Alex Cearns, seorang fotografer satwa profesional yang sangat produktif menghasilkan karya. Dalam setahun, Alex bisa menghasilkan sampai 1300 karya.

Salah satu satwa yang paling disukai Alex adalah burung. Baginya burung sangat unik, punya warna indah serta kepribadian yang menarik.

Alex punya ide fotografi untuk mengambil gambar wajah dan kepala saja untuk menampilkan sisi menarik dari burung-burung tersebut.

Berikut ini adalah gambar-gambar ‘wajah burung’ hasil karya Alex Cearns.

1Perkici Pelangi

boredpanda.com

Kombinasi warna-warna yang begitu indah dari burung ini. Wajar jika dinamakan sebagai perkici pelangi. Burung ini termasuk dalam keluarga kakak tua, ciri-cirinya tubuhnya tidak terlalu besar dan kaya warna.

Perkici pelangi nampak seperti tersenyum dalam gambar, menyadari kalau tubuhnya begitu cantik, pasti banyak disukai banyak manusia. Habitat burung ini hanya terdapat di Indonesia timur, Australia, dan Papua New Gunea.

2Kakak Tua Hitam Berekor Merah

boredpanda.com

Dengan bulu kepala yang tegak, mata hitam penuh, paruh atas besar, burung kakaktua hitam berekor merah ini nampak berwibawa di depan kamera.

Burung kakaktua berekor merah mempunyai nama latin Calyptorhynchus banksii. Ciri-cirinya punya tubuh besar, warna bulu dominan hitam dan ekornya yang berwarna merah. Burung ini berasal dari Benua Australia.

3Bebek

boredpanda.com

Mungkin ini keahlian Alex Cearns, menjadikan hewan yang dianggap biasa, menjadi begitu cantik di depan kamera. Lihatlah bebek ini dengan tatapan mata lentik dan senyum lebar paruhnya, bebek ini benar-benar sadar kamera.

Bebek ada di mana-mana dan merupakan hewan ternak. Melihat gambar ini hilang ikon bebek yang suka berkotor-kotor. Menunggu sesi pemotretan selanjutnya dari calon model terkenal ini.

4Kookaburra

boredpanda.com

Dengan mata tajam, badan tegap, paruh besar yang siap memangsa. Di gambar ini burung kookaburra benar-benar bergaya ‘sangar’.

Ini tidak lain adalah tipuan kamera, padahal sebenarnya burung ini hanya berukuran kecil dan tidak terlihat ‘sangar’ sama sekali. Burung yang berasal dari Australia ini mempunyai suara kicauan yang sangat digemari banyak orang.

5Burung Frogmouth (Paruh Katak)

boredpanda.com

Memang jika memfoto burung hanya sebagian saja akan terlihat samar. Burung Frogmouth ini tampak seperti burung besar dengan mata tajam layaknya elang.

Padahal burung ini berukuran tidak terlalu besar dan mempunyai paruh kecil yang unik. Makanya burung ini dinamai frogmouth yang berarti paruh katak.

Burung pemakan serangga ini tidak terlalu baik terbangnya. Dia lebih banyak mengandalkan kamuflase dengan warna kulitnya untuk mencari makanan.

6Garuda Australia

boredpanda.com

Dengan kepala dan paruh yang tampak tidak terlalu besar, siapa sangka ini adalah burung garuda yang disegani itu.

Kamera Alex Cearn benar-benar bisa mengambil sisi lain dari burung ini. Diambilnya posisi kepala yang menengok hingga nampak menjadi kecil.

Burung Elang dari Australia ini sering disebut dengan nama Garuda Australia menjadi ikon dari burung Australia.

7Bayi Kakaktua Mejar Mitchel

boredpanda.com

Bayi dari kakaktua Mejar Mitchell ini nampak lucu, dengan bulu kepala yang masih jarang dan belum tumbuh. Sekilas bulu kepalanya seperti cotton bud yang dipasangkan di atas kepalanya.

Burung Kakaktua Mejar Mitchell bernama latin Lophochroa leadbeateri punya nama lain Kakaktua Leadbeater atau Kakaktua Merah Jambu.

8Burung Murai

boredpanda.com

Burung murai sebenarnya punya warna cantik di tubuh dan ekornya. Tapi jika hanya ditampilkan kepalanya saja, malah jadi seperti burung gagak hitam yang penuh mistik.

Burung yang memakan serangga ini sebenarnya punya banyak varian jenis, kurang lebih ada 26 varian. Namun, dari gambar sekilas di atas, akan sulit untuk menentukan jenis burung murai apa di gambar itu.

9Penguin Biru

boredpanda.com

Ini adalah jenis penguin terkecil dari semua penguin yang ada. Karenanya penguin biru sering disebut sebagai penguin peri atau penguin kecil. Imut dan mungilnya penguin biru membuatnya sering dijadikan ikon boneka anak-anak.