Back

1. Pengertian Kaligrafi

Kaligrafi dalam bahasa Yunani dikatakan γραφος “menulis” + καλλι keindahan” sedangkan penyebutan bahasa Jepang Nihongo ( 日本語 ) merupakan suatu seni artistik tulisan tangan yang memiliki unsur keindahan pada setiap bentuk, perpaduan warna dan guratan kanvas.

Membaca tulisan kaligrafi sendiri biasanya tidak perlu dengan konsentrasi tinggi apalagi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata akan terasa cepat lelah. Sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi sederhana dalam buku-buku masa kini.

Padahal kaligrafi dalam tulisan arab lebih populer. Tetapi pada setiap pengaplikasiannya saat ini sudah banyak pula penerapan aplikasi ke dalam tulisan latin yang bisa dibaca dengan mudah.

Dalam seni rupa Islam, tulisan kaligrafi arab sering kali dibuat sebagai penghias. Biasanya isinya di ambil dari ayat-ayat Al-Quran.

Bentuknya bermacam-macam, tidak selalu pena di atas kertas, tetapi seringkali juga ditatahkan di atas logam, dinding, kayu, kulit dan lain sebagainya.

Penulis Kaligrafi memiliki banyak sekali ide dan imajinasi tinggi dalam menuangkan penulisannya, termasuk dalam seni kaligrafi Islam atau sering di sebut juga kaligrafi Arab. Kaligrafi Islam ini identik dengan tulisan arab yang indah seperti: kaligrafi lafadz Allah, lafadz Muhammad, Ayat-ayat Al-Qur’an, Ayat Kursi, Bismillah dan lain sebagainya.

Untuk itu, mari beramai-ramai kita meriahkan ( sebarkan ) budaya dengan terus memperbanyak seni Islami. Baik dalam lantunan ayat suci Al-Qur’annya atau pun bentuk penulisan yang menjadikan ilmu seni tulisan kalifragi Arab ini semakin berkembang. Di samping itu, semakin banyak teknologi canggih yang terus berevolusi dari waktu ke waktu, menjadikan proses penuangan seni kaligrafi ini kian bervariasi, pengerjaanya dari mulai komputer, handphone, tab, edit online dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah gambar kaligrafi 3d yang bisa kamu download dengan geratis untuk menambah merubah tampilan wallpaper dekstop kamu menjadil lebih berkesan sehingga Islami. Sebuah koleksi kaligrafi Islam yang bertuliskan Arab:Klik Next

Back
SHARE