Kamu mungkin akan sangat penasaran bagaimana rasanya buah-buaha aneh di dunia terutama di luar Indonesia. Namun kamu akan kaget bahwa sesungguhnya mayoritas artikel tentang buah aneh akan membahas banyak jenis buah dari Indonesia.

Bagi orang non-Asia sangatlah aneh ada buah seperti durian dan rambutan yang jamak dijual bebas dalam jumlah banyak setiap musim panen buah di Indonesia. Mereka juga menganggap aneh banyak buah lainnya di Indonesia.

Warga dunia tidak pernah merasakan bagaimana rasa duku, sukun, mengkudu, nangka, belimbing, salak dan bahkan manggis menjadi buah yang mungkin seumur hidup belum pernah dicicipi oleh orang luar negeri.

Namun, kali ini kita akan membahas beberapa buah aneh yang tentunya bukan berasal dari Indonesia. Pastikan untuk mencobanya suatu saat.

1Ackee – Blighia sapida

flickr.com

Buah dengan bentuk yang sangat aneh ini berasal dari Afrika Barat. Namun, buah ini juga diekspor dan bahkan dibudidayakan di beberapa negara seperti Cuba, Haiti, dan Jamaika.

Bagian kuning yang menyelimuti buah ini adalah satu-satunya bagian yang dapat dimakan. Rasanya? Jangan tanya, kamu bahkan mungkin tidak akan berani mencicipi buah ini.

Pada tahun 2011, terjadi 60 kasus keracunan Ackee, 36 diantaranya mengalami kematian. Masih ingin tahu rasanya?

2Mamme Apple – Mammea americana

tropical.theferns.info

Daging buah yang menyelimuti biji pada buah ini mempunyai rasa manis dan berbau harum. Buah ini berasal dari Amerika Selatan, namun juga dapat ditemui di Afrika dan Asia Tenggara.

Kamu bisa mencarinya di Indonesia, mungkin ini merupakan buah lokal yang tidak pernah kamu tahu bahwa tumbuh juga di Indonesia.

3Platonia – Platonia insignis

forum.mosh.ph

Buah yang juga disebut Bacuri ini pohonya dapat menjulang setinggi 40 meter. Umumnya ditemukan di Brazil dan Paraguay. Kulitnya tebal berwarna kuning, dengan buah putih berasa manis dan asam serta agak lengket menyelimuti biji berwarna hitam.

4Cocona – Solanum sessiliflorum

listverse.com

Ini adalah buah asli Amerika Selatan yang hidup diantara semak belukar. Bijinya dapat tumbuh menjadi buah sangat cepat, hanya dalam waktu 9 bulan. Dua bulan berikutnya buahnya akan matang.

Rasanya? Kamu bisa bayangkan rasa campuran antara tomat dan lemon? Seperti itulah rasa cocona.

5Safou – dacryodes edulis

plantsystematics.org

Kalau kamu ke Angola atau Nigeria kamu pasti akan bertemu dengan safou. Inilah buah yang dikatakan dapat mengakhiri kelaparan di benua Afrika. Ukuran buah ini mencapai 14 cm.

Buah ini mengandung asam amino, vitamin, trigliserida dan bahkan 48% bagian dari buah ini adalah asam lemak. Satu hektar kebun safou dapat menghasikan 7-8 ton minyak dan bagian buah lainnya dapat dimanfaatkan.

6Jabuticaba – Myrciaria cauliflora

imagejuicy.com

Ini semacam buah anggur Brazil, sebuah buah aneh yang buahnya menempel di sepanjang ranting dan batang pohon. Daging buahnya lembut dan agak kental, di dalamnya juga terdapat 1-4 biji.

Umumnya buah ini dibuat menjadi wine karena karakter buah yang sangat mudah terfermentasi hanya setelah lepas dari pohonnya selama 3-4 hari.

7Horned Melon – Cucumis metuliferus

nolavie.com

Buah ini juga dikenal dengan sebutan mentimun Afrika. Asli Afrika, namun telah banyak ditemukan dan dibudidayakan di California, Australia, New Zealand dan Chile. Rasanya seperti pisang dengan tekstur seperti mentimun atau tomat.

Kulitnya juga bisa langsung kamu makan, sumber vitamin C dan serat yang bagus. Bisa kamu membayangkan sensasi memakan buah ini?

8Miracle Fruit – Synsepalum dulcificum

flickr.com

Seperti namanya buah ini memang sebuah keajaiban. Mengandung senyawa bernama miraculin dan glycoprotein. Buahnya tidak terlalu manis saat kamu makan. Namun, buah ini seolah punya kekuatan magis.

Satu jam setelah kamu memakan buah ini, semua rasa yang masuk melewati lidahmu akan terasa manis. Contohnya jika kamu memakan lemon yang asam, kamu akan merasa manis seperti rasa sirup.

Sebuah keajaiban bukan? Kalau kamu ke Afrika Barat, kamu bisa coba buah ini.