Gambar bumi dari ruang angkasa memiliki warna dominan biru. Bumi dijuluki blue marble. Berbagai wahana antariksa mengabadikan gambar permukaan bumi dari angkasa dengan sangat detail.

Beberapa perusahaan tersebut diantaranya NASA dan perusahaan DigitalGlobe yang memiliki WorldView-2 dan WorldView-3.

Wahana antariksa tersebut menghasilkan gambar permukaan bumi yang detail dan tajam. Bahkan Pemerintah Amerika Serikat melarang beberapa gambar untuk dipublikasikan untuk kalangan umum.

Berbagai peristiwa alam maupun peristiwa sosial kemasyarakatan yang melibatkan ribuan orang terekam dalam gambar tersebut. Berikut ada 6 gambar unik bumi terkait peristiwa alam yang membuatmu takjub akan kebesaran Allah.

1Meletusnya Gunung Sinabung

indo.wsj.com

Gambar ini didapatkan dari DigitalGlobe. Setiap bulan Desember, DigitalGlobe mempublikasikan gambar di situs facebook sebagai jejak pendapat mendapatkan citra satelit paling favorit.

Letusan Gunung Sinabung terjadi di Sumatera Utara, Indonesia mulai bulan September 2013. Sampai bulan Desember 2014 Gunung Sinabung masih aktif memuntahkan abu dan menimbun lahan pertanian subur di bawah kaki gunung.

Gambar yang terekam terlihat asap tebal abu-abu dan disekitarnya terdapat lahan yang juga berwarna abu-abu. Peristiwa alam ini tentu saja menelan korban jiwa dan memaksa warga sekitar kaki gunung untuk mengungsi.

2Wilayah Antartika Kehilangan Lapisan Es

www.acehonline.info

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemanasan global menaikkan suhu permukaan bumi. Akibatnya lapisan es di kutub bumi mencair. Begitu juga dengan lapisan es di wilayah Antartika.

Dari gambar yang dilansir DigitalGlobe merekam bahwa lapisan gletser meleleh dan terus meluruh. Luruhan gletser ini mengakibatkan hanyutnya banyak lapisan es ke lautan.

Bahkan Samudera Artik yang sebelumnya tertutupi es telah meleleh. Hal ini tentu saja dimanfaatkan perusahaan migas untuk melakukan eksplorasi tambang baru.

3Kebakaran Hutan

mtnugraha.wordpress.com

Kebakaran hutan beberapa waktu lalu menjadi perbincangan masyarakat Indonesia lantaran menyebabkan berbagai penyakit terutama infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Bahkan tragedi ini turut menelan korban jiwa. Berdasarkan hasil citra langit, peristiwa kebakaran hutan terlihat abu-abu.

4Tambang Berlian

www.wired.com

Siapa yang tak silau dengan kemilau berlian? Perhiasan satu ini rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah demi sebuah kemewahan.

Rainbow Range di British, Columbia terlihat sangat menakjubkan. Berlian yang terlihat mengkilap dari atas permukaan bumi akan membuat perusahaan-perusahaan tambang besar mengadakan ekspansi di pulau ini.

Begitu juga dengan Tambang Diavik yang berada di wilayah terpencil Northwest Territories, Kanada. Berlian terhampar luas di wilayah tersebut.

5Kerusakan Habitat Alami Lautan

news.liputan6.com

Satelit dari luar angkasa dapat memantau kandungan oksigen, ganggang yang mekar dan kondisi penting perairan bahkan lautan yang luas. Selain itu kerusakan habitat alami perairan laut dapat di deteksi melalui foto satelit.

Warna perairan yang tertangkap berwarna abu-abu dimana di beberapa bagian warna abu-abu yang sedikit lebih tua. Warna yang berbeda inilah yang menunjukan kondisi perairan yang berbeda.

6Pulau yang Berbentuk Love

www.poshariini.blogspot.com

Sebuah foto satelit Pulau Galesnjak di Kroasia berbentuk love saat di ambil gambarnya dari ruang angkasa. mungkin pulau ini cocok untuk berlibur pengantin baru.

Berbagai peristiwa alam yang diambil dari satelit luar angkasa tersebut menunjukan kebesaran Allah menciptakan alam semesta. Alam semesta diciptakan dengan seimbang dan sangat indah.

Namun demikian, tak sedikit perbuatan manusia yang menyebabkan kerusakan bumi seperti kebakaran hutan, meluruhnya lapisan gletser di Antartika, serta kerusakan habitat manusia.

Tugas manusia sebagai khalifah di bumi adalah menjaga keseimbangan alam semesta. Sayangnya terdapat tangan-tangan jahil yang justru merusak keseimbangan alam.

SHARE