Lebih banyak orang sebelum menapak sesuatu yang besar, pasti dimulai dari yang kecil atau yang sederhana terlebih dahulu. Tidak terkecuali pada rumah kita, bagi keluarga baru biasanya mengawali hunian dengan menempati rumah sederhana

Biasanya keluarga baru juga masih belum mapan secara ekonomi, sehingga membuat rumah sederhana menjadi solusi hunian terbaik.

Dalam membuat rumah sederhana tentu diawali dengan perencanaan terlebih dahulu, yang terpenting yakni membuat denah rumah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggambar denah rumah sederhana.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat denah rumah sederhana tersebut.

1Kebutuhan Ruang Rumah Sederhana

tiperumah.com
tiperumah.com

Rumah sederhana sangat sesuai untuk sebuah keluarga kecil yang tidak membutuhkan banyak ruang. Maka kebutuhan ruang adalah pertimbangan utama sang pemilik dalam mendesain rumahnya.

Misalnya bagi keluarga kecil cukup dengan dua kamar tidur, satu kamar mandi, satu lokasi dapur, ruang tamu, garasi, juga teras yang mungil saja. Atau jika lahan mencukupi tambahkan juga ruang keluarga, ruang makan, dan taman sebagai pilihan.

Semua pemanfaatan lahan harusnya tidak berlebih atau pun kurang. Namun, terkadang karena keluarga yang masih kecil, ada ruang tidak terpakai yang membuat kamu harus pintar memanfaatkannya dengan baik untuk keperluan lain.

2Ruang Menyesuaikan Gaya Hidup dan Tema

gambardenahrumah.com
contohmodelrumahminimalisterbaru2014.blogspot.com
contohmodelrumahminimalisterbaru2014.blogspot.com

Tentu suami, istri, dan anak masing-masing punya gaya hidup yang berbeda. Antar keluarga satu dengan keluarga yang lain juga punya gaya dan kebiasaan hidup yang berbeda. Maka sesuaikan kebutuhan ruang dengan gaya hidup keluarga.

Misalnya, kamu senang membaca, maka kebutuhan akan ruang baca, rak buku besar dalam rumah sangat diperlukan. Misal istri biasa melakukan senam aerobik mengikuti acara TV. Maka ruang keluarga atau ruang di depan televisi harusnya juga diperbesar.

Bisa jadi ruang-ruang tersebut akan menjadi ruang terpenting dan dominan dalam rumah. Semisal keluarga yang memiliki usaha catering, maka ruang dapur harus benar-benar memenuhi standar catering.

Selain gaya hidup, kamu juga harus menyesuaikan dengan tema yang akan kamu usung. Apakah tradisional, modern, atau campuran keduanya bisa menjadi pilihan. Tentunya semua sesuai selera keluarga.

3Menghitung Luas Lahan

lagarua.blogspot.com
lagarua.blogspot.com

Hitung luas lahan dengan tepat dan teliti. Gambarkan pembagian ruangan di selembar kertas beserta luas ruangannya. Dalam pembagian ruangan interior, pertimbangkan jumlah anggota keluarga.

Apabila jumlah anggota keluarga kamu adalah 3 orang, maka harus ada 1 kamar tidur utama dan 1 kamar tidur untuk sang buah hati.

Jika luas lahan yang kamu miliki tidak bisa membuat dua kamar tidur dalam 1 lantai, maka tambahlah 1 lantai lagi untuk membuat kamar tidur kedua, atau bahkan ketiga.

4Sesuaikan dengan Kondisi Geografis

ketapang.biz
ketapang.biz

Saat membuat sebuah rumah, kamu juga harus memperhatikan kondisi tanah, letak geografisnya, dan lain-lain.

Tentu berbeda bukan membangun rumah di ujung kavling dengan di tengah kavling? Atau berbeda juga antara tanah berbukit dengan dengan tanah yang datar.

Kamu harus benar-benar menyesuaikan dengan kondisi lingkungan. Jika tidak diperhatikan, bisa jadi gambar denah rumah sederhana yang bagus hanya akan berakhir pada lembaran kertas saja.

5Memperkirakan Budget

nul.is

Walaupun belum terlihat secara keseluruhan berapa budget pastinya dalam membangun rumah sederhana, namun saat membuat denah sudah ada gambaran kasar tentang dana yang dikeluarkan.

Misalnya dalam membuat bangunan dengan ukuran sekian, maka tinggal dikalikan saja biaya pembangunan per meter yang umum pada pembangunan lain.

Hitungan juga berdasarkan perkiraan bahan material apa saja yang akan digunakan dalam membangun rumah.