Lagi-lagi tentang sampah, kali ini tentang sampah ranting pohon yang sudah mati. Sebagian orang hanya memanfaatkan ranting pohon sebagai kayu bakar. Ada juga yang menganggapnya sampah pengotor lingkungan.

Namun, dengan sentuhan cita rasa seni yang tinggi, seorang seniman bernama Darryl Cox berhasil memberikan hidup kedua untuk ranting pohon yang mati. Ia mengubah sampah tersebut menjadi barang seni yang indah dan menakjubkan.

Darryl Cox rela menghabiskan waktu seharian di hutan Central Oregon hanya untuk mencari potongan ranting pohon yang pas untuk dikombinasikan dengan frame foto.

Pekerjaan selanjutnya adalah tentang merapikan kayu, mengecat, dan sedikit mengukir.

Ia menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk membuat frame foto yang menggabungkan elemen alam menjadi potongan karya seni dengan imajinasi. Frame foto ini kemudian ia sebut dengan fusion frame.

Komponen utama fusion frame yang digunakan adalah cabang atau akar pohon dan frame kayu. Ia sangat menghargai pohon yang sudah tua dan mati.

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Darryl Cox menggunakan berbagai jenis kayu. Adapun jenis kayu yang menjadi favoritnya adalah Central Oregon Manzanita dan Cemara, Juniper, Aspen, Willamette Valley Filbert, dan Anggur California.

Darryl Cox juga mengombinasikan fusion frame dengan kulit, besi, kuningan, dan kaca untuk menambah keindahannya. Fusion frame tak hanya memiliki nilai artistik, namun juga nilai histori yang unik.

Beberapa contoh karya dari Darryl Cox sebagai berikut.

1Frame Coklat Elegan

www.boredpanda.com

Frame pertama berwarna coklat tua yang elegan. Dari bagian kiri atas frame sampai bawah tertutupi oleh potongan akar bohon yang berwarna senada.

Adapun pada bagian tepi frame diberikan hiasan ukiran bertumpuk yang artistik. Begitu juga dengan bagian akar pohon yang juga turut diberikan ukiran yang artistik meskipun lebih sedikit. Frame ini sepertinya sangat pas dipasangi foto keluarga.

2Frame Abu-Abu dengan Beberapa Tumbuhan Hijau

www.boredpanda.com

Darryl Cox sangat berhati-hati dalam memilih bagian pohon yang digunakan. Dia mencari bentuk cabang pohon yang lain dari yang lain. Beberapa hal yang ia cari adalah adanya hiasan unik dan goresan yang memberikan cerita tersendiri.

Contoh gambar frame diatas sungguh indah. Tak seperti frame sebelumnya dengan cabang pohon yang meliuk-liuk dan bertumpuk di bagian frame. Frame yang kedua justru menjuntai panjang ke bawah.

Warna abu-abu terlihat sangat klasik dikombinasikan dengan beberapa bagian cabang yang masih terdapat tumbuhan hijau kecil-kecil.

3Frame yang Terlipat di Bagian Tepi Atas

www.boredpanda.com

Setelah menemukan frame atau cabang pohon, Darryl Cox kemudian berfikir bagaimana mengubahnya menjadi sebuah barang yang memiliki nilai seni tinggi.

Gambar di atas memberikan cita seni yang indah.

Lengkungan cabang pohon ditempatkan di bagian tepi atas frame sehingga memberikan kesan bahwa frame tersebut terlipat di bagian tepi atas. Cabang-cabang frame dibiarkan menjuntai seperti aslinya.

4Lengkungan Frame yang Unik dan Artistik

www.boredpanda.com

Kesabaran dan ketelatenan adalah keharusan dalam menciptakan karya seni yang indah. Detail setiap karya harus benar-benar diperhatikan sehingga hasil akhir karya seni nampak indah secara keseluruhan.

Gambar frame yang ke empat adalah hasil dari sebuah kesabaran yang nyata. Frame berbentuk lingkaran yang tak tuntas ini justru menghasilkan frame yang indah dan menakjubkan. Warna cat putih nampak pas dengan kesan yang diberikan dari karya di atas.

5Setengah Frame yang Tetap Indah

www.boredpanda.com

Jika dilihat frame tersebut memberikan bentuk yang hanya setengah. Namun, cabang pohon yang diberikan sebagai hiasan memberikan kesan bahwa frame tersebut tetap indah meskipun berbentuk hanya setengah.

SHARE