Tentu kita semua berharap keadaan yang aman, damai, dan terkendali. Pastinya tidak ada satu pun dari kita yang berharap mengalami bencana, baik itu berupa kecelakaan atau mengalami bencana alam.

Nah, salah satu bencana alam yang sering menimpa Indonesia dan menimpa dunia adalah gempa bumi. Kalau kita hanya pernah mendengar bagaimana bencana ini terjadi, mungkin tidak terlalu menyeramkan. Tapi berbeda kalau kita melihat gambar-gambarnya.

Dengan melihat gambar gempa bumi, semoga kita makin bisa empati terhadap saudara-saudara kita yang terkena bencana di manapun berada dan tentunya lebih ringan untuk memberikan donasi.

Untuk itu, sekarang kita lihat yuk, bagaimana gambaran gempa bumi itu. Mungkin dengan melihat gambar ini, kita bisa lebih bersyukur karena tidak pernah mengalaminya. Lihat dengan seksama ya!

1Gedung Tinggi pun Luluh Lantak

astroawani.com

Saat gempa bumi terjadi, gedung sebesar dan setinggi apapun punya kemungkinan untuk hancur. Jadi kebayang kan kalau kita lagi berada di mall lalu terjadi gempa bumi.

Karena gedung sebesar mall dan setinggi gedung pencakar langit bisa hancur jika terjadi gempa bumi. Dan yang paling mengerikan dari kejadian, karena banyak orang yang pada akhirnya tertimpa reruntuhan bangunan. Mengerikan!

2Gambar Evakuasi Korban Gempa Bumi

indoberita.com

Ini merupakan gambaran setelah gempa bumi terjadi, yaitu evakuasi dan penyelamatan korban yang tertimpa reruntuhan bangunan. Gambar di atas itu sedang menunjukkan aktivitas tim SAR yang sedang mencari korban.

Kasihan sekali ya, korban-korban yang tertimpa reruntuhan. Terutama yang masih hidup. Nggak kebayang bagaimana sakit dan sesaknya berada di bawah reruntuhan gedung seperti itu.

3Akses Jalan Tertutup

gudangnyaedukasi.blogspot.com

Setelah gempa bumi terjadi,  maka akses jalan pun tertutup dan terhambat. Hal ini disebabkan karena rusaknya jalanan akibat gempa. Bagaimana kendaraan bisa lewat jika jalannya rusak seperti gambar di atas.

Hal yang menambah kesedihan dari rusaknya jalan adalah arus transportasi yang terhambat, sehingga pasokan makanan dan bantuan ke daerah yang terkena gempa pun terhambat juga.

4Gempa di Lautan

harianaceh.co.id

Inilah yang terjadi jika gempa terjadi di lautan, yaitu tsunami. Kalau gempa terjadi di laut, maka air laut akan tumpah ke daratan dengan derasnya. Kerusakan di daratan pada akhirnya bukan karena gempanya semata.

Air laut yang menyapu daratan ini pun merusak apa saja yang dilaluinya, membawa material-material yang berat. hal ini bisa terjadi karena tekanan air yang begitu besar akibat gempa yang terjadi.

Jadi sangat wajar jika gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004 silam memakan banyak korban. Baik itu yang tertimpa reruntuhan karena gempa atau pun yang terkena hempasan air.

5Kerusakan Terjadi di Mana-Mana

abudzakira.wordpress.com

Gempa bumi tidak pernah tebang pilih. Semua bangunan bisa hancur karena guncangannya yang terkadang begitu dahsyatnya. Dalam kondisi seperti itu, tidak semua orang punya kesempatan untuk lari ke tanah lapang.

Oleh karena itu, saat gempa sudah berakhir, maka banyak orang yang akan disibukkan dengan pencarian orang-orang yang tertimpa reruntuhan bangunan. Baik itu tim SAR, relawan maupun tim medis.

6Selalu Ada Hikmah di Balik Bencana

youtube.com

Pada setiap peristiwa atau bencana, Allah pasti menyediakan pelajaran yang bisa kita petik setelahnya. Contohnya saja dengan keberadaan masjid yang masih berdiri kokoh saat lingkungan di sekitarnya hancur berantakan.

Hal ini menunjukkan bahwa ada campur tangan Allah dalam setiap kejadian yang terjadi. Begitu pula ketika Allah menyelamatkan sesuatu dan membiarkan yang lainnya hancur.