Apa yang menjadi pertimbangan orang-orang saat mencari pekerjaan? mungkin yang terbesar adalah gaji. Seberapa besar gaji yang diterima itu adalah pertimbangan besar seseorang setuju bekerja di tempat itu atau tidak.

Bahkan ada fenomena kutu loncat, yakni seseorang yang berpindah-pindah tempat kerja bahkan tak jarang ke perusahaan kompetitor karena diimingi gaji yang lebih besar.

Besarnya gaji selain untuk memenuhi kebutuhan hidup kadang juga menjadi status sosial atau prestise. Orang Indonesia masih harus diakui kadang menilai derajat seseorang dari jenis pekerjaan dan berapa besar gajinya.

Nah berikut ini adalah beberapa sektor pekerjaan yang gajinya termasuk paling besar baik di Indonesia maupun di dunia. Uraian ini adalah hasil penelitian dari Global Indonesia Voices

1Kerja di Bank

print.kompas.com

Kerja di bank adalah prestise bagi sebagaian kalangan. Apalagi banyaknya bank lokal maupun internasional di Indonesia, tersedia banyak lowongan pekerjaan di pasar ini, yang menawarkan peluang karir dan gaji yang begitu besar.

Pada tahun 2000, para eksekutif perbankan dianggap sebagai profesional yang mendapatkan bayaran paling tinggi di Indonesia dengan pendapatan tahunan mencapai Rp. 350 juta rupiah.

2Ahli  IT

www.timesofisrael.com

Sekarang semua sektor tak bisa lepas dari IT. Pekerjaan yang terkait dengan teknologi informasi adalah pekerjaan dengan bayaran tertinggi kedua di Indonesia dengan pendapatan tahunan mencapai Rp. 300 juta rupiah pada tahun 2000.

Di dunia modern di mana orang semakin bergantung dengan teknologi informasi, permintaan tenaga kerja di sektor ini semakin meningkat.

Pada tahun 2013, gaji yang diterima oleh mereka yang bekerja di sektor ini berkisara antara Rp. 4 juta sampai Rp. 147 juta per bulan.

3Akuntan

www.4medapproved.com

Perusahaan apapun pasti membutuhkan pencatatan keuangan.Akunting dan keuangan adalah skill yang sangat banyak dibutuhkan yang dibutuhkan di semua sektor dan industri.

Peluang yang besar di perusahaan-perusahaan multinasional seiring dengan kebutuhan para profesional yang kompeten semakin terbuka.

Pada tahun 2013, gaji yang diterima di pekerjaan ini berbisar Rp. 181 juta per tahun, itu baru saat mulai bekerja. Sementara kenaikan gaji biasanya antara 10-20 persen per tahunnya.

4Tambang

www.cbc.ca

Industri pertambahan memiliki peluang yang cukup besar. Selain itu, tidak banyak orang yang mengejar karir di bidang ini.

Kurang memadainya supply and demand tenaga kerja di sektor ini telah mendorong tingginya gaji yang diterima. Gaji yang diterima oleh para profesional di pertambahan berkisar antara Rp. 20 juta – Rp. 80 juta per bulan.

5Sumber Daya Manusia

crackjobinterview.com

Human Resources atau bagian personalia menawarkan peluang karir yang cemerlang karena tingginya permintaan.

Sebagai contoh, seorang profesional HR bisa bekerja di lebih dari satu perusahaan yang berbeda dan menjadi spesialis rekruter. Direktur Human Resources perusahaan lokal bisa memperoleh gaji hingga Rp. 150 juta rupiah per bulan.

6Arsitek

chcarchitectnc.com

Dengan banyaknya pekerjaan konstruksi yang dilakukan di negeri ini, proyek-proyek mega konstruksi dan pembangunan yang semakin pesat menjadikan permintaan insinyur meningkat tajam.

Ini berdampak pada peningkatan gaji insinyur yang berkisar antara Rp. 4 juta – Rp. 100 juta per bulan tergantung keahlian dan pengalaman.

7Sales dan Marketing

www.bintang.com

Hampir semua industri membutuhkan para profesional di bidang penjualan, pemasaran, dan periklanan. Dan peluang gaji dan pendapatan yang didapatkan di profesi ini bisa mencapai Rp. 175 juta rupiah per bulan.

SHARE