Dinosaurus, hewan yang hidup pada zaman purbakala ini muncul untuk pertamakalinya pada periode Trias, sekitar 230 juta tahun yang lalu. Kalian masih bisa melihat bentuk dinosaurus dari beberapa gambar yang digunakan sebagai sarana pembelajaran.

Kebanyakan orang mengetahui dinosaurus itu adalah hewan berkaki dengan tubuh yang sangat besar. Tapi tahukah kalian? Ternyata dinosaurus itu tergolong dalam beberapa jenis.

Gambar-gambar dinosaurus berikut ini akan memberitahukanmu beberapa dinosaurus yang pernah hidup di masa lalu.

1Triceratops

www.howitworksdaily.com

Dinosaurus dengan nama Triceratops ini merupakan dinosaurus yang memiliki tiga tanduk dengan badan besar. Tanduk yang mereka miliki sangatlah tajam dan digunakan untuk melindungi diri dari serangan Tyrannosaurus.

2Ankylosaurus

commons.wikimedia.org

Ankylosaurus merupakan dinosaurus bertubuh panjang, ukuran panjangnya mencapai 9 meter. Tubuh dari dinosaurus jenis ini dilindungi semacam cangkang keras yang dapat dijadikan sebagai tameng.

Ekor Ankylosaurus begitu keras dan panjang, sehingga ia dapat menggunakan ekornya sebagai senjata untuk menyerang lawannya. Dengan serangan dari ekornya tersebut, sang lawan akan terjatuh dalam sekejap.

3Mamenchisaurus

www.arcadiastreet.com

Mamenchisaurus memiliki leher yang begitu panjang. Ia berjalan dengan empat kakinya. Hewan herbivora ini hidup sekitar 145 hingga 150 juta tahun yang lalu.

4Spinosaurus

www.dkfindout.com

Jenis dinosaurus pemakan daging besar ini memiliki duri yang terdapat pada punggungnya. Spinosaurus hidup di sebuah tempat yang sekarang telah menjadi Benua Afrika. Nama lain dari Spinosaurus adalah kadal berduri.

Panjang dari hewan ini mencapai 15 meter dengan massa tubuh hingga 4 ton.

5Liopleurodon

primalcarnage.wikia.com

Liopleurodon merupakan salah satu dinosaurus yang menjadi penghuni lautan luas. Panjang tubuh yang mencapai 25 meter membuat reptil ini disebut sebagai raksasa. Tengkoraknya saja memiliki panjang mencapai 5 meter.

Liopleurodon memiliki gigi-gigi yang tajam, dengan menggunakan giginya tersebut, ia mampu menjadi seekor karnivora yang paling besar dan kuat.

6Compsognathus

baryonyx-walkeri.deviantart.com

Jika kalian mengenal banyak sekali dinosaurus dengan ukuran tubuh yang sangat besar, ada juga jenis lain dari dinosaurus yang bertubuh kecil. Dinosaurus jenis ini hanya berukuran sekitar 60 cm, bisa kalian bayangkan tubuhnya sebesar ayam saja.

Compsognathus, mereka akan menyerang musuhnya secara berkelompok karena ukuran tubuhnya yang kecil. Jadi, ketika musuh diserang oleh Compsognathus, harus berhati-hati dengan Compsognathus lain yang sudah siap di barisan belakang.

7Giganotosaurus carolinii

www.deviantart.com

Giganotosaurus carolinii adalah dinosaurus yang memiliki bentuk hampir sama dengan Tyrannosaurus res. Akan tetapi, ukuran dari Giganotosaurus carolinii ini lebih besar hingga 2 sampai 3 meter.

Dia memiliki tiga cakar di lengannya yang besar. Giganotosaurus carolinii ditemukan pada tahun 1994 di Argentina.

8Megalosaurus

dinopedia.wikia.com

Inilah dinosaurus yang pertama kali ditemukan oleh manusia, Megalosaurus. Hewan purba dengan rahang yang kuat serta gigi tajamnya ini adalah seekor karnivora yang sangat ganas. Panjang tubuhnya mencapai 9 meter dengan tinggi hingga 3 meter.

9Brachiosaurus

www.q-files.com

Brachiosaurus adalah dinosaurus berkaki empat dengan leher yang panjang. Ukuran tubuh dari Brachiosaurus ini mencapai 26 meter dengan berat antara 70 sampai 80 ton.

10Velociraptor

www.jplegacy.org

Jenis dinosaurus  berikutnya adalah Velociraptor. Hewan yang hidup sekitar 65-71 juta tahun yang lalu ini berukuran sedang. Panjangnya mencapai 1.5 meter dan tingginya 1 meter. Velociraptor rata-rata memiliki berat antara 7-14 kg.

Velociraptor dipersenjatai dengan cakar yang besar berbentuk melengkung untuk menusuk atau merobek mangsannya. Mereka juga akan menyerang korbannya dengan kuku kaki yang tajam.

11Carcharodontosaurus

www.forbes.com

Dinosaurus raksasa pemakan daging ini hidup sekitar 100-93 juta tahun yang lalu. Carcharodontosaurus menjadi dinosaurus terbesar kedua dengan berat tubuh hingga 6-15 ton.