Apakah kamu berani mengunjungi 6 tempat berikut ini? Tempat mengerikan yang menjadi saksi bisu tragedi sejarah yang disebabkan keangkuhan manusia. Tempat-tempat ini telah ditinggalkan penghuninya selama beberapa tahun.

Namun, beberapa waktu terakhir tempat-tempat tersebut justru menjadi tempat wisata yang unik untuk berfoto-foto ria. Bangunan tempat-tempat tersebut masih berdiri kokoh meskipun kerusakan terjadi di sana-sini.

Seharusnya tempat tersebut adalah saksi bisu sejarah yang harus dijaga kelestariannya untuk mengingatkan masyarakat betapa sejarah peradaban suatu bangsa sangat berliku.

Wah kalau di Indonesia mungkin tempat tersebut dijadikan tempat syuting uji nyali dunia lain. Di tempat-tempat ini kematian adalah hal yang wajar.

6 tempat foto mengerikan tersebut sebagai berikut.

1Kubu Pertahanan Laut di Thame Estuary

www.dailymail.co.uk

Kubu pertahanan laut di Thame Estuary ini dibangun untuk melindungi tentara Inggris dari serangan NAZI Jerman.

Terlihat bangunan-bangunan berdiri disangga tiang tinggi di atas permukaan air. Meski berdekatan, namun bangunan tersebut tidak ada ada yang bergandengan dan berdiri sendiri-sendiri.

Beberapa tahun kemudian kubu pertahanan yang berada 7 mil dari Pesisir Wistable di Kent ini ditinggalkan.

Namun, kubu pertahanan ini sekarang justru menjadi penginapan mewah dan apartemen eksklusif yang dilengkapi dengan fasilitas spa dan cocok untuk berlibur.

2Rumah Sakit di Berlin

www.dailymail.co.uk

Rumah sakit yang terletak di Berlin di atas pertama kali digunakan Adolf Hitler pimpinan NAZI Jerman. Namun, setelah kejatuhan Jerman Timur, rumah sakit ini ditinggalkan dan terbengkalai.

Pemandangan yang tertangkap dalam gambar adalah sebuah tempat tidur tua tempat pasien di periksa. Mungkin di Indonesia cocok untuk film suster ngesot. Di Berlin ada film suster ngesot juga gak ya?

3Penjara di Pennsylvania

www.dailymail.co.uk

Penjara negara timur di Pennsylvania di desain untuk menekan tahanan agar lebih dekat dengan Tuhan. Tahanan juga terus menerus di siksa dan di kurung di penjara ini selama berbulan-bulan.

Foto di atas menunjukan koridor kosong yang dikelilingi tembok sebagai sarang tumbuhan merambat. Tembok tua pada koridor juga dipenuhi dengan graffiti dan cat tembok yang mengelupas.

Penjara ini ditutup pada tahun 1971 dan dibuka untuk tujuan wisata pada tahun 1994. Suasana sempit dan mencekam sangat terasa di dalam penjara ini.

4Sel Blok 10 di Philadephia

www.dailymail.co.uk

Gambar di atas adalah tempat mencukur tahanan di sel blok 10. Kamu juga dapat menyaksikan terowongan yang digali oleh tahanan.

Hal ini adalah sebuah saksi bisu bahwa manusia dalam kondisi tertekan akan mengeluarkan kemampuan yang kadang di luar nalar. Kenyataannya tahanan mampu menggali terowongan dengan peralatan sederhana.

5Terowongan Cinta Ukraina

www.dailymail.co.uk

Namanya terowongan cinta. Terowongan di Ukraina ini memang sangat menarik dijadikan tempat foto pasangan yang baru saja menikah.

Namun, di sisi lain terowongan juga terlihat sangat misterius dan mengerikan. Terowongan ini awalnya digunakan untuk jalur kereta rahasia yang mengangkut bahan-bahan logistik tiga kali dalam sehari. Saat ini terowongan cinta justru menjadi tempat eksotis penjelajah wisata.

6Fishing Village di Pulau Shengshan, China

www.dailymail.co.uk

Fishing Village yang cantik ini berada di Pulau Shengshan, Provinsi Zhejiang, China. Tembok-tembok dari batu bata dan ditumbuhi tanaman menjalar memenuhi sampai jendela dan pintu.

Gambar di atas diambil oleh fotografer amatiran dari Shanghai bernama Qing Jian. Rumah hijau di mana-mana terlihat sangat kecil saat diambil dari atas seperti rumah kurcaci-kurcaci yang tersembunyi dari peradaban.

Beberapa foto tempat-tempat diatas menunjukan bahwa sehebat apapun bangunan dan peradaban yang dirancang manusia pada akhirnya akan mengalami kemunduran dan ditinggalkan.

Sebuah kejayaan akan dipergilirkan Allah kepada manusia. Jadi apakah masih pantas manusia sehebat Adolf Hitler pun untuk sombong?

SHARE