Ketika kamu telah lulus SMA, sebagian besar dari kamu tentu ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, yakni masuk ke perguruan tinggi.

Banyak pilihan jurusan yang terkadang membuatmu bingung. Sehingga tidak jarang, kita mendengar keluhan dari beberpa teman atau bahkan kita sendiri, “Kayaknya salah jurusan deh”.

Biasanya perasaan itu dialami oleh mahasiswa setelah melalui beberapa semester di awal kuliah, ia merasa tidak suka atau tidak cocok kuliah di jurusan tersebut.

So, apa yang harus dilakukan jika terjadi hal yang demikian? Ada yang berani mengulang kuliah lagi dari nol, ada juga yang pindah jurusan, atau tetap bertahan di jurusan tersbut sebab nanggung untuk pindah jurusan sudah akan semester akhir.

Tak perlu khawatir guys, kamu bisa melakukan beberapa  hal di bawah ini jika kamu merasa salah memilih jurusan.

Asah Soft Skill yang Bisa Mendukung Karirmu Nanti

4 Soft-Skills kiki widyasari
blog.hrn.io

Salah satu hal terpenting  yang harus kamu miliki adalah soft skill, hal itu memiliki poin plus saat melamar kerja nanti.

Soft skill merupakan keterampilan seseorang yang bisa diperoleh dari pengalaman, dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari sehingga membentuk kepribadian.

Misal saja kamu memiliku keterampilan dalam berkomunikasi dan memiliki kreativitas tinggi, mungkin kamu bisa mengasahnya dengan ikut kerja part time sebagai penyiar radio atau magang di bidang maketing.

Asahlah kemampuan tersebut sebab hal-hal itulah yang biasanya dibutuhkan para pemberi kerja dan tentunya bisa menjadi peluang  besar bagimu agar diterima kerja.

Perluas Jaringan Di Bidang yang Ingin Kamu Tekuni

4 jaringan
ayustaningwarno.blogspot.com

Jika ilmu-ilmu tentang bidang yang menjadi passionmu atau kamu minati tidak kamu peroleh di bangku perkuliahan, maka kamu harus berinisiatif untuk mengembangkan jaringan.

Misalnya kamu bisa mengikuti berbagai seminar yang berkaitan dengan minat yang ingin kamu tekuni, mengikuti kursus, ataupun juga workshop.

Dengan begitu, kamu akan memiliki banyak relasi. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas lain yang tentunya sesuai dengan minatmu.

Misal kamu kuliah di jurusan Matematika, tapi kamu juga ingin sekali jadi penulis, kamu bisa gabung dengan komunitas penulis.

Baca Buku, Jurnal, Atau Artikel yang Berkaitan dengan Pasionmu

4 buku
www.kandhani.net

Jika mengikuti seminar sangat mahal, kamu bisa mensiasatinya dengan membaca buku yang relevan dengan bidang yang kamu minati.

Bisa membaca buku atau jurnal di perpusatakaan atau melalui internet. Selama ada tekad dan kemauan, pasti selalu ada jalan.

Saat Merasa  Tidak Semangat, Ingat Sudah Seberapa Jauh Kamu Melangkah

4 jalan
perjalanandandeskripsi.blogspot.com

Tentu rasa tidak semangat itu sering kamu rasakan, sebab kuliah yang dijalani tidak sesuia dengan minatmu.

Namun, ingatlah dan sadarlah, apakah kamu yakin ingin mengulang semua dari awal? Hei, kamu sudah melangkah jauh sekali.

Perlu kamu ketahui, ternyata banyak orang-oarng sukses yang pendidikannya malah tidak sesuai dengan bidang yang mereka tekuni saat ini.

Sebagai contohnya, Bapak Chairul Tanjung yang berlatar belakang pendidikan Kedokteran Gigi,beliau merupakan salah satu pengusaha sukses di bidang hiburan, pertelevisian, bahkan ahli juga di bidang ekonomi.

Bagaimana guys? Masih galau? Tetap semangat dalam menjalani semua yang ada. Semoga tips di atas bermanfaat.