India dikenal sebagai negara penuh warna. Terlebih saat festival holi. Orang-orang merayakannya dengan saling melemparkan bubuk berwarna.

Seluruh penduduk India mengenakan pakaian tradisional berwarna-warni. Berbagai suguhan makanan dan kostum aneka warna ada di fesetival ini.

Festival khas Agama Hindu ini dirayakan setiap musim panas setahun sekali. Tujuan festival ini yakni untuk merayakan cinta dan kehidupan.

Tidak hanya makanan dan kostum, kuil-kuil pun dicat berwarna-warni, seperti Kuil Meenakshi di India Selatan.

Dinding kuil tersebut berwarna menyerupai pelangi. Contoh lain ada di Taj Mahal. Di dalam istana itu ada beberapa bagian yang didesain berwarna-warni.

Orang India terbiasa mengenakan kostum berwarna-warni tidak hanya pada festival holi, tetapi juga ketika menjalani kehidupan sehari-hari. Para wanitanya memakai sari berwarna cerah dan berani.

Biasanya dihiasi perhiasan gelang dari emas dan benang yang mengkilap. Selain itu, mulai dari turban, kurta hingga syal mereka juga penuh warna.

Apalagi makanannya, selalu dibumbui bermacam-macam warna dari rempah-rempah.

Seperti foto-foto berikut ini yang menunjukan bahwa India adalah negara paling berwarna di dunia. Kalau penasaran, yuk lanjut terus bacanya!

1Festival Holi

dailymail.co.uk

Holi merupakan perayaan atau festival khusus dari Agama Hindu di India. Festival ini untuk merayakan kehidupan dan cinta. Selama festival berlangsung, orang-orang saling melempar bubuk berwarna.

2Truk Penuh Warna

dailymail.co.uk

Tidak hanya kostum yang dilempari bubuk warna tetapi juga truk-truk ini. Pemandangan penuh warna tersebut terjadi di Rajasthan, India Utara.

Dekorasi yang berbeda antara truk itu memperlihatkan bahwa mereka berasal dari wilayah yang berlainan.

3Kuil Pelangi

dailymail.co.uk

Menakjubkan! 14 menara di Kuil Meenakshi dihiasai aneka warna. Ada sekitar 33.000 patung yang didekorasi dengan warna-warna cerah. Tinggi menara kira-ira 170 kaki di udara.

4Sari Dicelup Warna

dailymail.co.uk

Wanita di atas mencelupkan kain sari yang panjang ke dalam pewarna. Umumnya, pewarna yang digunakan adalah pewarna alami. Dia sedang mengeringkan kainnya.

5Menjemur Sari Berwarna

dailymail.co.uk

Nampak di balkon bangunan tersebut berjejer kain sari beraneka warna. Sari-sari itu sedang dikeringkan di bawah sinar matahari. Warna-warnanya sungguh kontras dengan latar belakang dinding berwarna biru.

6Kostum Warna-Warni

dailymail.co.uk

Orang-orang ini mengenakan pakaian berwarna-warni. Mereka duduk di kawasan Himachal, India Utara. Pakaian yang dipakai karakternya tampak saling menonjol satu sama lain.

7Victoria Terminus

dailymail.co.uk

Wow! Bangunan Victoria Terminus di Mumbai ini terlihat menyala dalam nuansa warna ungu dan merah. Arsitekturnya sungguh kian memesona.

8Bubuk Berwarna

dailymail.co.uk

Seorang pria menjual bubuk berwarna dari bahan rempah-rempah di sebuah kios di kawasan Mysore, India Selatan. Bubuk tersebut digunakan untuk dekorasi.

9Wanita Berpakaian Pelangi

dailymail.co.uk

Wanita desa ini memamerkan bajunya yang berwarna-warni. Dia berasal dari Gujarat, India barat. Pakaiannya dilengkapi gelang berwarna putih.

10Sungai Gangga

dailymail.co.uk

Para wanita berpakaian kain sari berenang di Sungai Gangga di kawasan Allahabad, India Utara. Mereka membersihkan diri dari segala dosa yang mereka perbuat.

11Menghapus Warna

dailymail.co.uk

Anak ini mencoba untuk menghilangkan warna dengan cara mengoleskan minyak pada kulitnya. Ia memercikan warna yang ada di seluruh tubuhnya.

12Payung Cantik

dailymail.co.uk

Payung penuh warna di atas diletakan di sebuah toko di Jaipur, India Utara. Ini dilakukan untuk menarik perhatian pembeli agar mengagumi produk toko.

13Sorban Tradisional

dailymail.co.uk

Pria India ini memakai sorban tradisional. Ia memilih model turban untuk sorban yang dikenakannya. Warnanya yang beragam membuat sorban nampak unik.