Kamu tentu tahu istilah kindergarten bukan? Kita artikan saja sebagai taman kanak-anak (TK) atau pendidikan anak usia dini (PAUD). Nah, di Jepang ada sebuah kindergarten yang sangat unik, namanya Fuji Kindergarten.

Secara konsep dan teknis umumnya hampir sama dengan sekolah alam di Indonesia yang diisi berbagai rumah pohon di lingkungan sekolah. namun, sebenarnya bayak hal yang dapat kita pelajari dari Fuji Kindergarten.

1Fuji Kindergarten

boredpanda.com

Bagunan TK di Jepang yang satu ini dimulai pada tahun 2007. Lokasinya berada di Kota Tachikawa, Tokyo. Pembuatnya adalah 2 arsitek asli Jepang, Kashiwa Sato dan Masahiro Ikeda di bawah naungan jasa konsultan arsitektur Tezuka Architects.

Nah, Fuji Kindergarten ini di bangun di area seluas 183 meter yang disebut sebagai area eksternal kindergarten dan 108 meter area internal. Uniknya berbagai bangunan kindergarten ini dibangun seolah menyelubungi pohon Zelkova.

boredpanda.com
boredpanda.com

Bahan bangunan yang digunakan sebagai konstruksi di Fuji Kindergarten mayoritas berasal dari kaca, baja, dan kayu. Konsep bahan kayu agar ‘terasa’ dengan dengan pohon Zelkova yang dikelilingi bangunan kindergarten ini.

Fuji Kindergarten sendiri dapat menampung 560 anak-anak sekaligus. Mereka dapat berlarian dalam lingkaran tanpa henti, berkejaran bersama teman-teman, dari bawah hingga atap dengan langit yang luas.

Berbagai bagian furnitur di Fuji Kindergarten dibuat dan disempurnakan dengan bahan yang lunak sehingga tidak mudah melukai anak anak. Kebutuhan air juga dapat dipenuhi di sini. Selain itu, Fuji Kindergarten menyediakan nursery room atau ruang kesehatan.

2Zelkova serrata

en.wikipedia.org

Pohon Zelkova yang memiliki nama latin Zelkova serrata ini disebut pohon keyaki di Jepang. Zelkova adalah jenis pohon legendaris, bahkan di Osaka, Jepang terdapat pohon Zelkova yang berumur 1.000 tahun dan dijuluki sebagai Nouma Keyaki.

Pohon ini sebenarnya hanyalah pohon dengan ukuran sedang dan daun yang tidak terlalu rindang. Namun karena ranting can cabangnya menyebar dan menyerupai payung, pohon ini menjadi indah dan dan seolah menawarkan ketentraman.

boredpanda.com
boredpanda.com

Pohon-pohon Zelkova yang ada di Fuji Kindergarten dan masuk dalam area bangunan kindergarten rata-rata berusia 50 tahun. Beberapa pohon ini hampir tumbang karena diterjang topan yang dahsyat.

Warnanya bahkan pernah menjadi abu-abu, tanda bahwa pohon hampir mati. Kemudian dengan sangat ajaib dan mengalahkan ekspektasi semua orang, pohon Zelkova ini bertahan dan kembali menghijau di tahun 2007, sebelum pembangunan kindergarten.

3Pendidikan Tanpa Batas

boredpanda.com

Sebelum dibangun Fuji Kindergarten, pohon-pohon Zelkova ini menghidupkan hari anak-anak di sekitar darah ini sebagai tempat bermain memanjat dan bergelantung ria. Kadang Zelkova menemani anak-anak yang menunggu bus sekolah.

Dan dari situlah ide pembuatan Fuji Kindergarten bermula. Sebuah Roof House yang dibuat oleh Kashiwa Sato dan Masahiro Ikeda berhasil mewujudkan semua impian anak-anak.

boredpanda.com
boredpanda.com

Berbagai bentuk bulat dan bundar dikatakan sebagai simbol atas alam semesta yang tidak pernah buntu. Akan selalu ada hal baru dan baru lagi yang diketahui manusia, rahasia yang ditemukan manusia.

Karena alam semesta itu sendirilah sebuah pendidikan tanpa batas dari Tuhan untuk manusia. Alam semesta yang tak berbatas, tanpa dinding, persis seperti Fuji Kindergarten yang tidak memiliki dinding.

e-architect.co.uk
e-architect.co.uk

Sebuah ‘ruang’ bermain tanpa dinding, bukankah itu yang diimpikan seluruh anak-anak? Bermain sepuasnya tanpa akhir. Kelak mereka akan banyak belajar dari apa yang mereka mainkan saat kecil.

Nah, bagaimana persiapan kamu dengan pendidikan anakmu nanti? Jangan lupa untuk tetap mengutamakan kebahagiaan yaa! Karena pendidikan yang tidak membuat anak bahagia bukahlah pendidikan sejati.

SHARE