Siapa yang tidak kenal Candi Borobudur? Sebuah candi yang menjadi ikon Indonesia. Kerennya, candi ini termasuk salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Saking megah dan indahnya Candi Borobudur, UNESCO sampai menetapkannya sebagai warisan budaya dunia.

Keunikan detil arsitekturnya membuat semua orang terkagum dan penasaran ingin menyaksikan.

Orang asing yang menemukan Candi Borobudur pertama kali adalah HC Cornelius. Candi Borobudur rupanya berhasil mencuri perhatiannya. Kemudian, penelitian dilanjutkan oleh Hotman salah satu pejabat pemerintah Belanda.

Saat itu Indonesia masih dijajah oleh bangsa asing. Untungnya, penelitian tentang peninggalan budaya di Indonesia tidak terhenti. Malah, para arkeolog berlomba mencari tahu sejarah candi fenomenal tersebut.

Berdasarkan catatan sejarah, Candi Borobudur merupakan peninggalan Dinasti Syailendra. Tatkala itu masih di bawah pemerintahan Raja Samaratungga yang berasal dari Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Borobudur selesai dibangun pada abad ke-8. Namun, hingga kini masih menyimpan banyak misteri.

Belum ada yang tahu nama asli Candi Borobudur sebelum diteliti para arkeolog. Prasasti dan kitab-kitab pun tidak bisa memastikan pembangunan Borobudur.

Beberapa kisah menayangkan arti nama Borobudur berasal dari kata samara budhara yang artinya gunung dengan lereng berbentuk teras-teras.

Ada juga yang mengatakan bahwa kata Borobudur sebenarnya pergeseran ucapan umat Budha oleh Sir Thomas Stamford Raffles.

Ketika itu dia menulis buku tentang sejarah Pulau Jawa. Di dalamnya tertera nama Borobudur yang berasal dari kata bore dan budur.

Bore artinya desa dan budur berarti purba. Menurut perkiraan, Candi Borobudur didirikan pada abad 750 masehi. Candi ini merupakan candi Budha.

Namun, jika menengok sejarah, pada abad ke-7 manusia belum mengenal perhitungan arsitektur yang tinggi. Tentu saja hal tersebut sangat misterius. Candi Borobudur dibangun dengan perhitungan arsitektur yang luar biasa detil dan canggih.

Itulah sebabnya, misteri cara pembangunan candi ini belum terpecahkan sampai sekarang. Bahkan, puluhan ilmuwan dari seluruh penjuru dunia telah didatangkan, tetapi tak satu pun berhasil memecahkan.

Batu-batu besar yang terdapat di Candi Borobudur adalah yang paling membuat para peneliti penasaran. Entah darimana asalnya batu-batu tersebut.

Susunan batu sangat rapi seperti arsitektur zaman kekinian yang sedemikian canggihnya. Tim arkeolog memperkirakan batu itu berasal dari Gunung Merapi.

Pertanyaannya, bagaimana cara mereka (yang membangun) membawanya? Mengingat saat itu tidak ada kendaraan berteknologi tinggi yang mampu mengangkutnya.

Apalagi melihat letak candi yang berada di atas bukit, sangat mustahil dibawa oleh manusia zaman itu. Sungguh tidak bisa dipikir oleh nalar manusia biasa.

Terlepas dari sejarah Candi Borobudur yang masih menuai misteri, candi ini punya 72 stupa. Stupa tersebut berbentuk lonceng. Stupa yang paling besar ada di puncak candi, sedangkan stupa lainnya mengelilingi sampai bawah.

Sebuah penemuan aneh terkuak ketika peneliti menggambar denah candi. Candi membentuk pola unik seperti memberikan petunjuk bahwa Borobudur adalah jam matahari. Beberapa orang menceritakan bahwasanya jam itu digunakan sebagai pedoman menanam padi.

Selain penuh misteri, Candi Borobudur juga menyimpan sejuta kecantikan tiada tara. Gambar-gambar Candi Borobudur berikut ini diambil oleh fotografer profesional.

Yuk, intip foto-fotonya!

1Matahari Terbit di Borobudur

wisatakoe7.blogspot.com

Pesona matahari terbit di Candi Borobudur rupanya mencuri perhatian seorang fotografer bernama Zoomion. Gambar diambil dari puncak candi mengarah ke timur sehingga yang nampak adalah kiasan cahaya matahari terbit berwarna kemerahan di sela-sela stupa.

Cantik ya, guys?

2Kehangatan Pagi Hari

500px.com

Judul asli gambar ini adalah One Warm Morning At Borobudur, karya fotografer Alex Hanoko. Ia menyampaikan kehangatan pagi hari di puncak Borobudur.

3Perayaan Waisak dan Malam di Borobudur

500px.com

Lagi-lagi kemolekan Candi Borobudur mencuri hati Alex Hanoko. Kali ini ia mengambil gambar saat perayaan Waisak di malam hari. Kerlip lampu menambah eksotisnya malam hari di Borobudur.

4Pemandangan Pagi Hari di Borobudur

wallpaperswide.com

Trey Ratcliff, seorang fotografer asing, juga terpukau dengan keindahan Candi Borobudur. Saking indahnya, dia mengambil foto Borobudur di saat pagi menjelang. Foto ini ia beri judul The Hidden Buddhist Temple of Borobudur at Sunrise.

5Fajar Baru di Borobudur

photocircle.net

Foto tersebut berjudul asli A New Dawn, karya Hengki Koentjoro. Gambar diambil dengan warna hitam putih sehingga terlihat unik dan eksotis.

6Borobudur dari Bukit Setumbu

guruhots.com

Tjetjep Rustandi dengan cerdas mengambil gambar Borobudur dari atas Bukit Setumbu. Gambar tersebut nampak seperti sebuah lukisan padahal sebenarnya hasil jepretan kamera Tjetjep Rustandi.