Kalau kamu berencana membangun rumah, kamu mungkin akan berpikir untuk membangun rumah minimalis. Namun, bukankah sekedar rumah minimalis saja sudah terlalu mainstream dan membosankan?

Nah, kalau kamu butuh beberapa ide dan desain rumah minimalis yang lebih unik, modern, atau bahkan klasik, kamu tepat sekali membaca artikel ini. Dalam artikel ini akan di ulas beberapa foto rumah minimalis yang berbeda dari biasanya.

Hingga kamu mungkin dapat memikirkan desain baru yang pas dengan selera kamu. Tetapi ingat bahwa desain-desain dalam foto rumah minimalis pada artikel ini adalah karya orang lain yang harus kamu hargai.

1Rumah Origami di Jepang

decoist.com

Rumah minimalis yang satu ini dinamakan origami house. Karya desainer asal jepang Yoshiaki Tanaka dari biro jasa arsitektur TSC Architecs. Rumah ini berdiri di atas tanah seluas 251 m2, namun luas keseluruhan rumah ini adalah 146 m2.

decoist.com
decoist.com

Yang paling mengesankan tentu saja desain atap berwarna abu gelap yang ‘menjulur’ hingga ke tanah. Dilengkapi dengan berbagai material kayu serta pintu dan ‘dinding’ kaca transparan yang membuat rumah ini terasa modern.

2Rumah Kayu

buildluxuryhomes.com

nah, kamu mungkin berpikir bahwa material kayu di tengah perkembangan material rumah modern adalah sesuatu yang tidak akan pernah kamu pakai. Namun, cobalah pertimbangkan lagi.

Banyak berbagai metode dan cara untuk memberikan coating atau pelapisan pada kayu agar kayu tidak mudah dirusak oleh rayap atau serangga lainnya. Lebih dari itu, material kayu lebih tahan gempa.

buildluxuryhomes.com
buildluxuryhomes.com

Dua contoh foto rumah minimalis kayu di atas bisa jadi inspirasi kamu. Jika mengombinasikan material kayu dan kaya bening yang transparan, rumah minimalis yang kamu buat tetap dapat terlihat modern yang sangat elegan.

Tertarik? Kamu bisa mengonsultasikannya dengan jasa arsitektur rumah yang kamu percaya.

3Rumah Piramida

smallhousebliss.com

Tidak jauh berbeda dengan rumah origami, rumah piramida ini juga didesain dengan atap yang menempel ke tanah. Bedanya, desain rumah minimalis di Islandia ini benar-benar menyerupai piramida.

smallhousebliss.com
smallhousebliss.com

Di sisi dalamnya kamu bisa merasakan ruangan-ruangan segitiga, bahkan lorong dan jendela kacanya juga berbentuk segitiga. Di ujung puncak rumah juga didesain atap kaca yang agak transparan sehingga cahaya matahari dapat masuk tidak berlebihan.

4Rumah Klasik Inggris Abad 18

architecturendesign.net

Nah, kalau rumah yang satu ini ada di kawasan Cotswolds, sebuah kawasan pedesaan klasik yang ada di Inggris. Kamu mungkin berpikir rumah ini hanyalah rumah tua yang reot dan hampir runtuh.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Kamu akan berubah pikiran ketika melihat interior rumah yang didesain ulang oleh Caroline Holdaway. Caroline mempertahankan banyak bagian rumah dan mengganti beberapa bagian yang lain.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Hasilnya, kamu tetap akan dapat merasakan nuansa klasik yang minimalis bercampur halus dengan sensasi modern yang sederhana. Beberapa perabot kayu seperti kursi dan meja klasik tetap digunakan, digabungkan dengan banyak perabot mordern.

5Rumah Bata Mungil

smallhousebliss.com

Kamu bisa bayangkan membangun rumah di atas tanah 8,7 m2? Itulah yang dilakukan Christi Azevedo. Benar, rumah bata ini hanya memiliki luas floorplan 8,7 m2. Tetapi Christi mengubahnya menjadi hunian yang memukau.

smallhousebliss.com
smallhousebliss.com

Rumah yang berlokasi di salah satu distrik di San Fransisco ini menjadi rumah rumah minimalis dalam arti sesungguhnya. Dapur dan ruang baca berada di bawah, sementara kasur dan toilet berada di atas.

smallhousebliss.com
smallhousebliss.com

Tinggi ruang interior dalam rumah ini hanya 5,2 m. Bahkan toilet yang dibuat Christi hanya seluas 1,07 m2. Namun, tempat ini jadi rumah yang sempurna untuk kamu yang butuh fokus dalam ketenangan.