Mengenal Frankie Manning, Sosok Google Doodle Hari Ini

Posted on

Halaman utama Google hari ini kembali diisi dengan doodle. Di mana doodle tersebut merupakan peringatan ulang tahun ke-102 seorang penari sekaligus koreografer asal Amerika Serikat bernama Frankie Manning.

Dalam doodle tersebut terlihat animasi sepasang pria dan wanita yang sedang berdansa dengan riangnya. Di situ juga terdapat adegan di mana penari pria melempar penari wanita tinggi-tinggi dengan backgroud tulisan “Google”.

Namun tahukah kamu siapa sebenarnya Frankie Manning yang dijadikan doodle oleh Google hari ini?

Dari beberapa sumber yang TandaPagar himpun, Frankie Manning lahir pada 26 Mei 1914 di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat.

Diusianya yang baru menginjak 3 tahun, Frankie Manning harus pindah ke daerah Harlem, yaitu salah satu daerah bagian dari kota New York.

Frankie Manning mulai tertarik dengan dunia seni tari sejak usia yang terbilang masih muda. Ketika sudah menginjak usia dewasa, Frankie Manning mulai sering menghadiri acara dansa di Renaissance Ballroom, yang di mana ia masih sering ditemani oleh sang ibu.

Ia sangat kaget ketika menyaksikan ibunya ternyata bisa menarikan gerakan tarian tradisional barat, seperti waltz. Semenjak saat itu ia mulai serius dan tekun mempelajari tarian.

Tak lama kemudian Frankie Manning mendirikan kelompik dansa yang ia beri nama Whitey’s Lindy Hoppers yang sering melakukan pentas dan membuat beberapa film. Dan ia juga dikenal sebagai salah satu sosok yang menciptakan gerakan dansa yang fenomenal yaitu, Lindy Hop.

Tarian tersebut sangat populer di era 1920-an sampai 1930-an. Gerakan dansa tersebut merupakan gabungan dari beberapa gerakan, seperti tap, jazz, charleston dan breakaway.

Gerakan dansa Lindy Hop itu sendiri lahir di komunitas Amerika – Afrika di Harlem, tapi baru mulai banyak menyebar di tahun 1930-an.

Gerakan dansa Lindy Hop begitu liar dan spontan, yaitu dengan adanya gerakan menendang dan gerakan seluruh anggota tubuh. Namun bisa juga menjadi gerakan bersahaja jika dilakukan dengan berpasangan yang bisa kamu lihat di animasi doodle Google hari ini.

Nama gerakan dansa Lindy Hop itu sendiri bukan Frankie Manning yang menamainya. Akan tetapi, ia merupakan duta dari tarian tersebut. Karena ia ikut membantu mempopulerkan dan menyebarkannya ke khalayak luas.

Frankie Manning tutup usia pada 27 April 2009 dalam usia yang ke 94 tahun di Corona, Queens, Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *