar terlihat lebih sempurna dan percaya diri ketika ditampilkan di jejaring sosialnya. Biasanya pengeditan foto dilakukan untuk mengatur pencahayaan dan perbaikan warna.

Namun jangan sampai mengedit foto berlebihan hingga nantinya menjadi masalah besar buatmu. Seperti misalnya mengubah warna rambut, kulit, bentuk hidung dan lain sebagainya. Biarkan itu semua tampak alami.