.solusisehatku.com

Agar Gadget Tidak Menjadi Masalah Bagi Pendidikan dan Kesehatan Anak

Posted on

Masa kanak-kanak memang waktu terbaik bagi anak-anak untuk bermain, karena kebahagiaan dan keceriaan di usia mereka hanya didapatkan saat mereka bisa bermain. Semakin dewasa seseorang, sumber kebahagiaan tentu akan bergeser.

Walaupun wajar bagi anak-anak untuk banyak bermain, namun jangan pernah lupa, bahwa disaat itu juga anak-anak punya kewajiban untuk belajar dan menapaki jenjang pendidikan.

Apalagi di zaman kompetisi global saat ini, pembelajaran sejak dini menjadi penting untuk diterapkan.

Tentunya ini pintar-pintarnya orang tua untuk menyeimbangkan antara belajar dan bermain. Atau memadukan keduanya, belajar sambil bermain, dan bermain sambil belajar.

Tidak hanya sampai disitu, ada masalah pelik lain di masa sekarang yang makin membuat orang tua mengelus dada, yakni adalah gadget.

Tidak seperti orang dewasa yang lebih banyak menggunakan gadget sebagai sarana komunikasi dan penunjang pekerjaan, anak-anak melihat gadget sekedar permainan layaknya game bot atau konsol.

Dari gadget ini menimbulkan kedua masalah sekaligus, yakni anak makin malas untuk belajar, dan anak juga jadi jarang bermain diluar dan bersosialisasi dengan lingkungan.

Yang pertama dampaknya jelas pada nilai akademik, sedangkan yang kedua berdampak pada mental psikologis dan kesehatan fisik sang anak (jarang bergerak).

Agar anak kita tidak terkena dampak tersebut, berikut kita tuliskan cara terbaik agar gadget tidak menjadi masalah bagi pendidikan dan kesehatan anak.

Memberi Pemahaman Tentang Fungsi Teknologi dan Gadget

nurulfikri.com
nurulfikri.com

Sebelum memberikan atau membiarkan anak bermain gadget, alangkah lebih baik jika kita menyampaikan tentang fungsi utama gadget tersebut.

Bahwa gadget adalah alat yang dibuat untuk membantu aktivitas manusia, terutama dalam berkomunikasi dan pencarian informasi dunia luar.

Sedangkan fitur game pada gadget hanyalah selingan untuk hiburan di kala penat. Beritahukan pada dia, jika karena gadget nilai pelajaranmu semakin rendah dan kesehatanmu juga terganggu, maka hilang sudah fungsi gadget untuk membantu manusia.

Walaupun si anak tidak mengerti sepenuhnya atau tidak terlalu menghiraukan, paling tidak ucapan itu akan teringat terus di dirinya dan lama-lama akan makin mengerti.

Mengatur Batas Waktu Atau Timer Bermain Gadget

.solusisehatku.com
.solusisehatku.com

Solusi mudah untuk membatasi anak terlalu lama bermain gadget ya dengan membatasi waktunya. Buat perjanjian dengan anak bahwa boleh bermain dengan gadget namun dibatasi waktunya.

Ini bisa kamu lakukan secara manual, atau dengan aplikasi timer pada gadget itu sendiri yang otomatis akan menonaktifkan jalannya sistem gadget.

Jangan Perkenalkan Gadget Sewaktu Dia Masih Kecil

jalantikus.com
jalantikus.com

Ini masalah pembiasaan anak. Dia akan sulit lepas dan selalu ketergantungan kepada gadget. Banyak orang tua yang dengan mudahnya memberikan gadget kepada anak sekedar biar anak tidak rewel.

Seolah-olah gadget menjadi pengganti dari perhatian orangtua kepada anak. Perlihatkan kepada anak bahwa gadget adalah alat untuk komunikasi dan bukan sebagai alat bermain.

Perbanyak Install Aplikasi Belajar Ketimbang Game

sehatfresh.com
sehatfresh.com

Sebagai alat canggih yang bisa menampilkan berbagai fungsi digital, gadget juga bisa menjadi sarana belajar yang tepat. Apalagi sekarang banyak pengembang aplikasi yang merambah ke dunia pendidikan.

Dengan begitu penggunaan gadget akan tepat sasaran, anak akan serasa bermain gadget walaupun sebenarnya dia sedang menjalankan program aplikasi pendidikan.

Dorong Anak Kepada Hobi Dunia Nyata

blog.tokopedia.com
blog.tokopedia.com

Dunia maya pada gadget memang menyajikan fantasi yang sangat menyihir, sampai-sampai banyak orang yang betah berjam-jam berada di dalam kamar, tertutup dengan dunia luar.

Tentu ini akan berbahaya bagi perkembangan mental anak terhadap lingkungan sosial. Selain itu anak yang jarang bergerak, juga rawan terganggu kesehatannya.

Lebih baik anak suka bermain sepak bola, bersepeda, walaupun kotor dan berkeringat, tapi dia akan tumbuh lebih baik dan lebih kuat nantinya.

Kalau perlu masukkan dia pada komunitas hobinya itu, seperti sekolah sepakbola, komunitas sepeda, sekolah musik, dan lain sebagainya.

Jangan Menggunakan Gadget di Depan Anak

kttsaraswati.blogspot.com
kttsaraswati.blogspot.com

Bukan berarti orang tua tidak boleh sama sekali menggunakan gadget di depan anak, tapi usahakan diminimalisir. Penggunaannya pun juga seperlunya, dan bukan mengajarinya untuk bermain game.

Bisa jadi kegemarannya bermain gadget karena meniru dari kebiasaan orang tuanya, kalau sudah begitu dia akan punya pembenaran dan tidak mau untuk merubah kebiasaannya itu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *