Era teknologi saat ini, keberadaan akses internet seakan menjadi kebutuhan pokok hampir setiap orang Indonesia. Khususnya di perkotaan. Di manapun kamu berada, akses internet benar-benar mutlak dibutuhkan. Entah itu di kantor, di sekolah ataupn saat istirahat makan siang.

Kegiatanmu tidak akan jauh dari ponsel pintar milikmu yang sebagian besar pemanfaatannya menggunakan akses internet. Salah satu kegiatan yang menggunakan internet adalah berselancar di facebook menggunakan android.

Kebutuhan akses internet saat ini tidak terlepas dari yang namanya kuota data. Dan semakin hari harga yang ditawarkan oleh setiap perusahaan provider semakin mahal saja. Seolah-olah mereka sepakat akan hal itu.

Bayangkan saja, untuk 1GB kuota data, salah satu provider mengharuskan kamu merogoh kocek sejumlah Rp 25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah). Parahnya lagi, para provider ini belum ada yang berani menyediakan paket internet yang benar-benar unlimited dengan kecepatan yang konstan.

Namun jangan bingung dulu karena harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Sekarang ini kamu bisa mengakses beberapa situs poluler. Salah satunya Facebook dengan gratis. Sehingga hal ini dapat menekan penggunaan kuota data sehingga semakin irit.

Caranya yaitu dengan menggunakan proyek “Free Basics by Facebook” yang dikembangkan oleh perusahaan milik Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook. Dia menginginkan adanya kebebasan dan kemudahan bagi masyarakat dunia dalam mengakses internet. Salah satunya Facebook.

Berikut ini beberapa step untuk memanfaatkan proyek “Free Basics by Facebook” tersebut.

1Instal aplikasi “Facebook for Android”

play.google.com

Pertama kamu harus mengunduh dan menginstal aplikasi “Facebook for Android” melalui aplikasi google playstore yang ada di ponsel pintarmu.

2Instal aplikasi “Free Basics by Facebook”

play.google.com

Selanjutnya, kamu juga harus mengunduh dan menginstal aplikasi “Free Basics by Facebook”  melalui aplikasi google playstore yang ada di ponsel pintarmu.

3Jalankan Aplikasi “Free Basics by Facebook”

dokumen pribadi

Jika kamu sudah selesai menginstal aplikasi “Free Basics by Facebook”, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut. Pastikan bahwa akses internet yang kamu gunakan sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh pihak Facebook.

Setelah itu, klik “Lanjutkan”.

Aplikasi “Free Basics by Facebook” untuk saat ini hanya bisa dijalankan oleh para pengguna operator Indosat, khususnya Oredoo. Sedangkan untuk operator lain seperti XL, Telkomsel, Axis dan Three masih harus menunggu giliran memperoleh akses yang sama.

4Jalankan Facebook Melalui Aplikasi “Free Basics by Facebook”

jalantikus.com

Untuk mengakses Facebook for Android secara gratis, kamu harus menjalankan Facebook melalui aplikasi “Free Basics by Facebook”. Dengan begitu kamu bisa masuk dan mengakses Facebook dengan gratis tanpa takut kehabisan kuota internet melalui ponsel pintarmu.